Di dunia ini ada sekitar 48 negara yang tidak memiliki wilayah samudra. Artinya negara mereka berada di tengah daratan yang dimiliki oleh negara-negara lain. Negara-negara ini sering kali disebut dengan Landlock Country, atau negara yang tanahnya terkunci. Contoh dari negara landlock adalah Swiss, Nepal, dan Paraguay.

Baca Juga : 10 Fakta Negara Tiongkok Suka Bikin Gara-gara dengan Negara Lain

Meski tidak memiliki wilayah samudra yang sangat luas, beberapa negara landlock ternyata ada yang memiliki angkatan laut. Lho, kok bisa memiliki angkatan laut padahal tidak memiliki wilayah samudra? Well, lima negara di bawah ini akan menjawab semua pertanyaan anda dengan detail.

1. Bolivia

Bolivia adalah satu dari beberapa negara di Amerika Selatan yang tidak memiliki wilayah samudra. Negara ini terjepit di antara Peru dan Chili hingga tidak memiliki akses ke Samudra Pasifik. Apalagi setelah konflik yang terjadi pada tahun 1963 silam antara Bolivia dan Chili. Negara ini akhirnya menjadi landlock dan tak bisa diubah lagi.

Angkatan Laut Bolivia image source]
Angkatan Laut Bolivia [image source]
Meski Tak memiliki akses ke Samudra Pasifik. Bolivia masih memiliki Angkatan Laut yang cukup kuat. Mereka biasanya melakukan patroli di Danau Titicata dan Sungai Bolivia yang sangat panjang. Setidaknya 5.000 personel dipersiapkan untuk melindungi kawasan negara. Pembentukan Angkatan Laut adalah simbol pantang menyerah dari Bolivia agar memiliki akses ke Samudra Pasifik.

2. Laos

Laos adalah satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak memiliki akses menuju lautan. Negara ini terjepit di antara Vietnam, Kamboja, da Thailand. Akses menuju ke Laut Cina Selatan atau pun Laut Andaman benar-benar tertutup. Meski demikian negara ini tak menyerah dan tetap membangun Angkatan Laut meski bertugas di Sungai Mekong.

Angkatan Laut Laos image source]
Angkatan Laut Laos [image source]
Sungai Mekong adalah salah satu jalur lalu lintas penting dalam perdagangan di Laos dan negara di sekitarnya. Banyak sekali kapal barang yang mengaku peti kemas masuk lalui jalur ini. Itulah mengapa Laos terus melakukan penjagaan dengan sangat ketat. Mereka tidak ingin negaranya kemasukan hal-hal mengerikan dari sungai yang mengalir juga di Tiongkok, Myanmar, dan Vietnam.

3. Paraguay

Paraguay adalah negara tetangga dari Bolivia dan sama-sama menjadi negara landlock. Hanya saja Paraguay masih memiliki akses ke laut lepas melalui sungai yang mereka miliki. Akses ini memberikan mereka kemudahan untuk belajar ke Samudra Pasifik yang sangat luas di sekitar Amerika Selatan. Mereka biasanya ke laut melalui jalur Sungai Parana yang dikenal sangat lebar dan panjang.

Angkatan Lautan Paraguay image source]
Angkatan Lautan Paraguay [image source]
Saat ini ada sekitar 2.000 personel aktif Angkatan Laut yang dimiliki oleh Paraguay. Mereka bertugas untuk melakukan patroli di sekitar Sungai Paraguay dan Parana. Untuk acara tertentu mereka akan berlayar menuju lautan. Biasanya para tentara melakukan latihan tempur atau sekadar mengawal kapal barang dari Paraguay menuju laut lepas.

4. Azerbaijan

Azerbaijan sebenarnya memiliki wilayah lautan yaitu Laut Kaspia. Hanya saja laut itu adalah laut mati yang secara alami tidak memberikan akses ke laut lepas. Akibatnya Azerbaijan harus menjadi negara landlock yang ada di tengah-tengah benua Asia. Kapal-kapal tempur yang mereka miliki akhirnya hanya bisa digunakan di Laut Kaspia yang memiliki kadar garam sangat tinggi itu.

Angkatan Laut Azerbaijan [image source]
Angkatan Laut Azerbaijan [image source]
Saat ini Azerbaijan memiliki sekitar 5.000 personel Angkatan Laut aktif. Mereka juga didukung dengan 31 kapal besar dan 6 pesawat tempur yang siap mengamankan perairan Azerbaijan. Kapal-kapal yang dimiliki oleh Azerbaijan baik beli atau pun hadiah biasanya dilewatkan Volga-Don Canal yang memiliki panjang 101 km.

5. Kazakhstan

Seperti halnya dengan Azerbaijan, negara ini juga memiliki Angkatan Laut yang beroperasi di Laut Kaspia. Angkatan Laut ini berdiri secara resmi pada tahun 2003. Hingga hari ini jumlah personel Angkatan Laut dari negara ini mencapai 3.000 orang. Semua berjaga-jaga di sepanjang Laut Kaspia agar tak ada penyusup masuk lewat perairan.

Angkayan Laut Kazakhstan image source]
Angkayan Laut Kazakhstan [image source]

Saat ini Kazakhstan miliki satu kapal dengan senjata misi. Lalu 12 kapal perang besar yang mampu mengangkut banyak sekali pasukan. Untuk memperkuat wilayah lautan ini, Kazakhstan juga memiliki dua jet tempur Sukhoi Su-27 yang merupakan pesawat jet tempur buatan Rusia.

Baca Juga : 5 Hal Buruk ini Akan Terjadi Seandainya Tiongkok Menantang Indonesia Berperang

Inilah lima negara tanpa samudra yang ternyata masih memiliki Angkatan Laut yang cukup hebat. Bagaimana dengan Indonesia ya? Negeri kita ini memiliki wilayah lautan yang sangat luas. Tapi apakah Angkatan Laut kita juga hebat? Bagaimana menurut sobat Boombatis semuanya?