in

Memberikan Medali Tertinggi Sampai Masuk Berita, 4 Negara Ini Kagum Terhadap Jokowi

Sejak resmi menjabat sebagai presiden Indonesia 20 Oktober 2014 lalu, ada banyak sekali pro dan kontra yang diterima oleh Presiden Joko Widodo. Sosok yang sebelumnya menjabat sebagai walikota Solo ini sebenarnya cukup tenar di negara lain. Bahkan, Jokowi diabadikan dalam bentuk patung lilin di Museum Madame Tussaud Hongkong. Selain itu, karena aktivitas rajin nge-vlognya, Jokowi disebut sebagai salah satu presiden yang paling ngeksis di media sosial –Justin Trudeau pun kalah.

Tak hanya itu, presiden yang akan kembali maju di Pilpres 2019 ini juga membuat beberapa negara berdecak kagum. Kira-kira kenapa ya? Nah, simak deh faktanya dalam ulasan berikut ini!

Diberikan medali tertinggi oleh Afghanistan

Jokowi di Afghanistan [Sumber gambar]
Afghanistan terkenal sebagai negara yang banyak konflik. Jokowi adalah presiden kedua Indonesia setelah Soekarno yang berani menginjakkan kaki di negara tersebut. Kunjungan tersebut dijadwalkan pada awal Januari lalu. Padahal, ketika itu Afghanistan baru saja terkena serangan teror di Kota Kabul dan menewaskan 100 orang penduduknya. Ya, alhasil atas keberanian tersebut presiden Afghanistan, Ashraf Gani memberikan medali tertinggi kepada Presiden Jokowi.

Kisah Jokowi sebanyak 2 halaman di koran lokal Jepang

Koran Jepang [Sumber gambar]
Kalau para Sahabat mengetahui kisah dan perjuangan hidup Presiden Jokowi dalam meraih kesuksesan, mungkin kamu akan berpikir hal yang sama seperti Perdana Menteri Jepang ini. Kunjungannya pada November 2017 lalu menyisakan rasa kagum tersendiri terhadap sosok Jokowi –terutama dari segi iklim investasi Indonesia. Karena hal inilah media Jepang menuliskan kisah perjalanan Jokowi di sebuah koran Jepang hingga dua halaman penuh. Hmm, kalau kata netizen Indonesia, media kita saja tak pernah menulis sebanyak itu tentang presidennya, tapi Jepang sanggup melakukan hal tersebut.

Sambutan megah untuk Jokowi dari media Filipina

Karikatur Filipina [Sumber gambar]
Selain menjabat sebagai presiden, Jokowi juga berprofesi sebagai seorang pengusaha. November 2017 lalu, ia melakukan kunjungan ke Vietnam, Filipina. Alangkah terkejutnya ia karena mendapat sambutan yang sangat luar biasa megah. Kedatangannya disambut dengan 100 penari anak-anak, media lokal Manila Times juga membuat karikatur khusus bergambar Jokowi dan presiden Duterte yang membawa bendera berwarna putih.

Kesederhanaan Jokowi dalam majalah TIME, Amerika Serikat

Jokowi dalam halaman TIME [Sumber gambar]
Negara adikuasa sekelas Amerika Serikat pun bahkan pernah memuji bagaimana sederhananya sosok ini. Pujian itu disampaikan langsung oleh Obama, yang ketika itu masih menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat. Dirinya memuji kinerja Jokowi dalam memimpin Indonesia. Penghargaan tersebut dengan membuat wajah sang presiden sebagai gambar sampul, dengan headline ‘A NEW HOPE’ yang berarti harapan baru. Kesederhanaan Jokowi disebutkan karena ia lebih memilih naik pesawat Garuda kelas ekonomi dibandingkan eksekutif.

Itulah pujian-pujian yang sempat dilontarkan oleh negara asing untuk Presiden Jokowi. Di balik semua kesuksesan yang sekarang ia sandang, ia memang sosok yang berasal dari desa. Saat makan pun Jokowi tak malu untuk mampir di warung kaki lima. Pantas sih kalau majalah sekelas Time memuji kesederhanaannya.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

4 Berita Hoax yang Beredar Mengenai Jatuhnya Lion Air JT-610

Disebut Komika Kontroversial, Begini Perjuangan Muslim dan Coki di Dunia Hiburan Indonesia