in

Menonton TV Saat Petir Dianggap Akibatkan Ledakan Parah, Kok Bisa?

“Jangan nonton televisi kalau ada petir, nanti bisa meledak”. Begitulah kira-kira perkataan orangtua kepada kita saat ada hujan sekaligus petir di luar rumah. Jadi biasanya kita akan langsung menurutinya sebelum perkataan tersebut menjadi kenyataan.

Tapi pasti suruhan dari orangtua tadi membuat kita bertanya-tanya dalam relung hati. Memang apa hubungannya televisi meledak dengan petir yang menyambar-nyambar? Padahal, halilintar berada jauh di atas sana. Sedangkan televisi ya ada di dalam rumah dan pastinya akan aman dari sambaran listrik terbesar di dunia tersebut.

Larangan nonton tv saat petir sering diabaikan [Sumber Gambar]
Namun pada kenyataannya, tidak sesederhana yang kita pikirkan Sahabat Boombastis. Petir ternyata dapat meledakkan televisi karena ada perantara. Apalagi kalau bukan antena yang ada di atas atap. Jadi petir akan dihantarkan lewat kabel antena dan sampai ke televisi.

Petir bisa sambar antena [Sumber Gambar]
Nah, akibat dari ledakan tersebut bisa membuat manusia di sekitarnya terkena dampaknya. Melansir laman kompas.com, orang dalam jarak kurang dari dua meter kemungkinan besar bisa terkena luka bakar. Biasanya, para peneliti menyebut fenomena ini sebagai side flash. Di mana orang-orang terkena petir namun melalui suatu perantara.

https://www.instagram.com/p/BujNYLigzVb/

Peneliti petir dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Syarif Hidayat mengamini hal tersebut. Oleh karenanya ia menghimbau siapa saja untuk mematikan televisi ketika sedang ada petir. Lalu ia juga menuturkan kalau sebaiknya tidak memasang antena terlalu tinggi. Ya meskipun terkadang antena tinggi membuat kualitas gambar menjadi bagus, namun ada baiknya untuk menghindarinya. Daripada bernasib sama seperti keluarga di Desa Barambang, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan ini.

Dikutip dari akun instagram @makassar_iinfo, ada satu keluarga yang terkena luka bakar akibat menonton televisi saat hujan petir. Awalnya mereka menonton seperti biasa dan posisinya berdekatan dengan televisi karena ruangannya yang kurang luas. Tapi, tak disangka, televisi tiba-tiba meledak dan mengenai enam orang di rumah tersebut. Untungnya mereka selamat, namun harus dirawat beberapa waktu di rumah sakit untuk memulihkan kondisi.

BACA JUGA : Dilarang Main Ponsel Ketika Ada Petir, Mitos atau Fakta?

Dilarang menonton tv saat hujan petir ternyata bukan mitos belaka ya gengs. Pasalnya, hal tersebut bisa membahayakan kita yang ada di rumah. Contohnya seperti keluarga yang sudah disebutkan di atas. Sehingga, mulai sekarang, matikan televisi ketika ada hujan petir. Jangan nekat atau terima sendiri akibatnya.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Nostalgia 7 Ost Kartun Paling Legend di Era 90an, Rasanya Bikin Pengen Balik SD

Kurang Ajar! Beginilah Kocaknya Netizen Negara Berkembang saat Ledek Harta Lionel Messi