in

Tak Disangka, 4 Olahraga yang Ada di Asian Games Berasal dari Leluhur Indonesia

Pada tahun 2018 ini akan ada event besar olahraga di Indonesia. Kompetisi yang mempertemukan seluruh atlet Asia rencananya akan digelar pada bulan agustus nanti. Pada event bertajuk Asian Games tersebut ada ratusan cabang olahraga dipertandingkan. Tapi, tahukah kalian sobat diantara jenis olahraga di Asian Games, ternyata merupakan warisan leluhur kita.

Keragaman budaya dan sering masuknya orang asing waktu zaman penjajah, membuat beberapa olahraga hasil tangan leluhur muncul. Dulunya olahraga merupakan implementasi dari kebudayaan Indonesia yang disempurnakan. Dan sekarang malah banyak dipertandingkan pada event besar dunia. Lalu apa sajakah olahraga asli Indonesia? simak ulasannya berikut.

Pencak silat berasal dari abad ke-7 kerajaan di Indonesia

Pencak Silat [Sumber Gambar]
Olahraga ini, tentu tidak asing untuk orang di Indonesia. Banyak dari kita bahkan mampu untuk melakukan gerakan-gerakan yang di pencak silat. Olahraga mengandalkan seluruh tubuh tersebut, berkembang dengan pesat di nagara kita. Melansir pada laman Bolasport diketahui telah ada sejak abad ke-7 sebelum masehi. Saat ini Pencak Silat tidak hanya dimainkan sebagai budaya saja, lebih dari itu olahraga ini juga dipertandingkan pada event internasional. Sekitar tahun 2000-an Pecak Silat masuk pada kejuaraan olahraga Asia. Gerakan indah serta beragam membuatnya mudah disukai banyak orang. Untuk Asian Games nanti, Pencak Silat juga akan dipertandingkan.

Sepak Takraw dimunculkan oleh Kesultanan Melayu Sulawesi Selatan

Sepak Takraw [Sumber Gambar]

Bukan rahasia lagi apabila sepak bola berasal dari negara Inggris. Meski bukan berasal dari negara kita namun gairah mampu menaklukkan hati banyak masyarakat Indonesia. Tapi tahukah kalian apabila nenek moyang kita juga menemukan olahraga berhubungan dengan kaki. Meski tidak se-populer sepak bola, namun namanya sudah masuk pada kejuaraan internasional. Dialah Sepak Takraw, olahraga asli yang berasal dari negara Indonesia. Seperti apa yang diungkapkan oleh IDN Times, Sepak Takraw muncul pada abad ke-15 ditemukan pada masa Kesultanan Melayu, Sulawesi Selatan. Layaknya pencak olahraga ini juga dipertandingkan pada ajang Asian Games 2018.

Pacu Jalur miliki kemiripan dengan olahraga dayung

Lomba Dayung [Sumber Gambar]
Kondisi daerah negara kita maritim membuat nenek moyang kita dahulu membuat perahu. Tujuan adalah untuk mempermudah akses mereka saat ingin berpergiaan. Namun, siapa sangka berawal dari kebutuhan tersebut kini diangkat menjadi olahraga yang sering dipertandingkan. Pacu Jalur berasal dari daerah Riau yang dalam penglombaannya menggunakan 40 sampai 60 orang. Meski bukan cikal bakal dari olahraga dayung, namun banyak kemiripan diantaranya. Kedua olahraga ini, sama-sama bertumpu pada kekuatan lengan, sebab bagian tubuh itu menjadi hal mutlak dalam saat menggerakan kano atau perahu.

Tarung Derajat muncul pada tahun 1960 dan disahkan oleh Koni

Tarung Derajat [Sumber Gambar]
Bukan hanya Pencak Silat seni bela diri yang ditemukan oleh orang Indonesia. Pasalnya, pada tahun 1960an muncul Tarung Derajat di tanah air. Beramal dari penemuan Ahmad Drajat, olahraga ini muncul di Indonesia. Pada tahun 1998 Tarung Derajat diakui sebagai salah cabang olahraga oleh Koni. Meski tidak sepopuler Pecak Silat, namun dirinya ditasbihkan menjadi latihan dasar bela diri oleh TNI angkatan darat dan Brigade Polri. Saat ini Tarung Derajat mulai dipertandingkan pada event nasional serta region Asia Tenggara. Bahkan saking hebatnya olahraga ini banyak orang dari negara lain mempelajarainya. Inilah alasannya kenapa TNI AD, sering menang waktu latihan gabungan sobat. Nantinya Tarung Derajat akan dipertandingkan di Asian Games 2018.

Beberapa cerita olahraga ini, tentu menjadi bukti sah, bagaimana kehebatan nenek moyang kita dahulu. Dikeadaan yang tidak seenak sekarang mereka menciptakan sesuatu yang saat ini mampu mendunia. Meski, berasal dari tanah air tapi banyak atlet yang belum mampu optimal pada cabang olahraga tersebut. Bukan bermaksut untuk menyalahkan, namun, memang selagi belum banyak pembenahan pada olahraga akan sulit Indonesia mampu meraih kejayaan.

Written by Galih

Galih R Prasetyo,Lahir di Kediri, Anak pertama dari dua bersaudara. Bergabung dengan Boombastis.com pada tahun 2017,Merupakan salah satu Penulis Konten di sana. Lulusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Awalnya ingin menjadi pemain Sepak Bola tapi waktu dan ruang justru mengantarkan Ke Profesinya sekarang. Mencintai sepak
bola dan semua isinya. Tukang analisis Receh dari pergolakan masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Mengejutkan! ‘Pancoran Solas’ di Bali Ini Dipercaya Mampu Sembuhkan Berbagai Penyakit

Vivo APEX, ‘Hape China’ dengan Layar Terseksi yang Bakal Bikin Handphone-mu Terasa Buluk