in

Sempat Viral sampai Jadi Duta Kuliner, Sekarang Nasib Ade Londok Kembali Jadi Tukang Jahit

Masih ingat dengan Odading Mang Oleh? Jajanan khas Bandung ini sempat viral, lantaran seorang pria bernama Ade Londok. Ade mempromosikan odading dengan kata-kata yang tak biasa, hingga menjadi bahan perbincangan publik. Meme Ade pun bertebaran di berbagai media sosial.

Bukan cuma terkenal di dunia media sosial, Ade juga sampai diundang ke beberapa program televisi swasta. Namun kini, Ade sudah tak terlihat lagi di layar kaca. Jajanan odading sepertinya pun tak terdengar lagi gaungnya. Bagaimana kabar Ade Londok sekarang? Simak kisah selengkapnya berikut ini.

Ade sempat terkenal hingga jajanan odading laris manis

Pada September 2020, sebuah video Ade yang sedang makan odading viral di media sosial. Ia menggunakan kata-kata yang cukup nyeleneh, membuatnya diingat oleh netizen. Bahkan kalimat yang diucapkan Ade menjadi trending topic di Twitter. Berkat hal itu, odading yang dijual Mang Sholeh di Bandung langsung diserbu pembeli.

Ade Londok [sumber gambar]
Mang Oleh mengaku ia bisa menghabiskan satu kuintal adonan odading dan cakueh. Omzetnya pun melesat. Sebelum viral, Mang Oleh hanya mendapatkan omzet Rp700 ribu per hari. Setelah diburu pembeli, ia mampu mengantongi Rp2,8 juta per hari.

Ade Londok kebanjiran tawaran tampil di TV, sampai dihadiahi Ridwan Kamil

Ade Londok [sumber gambar]
Berkat video unik miliknya, Ade langsung kebanjiran tawaran untuk menjadi bintang tamu di berbagai acara televisi. Ia juga mendapat tawaran untuk tampil di kanal Youtube milik para selebritis terkenal. Tak hanya itu, Ridwan Kamil menunjuk Ade sebagai Duta Kuliner Jawa Barat. Ridwan Kamil juga memberikan hadiah ponsel pintar agar Ade bisa membuat vlog dengan kualitas yang baik.

Terima hujatan lantaran tak mau kolab bareng Sule

Ade Londok [sumber gambar]
Baru sebentar merasakan popularitas, Ade justru dihujat karena beredarnya sebuah video yang memperlihatkan Ade tak mau kolab dengan Sule. Ternyata video tersebut sudah diedit hingga merugikan Ade. Ade mengatakan ia tak mau berkolaborasi dengan Sule karena dirinya memang tidak diundang. Namun jika diundang, ia bersedia kolab dengan Sule. Ade juga menambahkan Sule adalah sosok yang baik.

Ade jalani profesi sebagai tukang jahit

Ade Londok [sumber gambar]
Sikap Ade dinilai tak sopan dengan pelawak senior dan sejumlah sikap lain, yang dinilai netizen membuat Ade tak pantas menjadi artis. Hal itu membuat popularitasnya meredup. Kini ia kembali menjadi tukang jahit di pinggir jalan. Meski tak lagi terkenal, Ade justru bersyukur bisa menjalani profesi lamanya. Ade lebih memilih menjadi tukang jahit karena menurutnya hidup yang dijalani tidak dipenuhi kepalsuan dan kemunafikan.

Nasib jajanan odading pasca Ade tak lagi viral

Odading Mang Oleh [sumber gambar]
Karier Ade yang terhenti di dunia hiburan, ternyata berimbas ke Odading Mang Oleh. Jajanan yang sempat ramai tersebut, kini terlihat sepi pembeli. Jika dua tahun lalu, pembeli sampai membludak hingga antre panjang, sekarang hanya ada beberapa pembeli yang mampir. Netizen pun merasa prihatin melihat bisnis kuliner yang berlokasi di Jalan Baranangsiang, Pasar Kosambi Bandung tersebut.

BACA JUGA: Viral Gegara “Odading Mang Oleh”, Inilah Sosok Ade Londok yang Ditunjuk jadi Duta Kuliner

Ade Londok memang sudah tak lagi tampil di layar kaca. Namun ia masih tetap aktif di sosial media. Akun Instagram Ade diikuti oleh ribuan follower. Sedangkan akun TikTok miliknya sudah mendapat 26 ribu pengikut. Dari kisah Ade, kita bisa melihat bahwa tak ada yang tahu nasib orang ke depannya. Seseorang bisa jadi sangat terkenal tiba-tiba, tapi bisa dengan cepat meredup.

Written by F A Agustina

Sempat Bikin Salah Paham, Ini 4 Fakta di Balik Atlet Medali Emas yang Dijemput Pakai Pikap