in

Oerlikon Skyshield, Senjata Terhebat Indonesia yang Belum Banyak Diketahui Orang

Bicara kekuatan militer Indonesia, tentu kita adalah yang paling kuat apabila dibandingkan dengan negara-negara tetangga. Seperti diungkapkan oleh Global Firepower Index 2017 di mana Indonesia tercatat sebagai yang terkuat di kawasan Asia Tenggara dan Australia. Penilaian tersebut didasarkan dari 50 faktor, mulai anggaran, sampai alat utama pertahanan.

Melihat kuatnya Indonesia tentu tidak terlepas dari bagaimana jumlah Alutsista yang dimiliki. Indonesia punya banyak peralatan tempur, termasuk si super canggih bernama Oerlikon Skyshield MK. Senjata buatan Swiss ini mungkin tak banyak diketahui, tapi ia digadang sebagai alat terkuat yang pernah dimiliki Indonesia. Tentu ada alasannya kenapa seperti itu. Dan macam apa kehebatan senjata ini? Simak ulasannya berikut.

Mampu menjangkau serangan udara dari jarak jauh

Serangan Rudal [image source]
Ancaman serangan udara pastinya akan ditembakan dari berbagai jarak, mulai dekat, menengah sampai jauh. Kekuatan pertahanan senjata Oerlikon Skyshield ini mampu menghadang semua ancaman udara dengan jarak 4000 meter. Dan tentunya dengan jarak jangkuan tersebut tidak akan terlalu banyak efek yang dirasakan dari letusan setiap serangan yang mengancam. Karena hancurnya jauh di udara.

Menembaki serangan udara secepat kilat

Oerlikon Skyshield [image source]

Selain kuat sebuah senjata haruslah mampu melumpuhkan semua serangan dengan cepat. Dengan waktu yang singkat akan membuat banyak musuh akan berpikir dua kali dalam menyerang. Jadi tidak salah apabila Oerlikon Skysheild ditanamkan kemampuan mampu menembak sebuah benda dengan kecepatan 1000 peluru permenit. jarak kecepatan amunisi rata-rata 1050 meter/detik. Dapat kita bayangkan bagaimana keganasannya apabila ada sebuah serangan udara.

Siap menghadang semua bentuk serangan udara

Serangan Udara [image source]
Membicarakan serangan udara tentu bisa berbentuk berbagai macam wujudnya. Dan untuk mengatasi hal tersebut penggunaan senjata penangkal udara seperti Oerlikon Skyshield ini sangatlah tepat. Karena senjata satu tidak pernah pilih-pilih musuh untuk mengamankan Indonesia. Seperti diceritakan laman Merdeka kelebihan dari alat pertahanan ini adalah mampu menghancurkan sasaran udara berupa pesawat jenis apapun, semua jenis rudal, roket dan mortir yang datang menyerang.

Sangat hebat dalam mendeteksi berbagai macam ancaman

Radar Untuk Mendeteksi [image source]
Sebuah operasi militer pastinya dilakukan secara diam-diam. Dengan tujuan adalah agar lawan mudah dikalahkan. Sehubungan dengan itu, senjata bentukan Swiss 2014 ini memiliki dua system radar yaitu sensor unit dan satu command post yang memiliki sebagai pengendali tembakan dan satu pembantu radar secara visual. Penggunaan kedua benda tersebut menjadikan Oerlikon Skyshield mampu mendeteksi semua serangan udara serta setiap pelurunya mampu mengikuti semua sasaran yang bergerak atau berusaha kabur.

Persentase lolos dari serangan senjata ini sangat kecil

Pesawat tertembak [Image source]
Kehebatan sebuah senjata selain kuat, cepat dalam membunuh lawan tentunya harus efektif sampai membuat lawan tidak mampu lolos. Penggunaan Oerlikon Skyshield sudahlah memenuhi ketiga kriteria tersebut. Dengan bukti seperti berbagai cerita yang telah diungkapkan tadi. Membicarakan bagaimana efektif nya senjata ini, bisa dilihat dengan dilengkapai Sky Gun Misille yang dapat menyemburkan 202 butir perluru dan berubah bentuk menjadi semacam perisai setelah 4 detik, menjadikan kemungkinan target lolos dari sasaran peluru hanya 10%.

Pemakaian senjata canggih tentu menjadikan negara kita bertambah hebat dari sisi militer. Dan hal tersebut juga dapat membantu Indonesia dalam menjaga kedaulatan dari berbagai macam ancaman. Prinsip TNI tentang kuat di darat, laut dan udara pastinya akan menjadi kenyataan. Mudah-mudahan ke depannya Indonesia sudah bisa bikin sendiri senjata yang super bermanfaat seperti ini.

Written by Galih

Galih R Prasetyo,Lahir di Kediri, Anak pertama dari dua bersaudara. Bergabung dengan Boombastis.com pada tahun 2017,Merupakan salah satu Penulis Konten di sana. Lulusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Awalnya ingin menjadi pemain Sepak Bola tapi waktu dan ruang justru mengantarkan Ke Profesinya sekarang. Mencintai sepak
bola dan semua isinya. Tukang analisis Receh dari pergolakan masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

5 Kehebatan Teknologi Tiongkok yang Membuat Indonesia Makin Ketinggalan Jauh

10 Kelakuan Kocak Pengguna Medsos “Keminggris”, Meski Salah yang Penting Bikin Ngakak