in

Dulu Kerja Ojol, Kuli, sampai Serabutan, Kini Pemuda Ini Diterima Jadi Polisi

Hidup di dunia memang bagaikan roda yang berputar. Kadang di atas, dan kadang di bawah. Bahkan tak sedikit yang fase transisinya begitu singkat. Kita bisa melihat beberapa nama mega bintang asal Tiongkok seperti Kris Wu, Zhang Zhe Han, Zheng Shuang, yang awalnya berada di puncak karier, namun dalam hitungan hari karier tersebut runtuh hingga ke dasar.

Sebaliknya, seseorang yang dulunya menjalani hidup yang berat juga bisa dengan cepat derajatnya terangkat jika Tuhan sudah berkehendak. Salah satu kisah mengharukan datang dari seorang warga Indonesia. Dalam video berdurasi singkat, ia membagikan beberapa foto perjalanan hidupnya yang bekerja serabutan hingga akhirnya jadi polisi. Dan berikut ini adalah kisah selengkapnya.

Anak pemulung

anak pemulung [sumber gambar]
Pemuda tersebut merupakan anak dari seorang pemulung. Sementara ibunya adalah ibu rumah tangga yang juga menyambi berjualan untuk membantu perekonomian keluarga. Selama ini, ia juga kerap membantu ayahnya menyortir barang rongsokan. Tak hanya itu, dia juga berjaung mengumpulkan pundi rupiah dengan menjadi pengantar minuman.

Berjuang bekerja di banyak bidang

beragam profesi [sumber gambar]

Pintu rezeki memang begitu banyak, hingga kita diwajibkan berikhtiar semaksimal mungkin. Itu pula yang diyakini oleh pemuda satu ini. Ia semangat bekerja sebagai driver ojol, karena hasilnya tak cukup memuaskan, ia pun nyambi berjualan ketupat agar bisa merasakan liburan bareng teman-teman. Tak sampai di situ, ia juga pernah menjadi kuli bangunan dan membantu ibu berjualan keripik. Bekerja di salah satu kantor layanan internet pun pernah ia lakoni selama beberapa bulan. Bahkan pernah menjadi sopir rumah pindahan dan angkat barang.

Nekat daftar polisi

nekad daftar polisi [sumber gambar]
Hingga akhirnya, pemuda ini memberanikan diri mengadu nasib mendaftar Polri tahun pertama. Menyiapkan berkas selama seminggu dan berangkat tes seorang diri, tanpa ditemani keluarga. Meski sebenarnya, pemuda ini sempat minder karena ia hanya belajar secara otodidak, tidak seperti peserta lain. Namun akhirnya, ia dinyatakan lulus dan terpilih untuk mengikuti pendidikan Bintara Polri. Ia pun segera memberi kabar pada orang tuanya, dan seketika ibunya menangis bahagia atas pencapaian tersebut.

Reaksi netizen


Melihat video tersebut, tak sedikit netizen yang mengaku bangga dan salut dengan kegigihan pemuda ini. Inspirasi tersebut juga menjadi penyemangat bagi mereka yang kini tengah berjuang mencari rezeki yang halal. Karena sesungguhnya, tidak ada perjuangan dan usaha yang mengkhianati hasil. Selama berjuang bersungguh-sungguh, Allah pun pasti akan mengangkat derajat hambanya.

BACA JUGA: Nggak Muncul 7 Tahun, Pemuda Ini Bikin Geger karena Pulang Kampung Sudah Jadi Polisi

Itulah sedikit cerita inspirasi dari pemuda yang dulunya menjalani banyak profesi, mulai ojol hingga kuli, dan sekarang jadi calon polisi. Sungguh bangga kedua orang tuanya. Semoga kita juga bisa mencapai keinginan kita dan mencari rezeki dengan halal.

Written by Nikmatus Solikha

Heboh! Ada Makhluk Mirip Alien Tergeletak di Pantai dan Penampakan UFO di Bawah Laut AS

10 Potret Kegiatan Kartika Sari Dewi, Anak Soekarno dan Ratna Sari yang Begitu Menawan