in

5 Negara Islam Terkecil di Dunia ini Pasti Belum Pernah Kamu Dengar

negara Islam kecil

Jumlah penduduk Muslim di seluruh dunia hingga saat ini mencapai 1,7 miliar jiwa. Atau sekitar 22% dari total semua penduduk di dunia. Muslim ini menyebar di kawasan Jazirah Arab dengan mencakup Arab Saudi, Qatar, Bahrain, dan Uni Emirat Arab. Di kawasan Asia Tengah Ada Iran dan Irak. Selanjutnya di kawasan Afrika kita mengenal Mesir dan Maroko. Terakhir di kawasan Asia Tenggara, Indonesia dan Malaysia ikut andil dalam menyumbang jumlah penduduk Muslim di dunia.

Selain negara-negara terkenal di atas. Sebenarnya masih banyak sekali negara dengan negara mayoritas berpenduduk Muslim yang tak dikenal. Negara ini sangat kecil namun rata-rata 70-95% penduduknya memeluk Islam. Inilah negara Islam kecil yang jarang sekali kita dengar.

1. Mayotte

Mayotte sebenarnya secara resmi bukanlah sebuah negara Islam. Bahkan negara yang hanya berupa pulau kecil ini merupakan bagian wilayah dari Prancis. Meski demikian penduduk dengan jumlah mencapai 200.000 jiwa ini mayoritas beragama Islam. Bahkan secara statistik sebanyak 98,8 persen penduduk yang ada di negara ini adalah Islam dan sisanya memeluk Kristen.

Penduduk Mayotte [image source]
Penduduk Mayotte [image source]
Penduduk yang ada di Mayotte sebagian besar adalah orang Komoro. Mereka datang ke sini untuk berdagang sekaligus menyebarkan Islam. Selain orang Komoro, pulau ini juga sering sekali dikunjungi oleh pedagang yang berasal dari Arab dan Iran. Jadi tak mengherankan jika ditempat ini penduduknya mayoritas beragama Islam.

2. Western Sahara

Western Sahara adalah salah satu negara dengan penduduk mayoritas Islam terkecil di dunia. Terletak di pantai barat Afrika, Negara ini pernah dijadikan sebagai pasar budak oleh Prancis di tahun 1700-an. Setelah itu, konflik terus pecah dengan negara tetangga seperti Maroko atau Mauritia. Bahkan sampai sekarang pun konflik masih terjadi di daerah-daerah perbatasan.

Western Sahara [image source]
Western Sahara [image source]
Saat ini Western Sahara memiliki penduduk sebanyak 586.000 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 99,8% di antaranya merupakan Muslim. Wilayah ini memiliki banyak sekali penduduk Muslim karena berada di zona persebaran Islam terbesar di kawasan Afrika Utara. Di daerah ini ada Mesir, Maroko, Libya, hingga Algeria yang berpenduduk mayoritas Muslim terbesar, bahkan untuk skala dunia.

3. Kosovo

Kosovo adalah salah satu negara dengan penduduk mayoritas Muslim terkecil di dunia. Di tempat ini hanya ada 1,5 juta orang dengan 92% di antaranya beragama Islam. Di masa lalu, wilayah Kosovo ini pernakh dikuasai oleh Kerajaan turki Ottoman selama 4 abad sebelum akhirnya di abad ke-20, Turki Ottoman harus mengalami kemunculan hingga hancur dan menjadi Turki modern.

Penduduk Kosovo [image source]
Penduduk Kosovo [image source]
Kosovo berada di kawasan Eropa yang mayoritas berpenduduk Kristen atau Katolik. Bahkan lokasi dari Kosovo berada di Semenanjung Balkan di mana pusat persebaran Kristen dunia bermula. Keunikan ini membuat Kosovo sering disebut sebagai secuil Islam di belantara Eropa yang sangat padat penduduk Kristen.

4. Djibouti

Djibouti adalah salah satu negara dengan penduduk mayoritas Muslim lain di Afrika. Hingga sekarang, jumlah penduduk dengan agama Islam mencapai 94% dari total populasi. Sisanya sebanyak 6% berpenduduk Kristen dan agama dari suku lokal. Meski Islam merupakan agama tunggal yang dijadikan sebagai agama negara, penduduk beragama lain masih diizinkan melakukan aktivitas agamanya asal tidak saling mengganggu.

Penduduk djibouti [image source]
Penduduk djibouti [image source]
Persebaran Islam di wilayah ini terjadi dari pedagang dan juga pendakwah yang berasal dari Jazirah Arab. Bahkan ada yang menyebut jika sejak zaman Nabi Muhammad negeri ini sudah mulai dijadikan sasaran penyebaran Islam paling peting di bagian utara Afrika.

5. Sierra Leone

Sierra Leone adalah secuil kecil dataran Afrika yang mayoritas penduduknya memeluk Agama Islam. Menurut data statistik, Muslim di negeri ini mencapai 71%, sisinya adalah orang yang memeluk agama lokal dan juga Kristen. Persebaran Islam di negeri ini bersamaan dengan persebaran Muslim di kawasan Afrika sebelah utara.

Penduduk Sierra Leone [image source]
Penduduk Sierra Leone [image source]
Sebagai salah satu negara Islam minoritas di dunia. Sierra Leone sering sekali mengalami kesulitan dalam menjalankan ibadah haji. Jauhnya jarak yang ditempuh serta biaya yang mahal membuat banyak sekali penduduk di sini susah menjalankan ibadah haji. Terlebih penduduk miskin di negeri ini hampir menguasai semua wilayah.

Inilah lima negara Islam terkecil yang belum pernah kamu dengar sebelumnya. Meski penduduk di negeri itu sangat sedikit. Kebudayaan Islam menyebar dan diamalkan oleh banyak penduduk di tengah minoritas kawasan. Dari lima negara di atas, mana kira-kira yang pernah sobat Boombastis kenal?

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

5 Fakta Cindy Adams, Wanita Pertama yang Berhasil Mewawancarai Soekarno

6 Fakta Tentang Ri Sol Ju, Wanita Cantik yang Menaklukan Hati Kim Jong-Un