in

Kerajaan Sealand, Negara Unik Seluas 500 Meter di Tengah Laut yang Lebih Mirip Kilang Minyak

Lazimnya sebuah negara terdiri dari daratan yang luas, memiliki jumlah penduduk yang banyak, dan banyak deretan rumah serta bangunan megah yang berdiri. Namun, kamu bakalan terkejut saat melihat ada sebuah negara yang justru tidak memiliki semua itu.

Bahkan, luasnya pun sangat kecil dan cukup tidak masuk akal kalau kita menyebutnya sebagai negara. Namun, faktanya memang demikian. Negara ini bisa kita jumpai di wilayah Inggris. Penasaran seperti apa penampakannya? Lanjut baca yuk!

Sejarah berdirinya negara mungil di tengah laut

Negara mungil yang diberi nama Kerajaan Sealand ini, terletak 9,6 kilometer dari lepas pantai Suffolk, Inggris. Sudah berada di tengah laut lepas, luas dari negara ini pun sangat mungil, yaitu tak hanya 550 meter persegi. Awalnya, Kerajaan Sealand merupakan sebuah benteng pertahanan Inggris yang bernama Fort Roughts.

Penampakan Kerajaan Sealand di tengah laut [sumber gambar]
Benteng yang dibangun sebagai pertahanan dari serangan Jerman (PD II) ini, mulai ditinggalkan setelah perang selesai. Adalah Roy Bates, seorang tentara Inggris yang mendeklarasikan Fort Roughts sebagai negara bebas pada 2 September 1967 silam.

PBB belum mengakui Kerajaan Sealand sebagai sebuah negara

Untuk mendapatkan pengakuan sebagai sebuah negara, tentu tidak mudah. Harus memenuhi berbagai persyaratan yang ditetapkan oleh PBB. Namun meski begitu, Roy Bates tetap mendeklarasikannya sebagai negara.

Negara Sealand di perairan Inggris [sumber gambar]
Meski belum diakui oleh PBB, tetapi Kerajaan Sealand ini cukup unik. Mereka memiliki bendera, lagu kebangsaan, mata uang, perangko, paspor, dan pemerintahan sendiri. Wah, tidak mau ketinggalan dengan negara lainnya ya.

Apa saja sumber pendapatan Kerajaan Sealand?

Jika pada umumnya sumber pendapatan negara berasal dari berbagai sektor industri, berbeda dengan Kerajaan Sealand yang justru pendapatannya sangat terbatas. Maklum saja, wilayahnya yang sangat kecil sebanding dengan penghasilan yang didapatkan.

Sumber pendapatan Sealand [sumber gambar]
Meski begitu, Kerajaan Sealand memiliki pendapatannya sendiri yang didapatkan dari hasil berjualan aneka suvenir.  Mulai dari perangko, kaos, dan mug. Dari pembelian suvenir oleh pendatanglah, pendapatan negara mungil ini didapat.

Bisa membeli gelar kebangsawanan secara mandiri

Negara mungil yang hanya bisa diakses melalui jalur laut ini, ternyata bisa membeli gelar kebangsawanan secara mandiri. Mereka memiliki situs yang mengelola penjualan gelar kebangsawanan tersebut.

Penampakan Sealand dari atas [sumber gambar]
Kamu bisa memilih gelar-gelar elit di tahah Inggris, mulai dari Lady, Lord, Baron, hingga Baroness, dan meletakkan gelar elit tersebut di depan nama mereka. Jika kamu tinggal di sana, kamu bisa punya gelar bangsawan lho.

Kerajaan Sealand punya mata uang sendiri

Seperti negara lain pada umumnya, Kerajaan Sealand juga mengeluarkan mata uang sendiri. Seperti dilansir dari Business Insider, mereka menamakan mata uangnya Sealand Dollar yang dianggap setara dengan satu dolar AS.

Kerajaan Sealand punya mata uang sendiri [sumber gambar]
Tidak hanya itu saja, negara ini juga sudah punya paspor Sealand secara mandiri. Meski baru sedikit yang telah menetap dan tinggal di sana, yakni sekitar 20 orang, hingga berita ini diturunkan. Hm, satu negara tak sampai 100 orang? Lebih mirip RT ya kalau di Indonesia.

BACA JUGA: Uniknya Molossia, Negara Kecil Berukuran Tak Sampai 1 Hektar dengan Penduduk Cuma 32 Orang

Bentuk Kerajaan Sealand bisa dibilang lebih mirip kilang minyak yang berdiri di tengah lautan. Untuk bisa ke sana, kamu harus menggunakan perahu atau naik helikopter. Hmmm, sepertinya bakalan jadi spot foto yang menarik nih. Eit, tapi kamu harus punya paspor dulu untuk bisa ke sana!

Written by Hendra Digital

Rugi sampai 17 Miliar, Ini Kronologi Kasus Penggelapan Sertifikat Tanah Nirina Zubir oleh ART

Terjerat Pinjol, Pencuri Ini Kembalikan Barang Curian Lewat Ojol dan Tulis Surat Menyentuh