in

5 Negara Ini Membebaskan Pajak dari Penduduknya, tapi Makin Makmur Sentosa

Uni Emirat Arab [image source]

­­­Bisa dibilang kalau makmurnya suatu negara bergantung seberapa rajin rakyatnya membayar pajak. Pasalnya semakin rajin seseorang membayar pajak, makin cepat infrastruktur akan berkembang. Misalnya saja Indonesia, hampir 70 persen pendapatan negara berasal dari pajak. Namun sayang jumlah nyatanya tidak sampai segitu karena banyak yang bermain curang saat bayar pajak.

Tapi ada tidak ya negara yang tanpa pajak? Pasti enak sekali hidup di sana. Bukan hanya khayalan, ternyata benar-benar ada negeri tanpa pajak di dunia ini. Bukan hanya bebas tarikan negara, bahkan banyak tunjangan yang diberikan gratis oleh pemerintahnya? Jadi negara mana saja itu? Simak ulasan berikut.

Sudah kaya minyak tidak perlu bayar pajak

Uni Emirat Arab [image source]
Bukan hal yang aneh kalau negara yang satu ini dikenal dengan kekayaannya yang berlimpah ruah. Ya, Uni Emirat Arab terkenal dengan banyaknya sumber daya minyak di negaranya. Saking banyaknya hasil dari jual beli minyak, sampai-sampai 80% dari kebutuhan negara ditompang oleh pendapatan minyak. Sedangkan sisanya dari pajak cukai dan alkohol. Asal tahu saja, di negara ini penjualan alkohol dikenakan pajak yang luar biasa mahalnya. Bukan hanya penjual tapi pembeli pun juga kena pajak. Karena semua kebutuhan negara tercukupi, wajar kalau warganya tidak wajib pajak.

Qatar, gas berlimpah ruah, masyarakat makmur sentosa

Qatar [image source]
Beda lagi dengan yang ada di Qatar, seperti yang diketahui kekayaan gas alam negara ini sangat melimpah. Dengan melakukan ekspor gas secara besar-besaran, negara ini hampir menutupi semua kebutuhan negaranya. Oleh sebab itu masyarakat di sana tidak diwajibkan membayar pajak oleh pemerintah. Meskipun tidak kena pajak, masyarakat Qatar  diwajibkan untuk membayar biaya keamanan sosial sebesar 5 persen dari penghasilan mereka. Namun beberapa tahun yang lalu ada rencana kebijakan untuk mengubah peraturan tersebut.

Negara penghasil minyak terbesar bikin rakyat kaya raya

Oman [image source]
Kalau bicara soal minyak, Oman adalah rajanya. Ya, salah satu negara timur tengah ini digadang sebagai  penghasil minyak yang terbesar di dunia. Bayangkan saja pada tahun 2013 lalu, pendapatan minyak milik Oman ini bisa mencapai Rp 80 Triliun, dan dengan angka itu bisa menutupi hampir 71 persen dari kebutuhan negara. Akhirnya pemerintah Oman membebaskan pajak pribadi bagai seluruh rakyatnya. Namun demikian, Oman hanya mewajibkan penduduknya untuk membayar jaminan sosial sebesar 6,5 persen dari penghasilan pribadi.

Pulau Cayman, tempatnya para orang kaya

Pulau Cayman [image source]
Meskipun tidak menghasilkan minyak, tapi pulau Cayman juga menerapkan kebijakan anti pajak bagi setiap warganya. Usut punya usut, banyak orang kaya yang sengaja datang ke sini hanya untuk terlepas dari jeratan pajak negara. Meskipun demikian, kemakmuran di pulau Cayman tetap terjamin karena setiap perusahaan harus memberikan dana pensiunan, serta beberapa tunjangan seperti kesehatan dan lain-lain. Namun demikian, tidak adanya pajak pribadi namun ada beberapa biaya tambahan di sana. Misalkan saja saat melakukan impor sebuah barang, dikenakan biaya 25 persen dari harga barang.

Bahrain tidak kalah dengan negara timur tengah lain

Bahrain [image source]
Ya, seperti yang lainnya, negara ini juga kaya akan hasil minyaknya. Ladang minyak di Abu Shafa digadang bisa menutupi sampai 70 persen penghasilan dari negara. Oleh sebab itu negara ini tidak mewajibkan pajak pribadi bagi setiap penduduknya.  Meskipun begitu, masyarakat Bahrain harus membayar biaya tambahan seperti asuransi atau jaminan sosial. Tapi dengan kekayaan yang dimiliki penduduknya, membayar biaya ini bukan kendala apa pun.

Itulah beberapa negara yang membebaskan pajak bagi penduduknya. Enak ya jika bisa hidup di negara itu. Tapi jangan berkecil hati, Indonesia juga bisa kok menjadi seperti itu. Asalkan kita saling membantu mengolah sumber dayanya. Pajak gratis, bukan lagi sesuatu yang mustahil.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

10 Video Klip Lagu Indonesia Ini Menyentuh Banget, Cocok Kalau Dijadikan Film

Syeikh Hamdan, Putra Mahkota Uni Emirat Arab yang Ketampanannya Bak Pangeran Negeri Dongeng