in

4 Negara yang Relatif Aman dari Serangan Teroris Dunia, Indonesia Bisa Mengaca!

Aksi terorisme yang akhir-akhir ini terjadi tentu meresahkan dunia, tidak hanya Indonesia. Hal ini membuktikan kalau tanpa disadari ancaman perusak negara itu berada sangat dekat dengan kita. Tentu hal ini tidak boleh dibiarkan ketimbang makin banyak korban tak berdosa yang berjatuhan. Belum lagi kalau sampai ada yang memanfaatkan ini untuk merusak Indonesia.

Bicara soal terorisme, ternyata beberapa negara di dunia dikenal relatif aman dari aksi terorisme. Hal itu diketahui dari jarangnya serangan terorisme yang terjadi serta indeks kriminalitas yang rendah. Lalu negara mana saja kah yang enggan dijamah oleh para teroris itu? Simak ulasan berikut.

Swiss jadi salah satu yang paling aman di dunia

Kalau bicara mengenai negara aman dari serangan teroris, mungkin Swiss/Switzerland harus diletakkan di posisi atas. Bagaimana tidak, pasalnya negara ini dari dulu selalu masuk dalam jajaran negara paling aman di dunia. Itu semua tidak terlepas dari ketidakberpihakan negara ini, jadi bukan hal yang aneh kalau konferensi perdamaian Ganeva diselenggarakan di sana.

Swiss negara aman [sumber gambar]
Selain itu, kebijakan bela negara juga menempa mental pada penduduknya, jadi jarang ada paham terorisme masuk di sana. Dan soal keamanan tidak perlu dipertanyakan lagi tentang keketatnya, oleh sebab itu jarang ada isu teroris terjadi di negeri yang berbiaya hidup mahal ini.

Negeri bunga sakura yang sempat dinobatkan aman teroris

Hampir semua negara sempat terhembus dengan isu serangan terorisme, namun di Jepang jarang sekali terdengar. Itu bukan hal yang aneh mengingat negara ini masih bertengger dalam sepuluh besar negara paling aman di dunia. Ada berbagai faktor yang mempengaruhinya, salah satunya adalah masalah nasionalisme dari penduduk negara ini yang tak perlu diragukan lagi.

Jepang juga masih masuk aman [sumber gambar]

Jadi bukan hal yang aneh kalau sulit sekali paham teroris masuk kedalamnya. Belum lagi masyarakat di sana yang sekuler membuat kefanatikan berlebihan pada ajaran suatu agama menjadi jarang ditemui. Kalau bicara soal kedisiplinan dan taatnya hukum sepertinya tak perlu lagi dipertanyakan.

Finlandia, selama ini hanya ada satu kasus teror

Finlandia bahkan sampai saat ini masih bertengger pada jadi lima besar negara paling aman di dunia. Bukan karena apa, selain rendahnya indeks kriminal di sana, keadaan ekonomi dan pendidikan di sana pun juga sangat baik. Jadi wajar kalau berbagai sektor, termasuk keamanan sudah terjamin.

Finlandia relatif aman serangan [sumber gambar]
Bicara masalah teroris, uniknya di negara ini ditemukan sangat sedikit kasus serupa. Pun seandainya ditemui hanya ada kasus penusukan pada dua warga yang terjadi tahun 2017. Setelah itu pun hampir tak ada lagi kasus teroris ditemui lagi. Hal ini membuktikan kalau negara ini memang relatif aman dari serangan para kelompok teror.

Islandia dengan hampir tak ada catatan teroris

Entah mengapa namun negara Nordik memang menjadi kandidat paling aman dan makmur sedunia. Pun demikian dengan Islandia ini yang hampir tak pernah terdengar aksi teroris sempat terjadi di sana. Hal ini bukan hal yang aneh jika mengingat memang keamanan di sana terjaga dengan baik.

Islandia negara paling aman di dunia [sumber gambar]
Jangankan teroris, kejahatan di sana berkisar pada pelanggaran rambu lalu lintas dan pelanggaran kecil yang lainnya. Namun demikian bukan berarti pemerintah di sana menutup mata atas terorisme, apalagi beberapa waktu yang lalu ISIS akan mencoba menyebarkan teror di benua Eropa. Oleh sebab tim dan pasukan khusus anti teror dibentuk di sana.

Seperti yang kita ketahui, beberapa negara di atas mencoba menanggulangi terorisme dengan meningkatkan kesadaran nasional para warganya. Tentu semua tak akan tercipta tanpa adanya saling baku antaran rakyat dan pemerintah. Bagaimana pun memang terorisme adalah lawan kita bersama.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

Demi Biaya Kuliah Anak, Penyandang Tunanetra Ini Rela Makan Berhari-hari Tanpa Lauk

10 Tutorial Sarung Absurd bin Kocak Netizen Ini Dijamin Bikin Lebaran Kamu Ngakak