in

8 Musisi Indonesia yang Kematiannya Begitu Menggemparkan

Sebagai penggemar musik tanah air, pasti kalian pernah memiliki seorang idola yang kalian puja mati-matian. Pernah kebayang nggak jika suatu hari nanti kalian kehilangan mereka untuk selama-lamanya?

Baru-baru ini sempat menghebohkan dunia maya, musisi senior Benny Panjaitan yang tergabung dalam grub band Panbers telah berpulang ke pangkuan-Nya. Selain om Benny, sempat ada beberapa kematian musisi yang menghebohkan jagat hiburan Indonesia karena mendadak dan tidak disangka-sangka. Siapa sajakah mereka? Simak daftarnya dalam ulasan berikut ini.

1. Benyamin Sueb, Meninggal Usai Bermain Sepak Bola

Kematian musisi legendaris tanah air ini menimbulkan banyak atensi. Ia disebut-sebut menghembuskan nafas terakhir ketika usai bermain bola. Padahal bersamaan dengan hal tersebut, dirinya masih terlibat dalam syuting sinetron Si Doel Anak Sekolahan.

Benyamin Sueb [image source]
Hal tersebut pastilah menimbulkan luka mendalam bagi para penggemar musisi kelahiran 5 Maret 1939 ini. Bagaimana tidak, lagunya yang seabreg dan dituangkannya dalam 75 album ini selalu menghiasi hari-hari masyarakat Indonesia. Benyamin Sueb memang seorang seniman multitalenta, selain bermain musik dirinya juga seorang pelawak dan aktor.

2. Nike Ardilla, Kematian yang Masih Menjadi Misteri

Penyanyi sekaligus model cantik Nike Ardilla merupakan salah satu dari para musisi yang kematiannya menghebohkan. Pasalnya, ia meninggal dalam kecelakaan mobil dan sangat mendadak. Hal yang disayangkan oleh masyarakat adalah ia masih berusia 19 tahun ketika malaikat pencabut nyawa menghampiri dirinya.

Nike Ardilla [image source]
Masih tergolong cukup muda bukan? Selain itu, hal yang menjadikan kematiannya penuh kontroversi adalah penyebab dari hal naas itu sendiri. Hingga sekarang penyebab kematiannya belum diketahui. Ada yang bilang mobilnya ditabrak, ada juga kabar yang menyatakan keterlibatan Keluarga Cendana yang membuat pelantun Bintang Kehidupan ini terbunuh.

3. Galang Rambu Anarki, Anak Iwan Fals yang Melegenda

Masih 15 tahun, seorang Galang Rambu Anarki tutup usia. Masih 15 tahun pula, ia berani bersuara untuk masa depannya. Kala itu ia meminta izin dari sang ayah yang notabene juga seorang musisi untuk berhenti sekolah dan bermain musik saja.

Meski melalui perdebatan panjang, akhirnya Iwan Fals menyetujui keinginan putranya tersebut. Berhasil menghasilkan satu album, ia pun dikabarkan memiliki gangguan pernafasan sehingga meninggal dunia. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa penyebab ia berpulang adalah overdosis narkoba. Kepergian Galang lalu dijadikan sebuah lagu oleh sang ayah yang berjudul Galang Rambu Anarki.

4. Alda Risma, Pembunuhan yang Disamarkan

Kematian penyanyi tembang “Aku Tak Biasa” ini juga menimbulkan kontroversi. Pasalnya, ia ditemukan tak bernyawa di sebuah kamar hotel. Banyak yang menyebut bahwa Alda yang memang sering mengkonsumsi obat-obatan mengalami overdosis dan membuatnya meninggal dunia.

Alda Risma [image source]
Namun, tidak sedikit juga yang mengatakan bahwa overdosis itu hanyalah sebuah pengalihan. Hal tersebut sengaja dibuat untuk menutupi jejak pembunuhan yang dilakukan kepada penyanyi cantik namun miris nasibnya tersebut.

5. Mbah Surip, Baru Terkenal Langsung Tutup Usia

Siapa yang bakal lupa Mbah Surip? Penyanyi nyentrik yang sempat menghiasi panggung musik tanah air. Dengan rambut gimbal dan sebuah gitarnya, ia menghibur kita semua dengan lagu “Tak Gendong” yang liriknya pun lucu nan magis.

Tidak lama dari ketenarannya, sosok Mbah Surip lantas meninggalkan kita semua. Pria bernama lengkap Urip Achmad Rijanto ini meninggal dunia karena gagal jantung. Digadang-gadang ia memiliki kebiasaan merokok aktif dan minum kopi.

6. Mike Mohede, Menimbulkan Banyak Duka

Kematian Mike Mohede yang bisa dibilang mendadak sontak membuat banyak pihak terkejut. Banyak yang bilang ia meninggal dalam tidur karena terserang penyakit jantung. Pihak keluarga menyatakan bahwa penyanyi jebolan Indonesian Idol ini tidak memiliki riwayat penyakit jantung.

Mike Mohede [image source]
Banyak musisi lain yang berduka mengiringi kepergian Mike. Beberapa dari mereka mengunggah foto bersama Mike dan menuliskan caption mendalam sebagai peringatan atas kematian musisi ini. Dikabarkan juga bahwa sehari sebelum meninggal, Mike sempat menyanyi untuk ulang tahun pernikahan mantan Presiden SBY dan ibu Ani Yudhoyono.

7. Julia Perez, Sosok yang Amat Disayangi Banyak Orang

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Julia Perez (Jupe) menderita penyakit kanker serviks. Ia pun terlihat sangat menderita setelah beberapa kali menjalani kemoterapi. Meski begitu sosoknya yang tegar dan senantiasa menghibur masyarakat tanah air selalu dikenang hingga saat ini.

Pada pertengahan bulan Ramadhan kemarin, ia dikabarkan menghembuskan nafas terakhirnya. Hal tersebut menimbulkan luka mendalam bukan hanya bagi fans Jupe, tapi juga para sahabat dan public figure lainnya. Sempat kemarin pada sebuah acara penghargaan, lagu Jupe dinyanyikan dan membuat para selebriti yang hadir banjir air mata.

8. Olga Syahputra, Seluruh Negeri Berduka

Meski penulis sendiri bingung apakah Olga masuk menjadi deretan musisi, yang pasti ia telah mengeluarkan satu single berjudul Hancur Hancur Hancur Hatiku. Siapa yang tidak ingat saat-saat terakhir Olga Syahputra? Seluruh negeri gempar, bahkan ada kalanya ketika semua stasiun televisi menyiarkan berita tentang sosok yang amat dicintai tersebut.

Olga Syahputra [image source]
Peran Olga dalam industri hiburan tanah air memang besar. Banyak orang biasa yang awalnya hanya seorang fans ikut dibesarkan namanya oleh public figure kelahiran 8 Februari 1983 ini. Hingga kini, masyarakat masih sering bersedih jika teringat tentang Olga Syahputra.

Itulah 8 musisi yang kematiannya sempat membuat gonjang-ganjing dunia hiburan tanah air. Meski sudah tiada, namun karya-karya mereka masih sering didengar hingga saat ini. Terima kasih untuk kalian yang telah mengisi panggung hiburan Indonesia dengan karya-karya yang baik.

Written by Harsadakara

English Literature Graduate. A part time writer and full time cancerian dreamer who love to read. Joining Boombastis.com in August 2017. I cook words of socio-culture, people, and entertainment world for making a delicious writing, not only serving but worth reading. Mind to share your thoughts with a cup of asian dolce latte?

Leave a Reply

4 Fakta Timnas Korea Utara yang Diam-Diam Segahar Rudal Kim Jong Un

Cowo Wajib Tau: Ini Nih Modifikasi Motor Ala Japanese Style Biar Aura Cowo Kamu Makin Meluap