Bagaimanapun sebagai generasi muda tentunya kita harus menghargai dan menghormati jasa pahlawan Indonesia. Tidak hanya saat hari pahlawan atau upacara bendera, namun dalam beberapa momen penting lainnya. Pasalnya karena jasa merekalah Indonesia bisa merdeka seperti sekarang ini.

Bicara soal para pahlawan, tau tidak sih ternyata beberapa dari mereka dulu juga pernah punya cerita bandelnya. Mulai dari kelayapan hingga tawuran ternyata sempat dilakukan sebelum jadi salah satu yang dikenang bangsa. Yuk lebih mengenal sisi lain sosok pahlawan Indonesia ini.

Soekarno yang pernah bikin jemuran padi jadi hilang

Mungkin kita mengenal sosok presiden pertama Indonesia sebagai seorang tokoh yang gagah dab berwibawa. Belum lagi gaya flamboyannya yang selalu mengikat banyak orang. Akan tetapi kalau melihat ke masa lalu beliau, ternyata Soekarno kecil bandel juga loh.

Kenakalan Soekarno [sumber gambar]
Pada suatu waktu, beliau sempat disuruh untuk menjaga jemuran padi oleh orang tuanya. Akan tetapi, siapa sangka malah dirinya lebih tergiur untuk bermain di kali dan mencari ikan. Tak selang lama, dirinya pun mendapatkan lele yang memang dicari dari tadi dan meminta sang ibunda untuk memasaknya. Lalu apa yang terjadi dengan jemuran padi tadi? Tentu ludes karena dipatok ayam dan Soekarno harus dipukul hingga menangis oleh sang ayah.

Tan Malaka yang pernah dipukul dan dimasukkan kandang

Jika bicara soal pahlawan, maka sosok yang satu ini sudah tentu mesti dimasukkan. Ya, Tan Malaka adalah salah satu darah Indonesia yang gigih melawan penjajahan. Namun demikian, di sisi lain ternyata waktu muda bandelnya pahlawan yang satu ini bukan main.

Kenakalan Tan Malaka [sumber gambar]
Bagaimana tidak, pasalnya dirinya dikenal sebagai salah satu jagoan tarung antar kampung atau kalau zaman sekarang dikenal tawuran. Oleh sebab itu bukan hal yang aneh kalau berbagai hukuman pun pernah diterimanya. Mulai dari dipukul dengan sapu lidi, diputar pusarnya hingga dimasukkan ke kandang ayam. Namun siapa sangka dewasa beliau malah jadi pahlawan yang gigih dalam berjuang.

W.R. Supratman yang ternyata doyang pulang malam

Siapa yang tidak kenal dengan WR Supratman, atas jasa beliaulah Indonesia Raya kini bisa lantang berkumandang. Ya, pada masa kemerdekaan dulu beliau juga dikenal salah satu cendekiawan yang berjuang gigih demi kebebasan negeri kita.

Kenakalan W.R, Supratman [sumber gambar]
Namun ada sisi lain dari beliau yang jarang orang tahu yaitu masa kecilnya. Meski dewasa menjadi salah satu tokoh yang disegani ternyata saat kecil dulu beliau doyan berbuat bandel. Dilansir dari Malang Today, sosok yang satu ini sering sekali melakukan bolos mogok sekolah, kelayapan dan sering pulang malam. Ketika ibu beliau pun meninggal dunia pun, W.R. Supratman tidak berada di kediamannya.

Oerip Soemoharjo, karena nakal dipindah terus sekolahnya

Sosok yang satu ini sejatinya salah satu pendiri tentara nasional Indonesia. Beliau juga menyandang jabatan staf pertama TNI sehingga jasanya wajib buat dikenang. Namun siapa sangka sejatinya jalan yang membawanya untuk jadi prajurit seperti itu ternyata melalui kenakalannya.

Oerip Soemoharjo [sumber gambar]
Bagaimana tidak, pasalnya dari kecil beliau dikenal sebagai sosok yang lumayan bandel. Bahkan orang tuanya memasukkan ia di Europese Lagere Meisjesschool atau yang dikenal dengan Sekolah Putri Belanda supaya tidak bandel lagi. Namun siapa sangka beliau terus dipindahkan dari sekolah ke sekolah lainnya hingga akhirnya terjun ke akademi militer.

Ya ternyata di balik begitu hebatnya para pahlawan itu, kadang ada sisi usil dan bandel juga pada masa muda. Namun demikian seiring berjalannya waktu semua kebandelan itu hilang karena harus dihadapkan merebut kemerdekaan dari penjajah. Yang jelas perjuangan mereka memang bikin salut.