Bersedekah atau berbagai sedikit harta yang kita miliki, terkadang dimaknai berbeda oleh sebagian orang. Dengan alasan menunggu agar kaya terlebih dahulu, tak jarang hal mulia ini terlewatkan begitu saja. Mungkin, ada baiknya jika kita berkaca pada kisah di bawah ini. Di mana tak perlu menunggu untuk berlimpah harta dahulu agar bisa bersedekah.

Ya, mereka yang notebene hidup dalam jerat kemiskinan, justru tak ragu untuk mengeluarkan harta yang dimilikinya untuk dibagikan. Tak hanya dalam bentuk uang, tapi juga benda-benda yang mungkin bakal menampar diri kita yang mungkin selama ini enggan bersedekah.

Pemulung yang viral karena rajin bersedekah di masjid

Apa yang dilakukan oleh seorang pemulung bernama Anisa asal Baubau, Sulawesi Tenggara, mungkin bisa menjadi cerminan bagi kita semua. Di tengah himpitan ekonomi, ia justru rajin bersedekah yang rutin diberikannya pada kotak amal di sebuah masjid. Alhasil, Tindakan pemulung tersebut membuat warga sekitar masjid menjadi tersentuh hingga mengabadikannya dalam sebuah video dan viral di berbagai media sosial.

Nenek pemulung sampah yang mampu berkurban seekor sapi

Mungkin, tak ada yang menyangka jika seorang yang berprofesi sebagai pemulung miskin ternyata mampu mengurbankan seekor sapi. Hal inilah yang berhasil dilakukan oleh nenek Sahnun asal Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Wanita berusia 60 tahun itu, bisa membeli sapi kurban Dengan jerih payahnya mengumpulkan barang bekas selama 5 tahun. Yang mengejutkan, dirinya ternyata hidup dan tinggal sebatang kara di Mataram.

Kakek sederhana rajin bersedekah 150 bungkus nasi setiap hari jum’at

Berada di usia senja, justru semakin membuat sosok kakek bernama Mbah Asrori rajin berbagi rezeki. Warga asli Semarang berusia 92 tahun itu, selalu bersedekah nasi bungkus lengkap dengan lauk pauknya setiap hari Jum’at. Mereka yang berprofesi sebagai pemulung, tukang becak atau siapa pun yang membutuhkan makanan, kerap diberi oleh Mbah Asrori sembari berkeliling dengan sepeda angin miliknya.

Tukang baru bisa jalankan umroh berkat rajin bersedekah

Kisah lain yang tak kalah mengharukannya adalah, seoran tukang baru bernama Anwar Aditya yang bisa melaksanakan umrah karena rajin bersedekah. Meski hanya tamatan sekolah menengah pertama dan memiliki penghasilan tak seberapa, ia tak lupa menyisihkan sebagian rezekinya untuk disedekahkan. Dilansir dari Detik, Anwar ternyata terpilih mendapat hadiah umrah dari Kain Ihram Trans7. Jelas, hal ini merupakan sebuah anugerah yang besar bagi dirinya.

BACA JUGA: 5 Kisah Keajaiban Sedekah yang Bikin Kita Ikhlas Kosongkan Dompet

Tak harus menunggu kaya untuk bersedekah. Kisah di atas, adalah salah satu bentuk keikhlasan dalam berbagi kepada sesama. Mereka bukanlah siapa-siapa, juga tidak kaya raya. Tapi hati mereka lebih berharga daripada emas dan permata karena mau berbagi dengan sesama. Semoga bisa menginspirasi sekaligus menggugah kita semua.