in

Tak Ada Duanya! 7 Daerah Unik Ini Punya Nama Panjang dan Susah Dibaca

Taumata [sumber gambar]

Beberapa daerah atau provinsi di Indonesia punya nama yang sangat mudah sekali diingat, paling banyak hanya terdiri dari dua kalimat saja, Kalimantan Selatan, Jawa Timur, dan lain sebagainya. Namun, ada tempat di beberapa negara yang mempunyai nama sangat panjang. Bahkan ada sebuah wilayah yang memiliki nama yang terdiri dari 85 karakter.

Salah satu daerah dengan nama terpanjang misalnya Pekwachnamaykoskwaskwaypinwanik. Nah, gimana tuh cara bacanya? Membacanya saja sudah bikin lidah keseleo. Kabar baiknya tak hanya satu nama ini saja tapi ada beberapa yang lain dan nggak kalah panjang. Simak dalam ulasan Boombastis.com berikut ya!

Pekwachnamaykoskwaskwaypinwanik, Kanada

Pekwachnamaykoskwaskwaypinwanik [sumber gambar]
Pekwachnamaykoskwaskwaypinwanik  sendiri merupakan sebuah danau di Manitoba, Kanada. Tepatnya terletak di bagian timur laut Manitoba di dekat perbatasan dengan Ontario. Nama yang sangat panjang tersebut diambil dari bahasa Cree, yang artinya tempat kail yang dipakai untuk menangkap ikan. Pekwachnamaykoskwaskwaypinwanik terdiri dari 31 karakter (huruf), membacanya bikin pusing kepala pastinya dong.

Äteritsiputeritsipuolilautatsijänkä, Finlandia

Äteritsiputeritsipuolilautatsijänkä [sumber gambar]
Berikutnya, nama terpanjang jatuh kepada salah satu negara yang sering dikunjungi oleh wisatawan, apalagi kalau bukan Finlandia. Di negara ini ada sebuah tempat dengan nama yang cukup unik dan panjang, yaitu Äteritsiputeritsipuolilautatsijänkä. Ia adalah sebuah wilayah di Savukoskis, Lapland, Finlandia yang merupakan area rawa-rawa. Äteritsiputeritsipuolilautatsijänkä terdiri dari 35 huruf dan menjadi nama terpanjang di Finlandia.

Azpilicuetagaraycosaroyarenberecolarrea, Spanyol

https://www.instagram.com/p/BLBgjP3gN2u/?utm_source=ig_embed

Selanjutnya, kita pindah ke Azpilicuetagaraycosaroyarenberecolarrea di Spanyol. Terdiri dari 39 karakter, tempat ini menjadi nama terpanjang di Spanyol, dan nomor dua di Eropa setelah Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch di Inggris. Nama ini diambil dari bahasa Basque yang berarti dataran rendah di Azpilkueta. Lokasinya terletak di bagian utara Spanyol berdekatan dengan Teluk Biscay. Kawasan ini berupa perdesaan yang terdapat banyak perbukitan hijau.

Tweebuffelsmeteenskootmorsdoodgeskietfontein, Afrika Selatan

https://www.instagram.com/p/BLBgryCgppk/?utm_source=ig_embed

Tweebuffelsmeteenskootmorsdoodgeskietfontein adalah sebuah nama lahan pertanian di provinsi bagian barat daya Afrika Selatan, 200 kilometer barat Pretoria. Nama itu berasal dari bahasa campuran, yakni Belanda, Jerman, dan Afrika, yang berarti “dua kerbau yang dibunuh dengan satu tembakan pada musim semi”. Dengan 44 karakter huruf, ia menjadi nama tempat yang paling panjang di Afrika Selatan.

Chargoggagoggmanchauggagoggchaubunagungamaugg, Amerika Serikat

https://www.instagram.com/p/BmSi32uHvCW/?utm_source=ig_embed

Nama daerah di atas ini lebih susah dibaca dibanding dengan nama Osas yang pernah viral dulu. Chargoggagoggmanchauggagoggchaubunagungamaugg ini adalah sebuah danau yang terletak di Webster, Amerika Serikat. Namanya yang sangat unik itu diambil dari Nipmuc, bahasa Algonquian yang berarti “titik pemancingan yang ada di perbatasan dan menjadi area netral”. Nama ini disebabkan danau terletak di antara dua negara bagian, yakni Massachusets dan Connicticut. Namun, untuk mempermudah pengucapan, maka danau ini kerap disebut sebagai Danau Webster saja.

Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiiogogogoch, Wales

Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiiogogogoch [sumber gambar]
Sudah, sudah pasti lidah kamu keseleo saat membaca nama di atas kan? Nah, nama ini adalah desa yang berada di Pulau Anglesey, Wales, negara konstituen atau bagian dari negara resmi Britania Raya. Ia menjadi tempat dengan nama paling panjang kedua di dunia, dengan 58 karakter. Bahkan, orang-orang sekitar pun tidak menyebut tempat ini dengan nama panjangnya, mereka lebih sering menyingkatnya dengan Llanfairpwll atau Llanfair PG saja.

Taumatawhakatangihangakoauauotamateaturipukakapikimaungahoronukupokaiwhenuakitanatahu, Selandia Baru

Taumata [sumber gambar]
Daaaaannn, rekor nama tempat terpanjang di dunia pertama diduduki oleh sebuah tempat yang berada di Selandia Baru. Ia terdiri dari 85 huruf, penduduk lebih sering menyebut tempat ini dengan nama Taumata saja. Taumata ini merupakan sebuah perbukitan di dekat Porangahau, Teluk Hawke Selatan. Dengan tinggi mencapai 305 meter, ia ini terkenal karena namanya yang panjang, hingga Guinness World Records mencatatnya sebagai nama tempat terpanjang di dunia.

BACA JUGA: 5 Desa Unik yang Hanya Bisa Kamu Temui di Indonesia

Well, setiap tempat tersebut mungkin memang sangat susah untuk diucapkan. Namun, masyarakat sekitar punya jalan pintas atau istilah pendek untuk semua nama di atas. Mereka juga punya sejarah yang tak kalah unik di baliknya. Kalau di Indonesia sendiri, ada gak sih nama daerah atau mungkin tempat yang panjang banget seperti di atas?

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

5 Wisata di Indonesia yang Suasananya Mirip Luar Negeri, Ada ‘Selandia Baru’ di Mojokerto

Mengenal Sosok Victor Wirawan, dari Bisnis Ikan Cupang hingga Dijuluki Elon Musk-nya RI