in

Nostalgia dengan 5 Es Jadul yang Pernah Bikin Anak 90-an Lupa Daratan, Kamu Pernah Coba yang Mana?

Kalau melihat jajanan anak zaman sekarang itu rata-rata pada unik dan aneh. Mulai dari bubble tea lah, milk tea lah dan lain-lain. Bukan dalam artian yang buruk ya, banyaknya varian jajanan ini membuktikan bahwa generasi muda kita makin kreatif. Hal ini tentu berbeda dengan kita dulu, di mana jajanannya ya itu-itu saja.

Eits, tapi tunggu dulu, jika menengok ke belakang, kamu pasti sadar kalau jajanan anak 90-an terutama es dan minuman tidak se monoton yang dipikirkan. Mulai dari es wawan sampai es potong dulu selalu mampir di depan sekolah atau rumah kita. Hal ini membuktikan kalau es dan minuman zaman dulu pun gak kalah variatif dengan sekarang. Nah, supaya makin afdol nostalgianya, yuk diintip deretan es legenda anak 90-an.

Es gabus pelangi yang sering bikin kita jadi lupa diri

es gabus [image source]
Anak 90-an pasti sangat kenal dengan es yang satu ini. Ya, es gabus dulu seolah jadi yang paling favorit buat para bocah. Apalagi melihat harganya yang hanya sekitar lima ratus atau seribu perak, alhasil saat ada abang-abang jualan bisa dipastikan ludes terjual. Umumnya sih dulu para bocah memilih yang warna pelangi, pasalnya bentuknya yang unik itu benar-benar menggoda selera. Namun bukan berarti yang warna lain dibiarkan begitu saja ya, pasalnya umumnya yang selain pelangi itu selalu punya cita rasa khas yang tersendiri, biasanya sih tergantung warna. Semisal yang kuning ada rasa-rasa pisangnya dan lain-lain. Dijamin deh, gak kalah dengan es krim-es krim jaman sekarang.

Es dung dung anak 90-an yang selalu lumer di lidah

Es dung dung [image source]
Kalau zaman sekarang sangat banyak beragam es krim yang dijual di super Market, anak-anak zaman dulu punya jajanan yang gak kalah dengannya. Ya, es dung dung ( tung tung) yang selalu bikin kita ngiler lihatnya. Apalagi kalau sudah dengar suara penjualnya, tanpa disadari kaki seolah berjalan sendiri mencari si abangnya. Bahkan kalau diingat, berat juga perjuangannya hanya demi membeli es seharga  lima ratus atau seribu rupiah ini, mesti lari kejar-kejaran sama si abang. Tapi hal itu sebanding sih sama yang didapat, jadi pingin balik ke masa itu yak.

Es potong yang selalu bikin deg-degan karena rawan jatuh

Es potong [image source]
Sama dengan es dung-dung, jajanan yang satu ini membutuhkan banyak pengorbanan untuk mendapatkannya. Ya, mesti kejar-kejaran dulu dengan abang si penjual. Meskipun begitu, dirasa semua sepadan, melihat kelezatan es potong yang selalu lumer di mulut, apalagi kalau sampai dicelup dengan cokelat. Namun sayang, ada resiko besar jika beli es ini, ya lantaran ditusuk dengan lidi, ada kemungkinan bisa jatuh ke tanah, apalagi kalau sudah mau habis. Alhasil kadang kita dulu sering dibikin dag-dig –dug saat makan es potong ini, soalnya sudah banyak kasusnya. Kamu pasti pernah mengalami juga kan.

Es mambo, murah meriah namun rasa luar biasa

es Mambo [image source]
Jajanan es lain yang paling dikenal oleh anak 90-an adalah si es mambo atau juga disebut es lilin. Dulu kamu pasti ingat kenapa tergiur dengan es yang satu ini, selain murah, beragam rasa mudah lagi dibikin. Mulai dari isi kacang hijau, rujak, hingga buah tinggal pilih dari termos. Selain soal rasa, ada hal lain yang bikin kita happy saat memakan es ini, apalagi kalau bukan soal harganya yang super recehan. Namun kalau tidak mau buang duit, ya bikin aja sendiri, es isi teh, tinggal dibungkus plastik dan dimasukkan kulkas, jadi deh. Nah, kalau soal es mambo versi teh, sekarang gak perlu repot-repot nyeduh teh terlebih dulu. Karena kita bisa masukin teh Frestea ke dalam plastik, lalu masukan ke dalam kulkas. Rasanya pasti bisa bikin kita kangen es mambo versi teh jaman dulu.

Es Wawan, yang bisa bikin semakin erat persahabatan

es wawan [image source]
Nah jajanan terakhir yang juga legenda buat anak 90-an ya es wawan. Teksturnya yang berbeda selalu membuat es ini diminati. Apalagi kalau kamu ingat, kita bisa joinan bareng kawan, masing-masing separuh harga. Nanti abangnya akan memotong jadi dua es wawan sehingga bisa dibagi bersama. Meskipun kadang ada yang tidak terima, soalnya meskipun dipotong pun salah satu orang pasti diuntungkan karena dapat lebih banyak. Namun terlepas dari semua itu, jajanan ini memang tidak tergantikan, jika kamu juga pernah merasakannya, selamat berarti dirimu sudah tua.

Itulah beberapa es pelepas dahaga para anak angkatan 90-an yang tidak tergantikan. Sayang sekali sekarang jajanan seperti itu sudah hampir tidak ada lagi. Namun beruntung sih masih ada beberapa minuman yang juga bisa jadi oase saat benar-benar kehausan. Semisal Frestea yang aroma dan rasanya dijamin bikin kita kangen sama es teh yang selalu ada di kantin sekolah kita dulu. Kalau nggak percaya coba deh buktikan sendiri.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

Kecilnya Menggemaskan, Penampilan 5 Finalis ‘Idola Cilik 1’ Kini Bikin Para Pria Ngantri

Dari Kamar Bak Surga ke Sel Dingin Nestapa, Seperti Ini Sekarang Nasib Miris Bos First Travel