Perkembangan musik tanah air sudah mulai pesat seiring berjalannya waktu. Tak melulu harus dipayungi oleh label besar, mereka yang berjalan sendiri atau lebih sering disebut musisi indie pun banyak digandrungi oleh pecinta musik Indonesia. Hal tersebut dikarenakan setiap musisi memiliki ciri khasnya masing-masing.

Namun, jika ditelisik lebih dalam, ada beberapa penggiat musik Indonesia yang tak pernah menggunakan Bahasa Indonesia dalam liriknya, loh. Mayoritas lagu-lagunya menggunakan Bahasa Inggris. Nggak percaya? Simak ulasan berikut untuk tahu daftarnya.

1. Mocca, semua orang heran mereka liris lagu berbahasa Indonesia

Grup band asal Bandung yang terdiri dari 4 orang ini memang terkenal dengan lagu-lagu easy listening-nya. Meskipun semua lagunya berbahasa Inggris, Mocca memiliki banyak penggemar di Indonesia. Ternyata, lagu-lagu berbahasa Inggrisnya juga membuat mereka dikenal di luar negeri, loh, salah satunya di Korea Selatan. Bahkan banyak warga Negeri Gingseng yang hafal lagu Mocca.

2. Dipha Barus, menggandeng penyanyi-penyanyi yang eksis di sosial media

Banyak yang mengira bahwa Dipha Barus adalah DJ asal luar negeri. Padahal, ia adalah warga Indonesia asli. Kelihaiannya membuat lagu yang bisa dipasarkan secara internasional membuat banyak telinga tertuju padanya. Apalagi dirinya menggandeng penyanyi-penyanyi yang hobi membuat cover di instagram, cocok deh!

3. The S.I.G.I.T, band lawas yang tak dikenal oleh hampir seluruh kids zaman now

Apakah Sahabat Boombastis (Saboom) adalah salah satu dari penggemar The S.I.G.I.T yang bejibun? Sudah lama band asal Bandung ini vakum dan tak terlihat manggung lagi. Padahal, jika main di daerah-daerah, penonton yang datang hampir sebanyak penggemar Slank! Padahal, lagu-lagunya juga berbahasa Inggris. Kok bisa ya?

4. Stars & Rabbit, bikin pendengarnya fasih berbahasa Inggris

Mungkin sebagian dari Saboom kenal dengan sang vokalis. Ya, dia adalah mantan vokalis Band Evo yang tenar di tahun 2000an. Kini, ia kembali bermusik dengan rekannya, Adi Widodo dan membentuk Stars & Rabbit. Lagu-lagunya pun bernuansa folk yang dibalut dengan full English! Namun, hal tersebut malah membuat mereka disukai dan banyak fans yang jadi fasih berbahasa Inggris karena menyanyikan lagunya.

5. Teddy Adhitya, pernah sepanggung dengan musisi dunia

Walaupun nama Teddy Adhitya masih samar-samar terdengar di belantara musik Indonesia, kiprahnya di dunia hiburan tak boleh diragukan. Ia pernah mengisi panggung Java Jazz Festival beberapa tahun lalu dan semua lagu di albumnya berbahasa Inggris. Namun, jika dilihat-lihat dari nuansa lagunya ia membawakannya dengan cara yang Indonesia banget.

6. Brian Imanuel, sudah go international dan mengenalkan Indonesia pada dunia

Siapa yang tak kenal rapper Rich Chigga? Mulai dari tahun ini, ia telah mengubah nama panggungnya menjadi Brian Imanuel, nama yang diberikan oleh orang tuanya. Namun, hal tersebut tak membuat karya-karya apiknya luntur. Seperti yang kita tahu, lagu-lagu Rich Chigga benar-benar laris di pasaran dunia. Ia bahkan dengan bangga memperkenalkan diri sebagai WNI dan tak berniat pindah kewarganegaraan loh!

Rupanya, lirik berbahasa Inggris ini adalah salah satu cara musisi-musisi Indonesia agar dikenal oleh dunia. Buktinya, sebagian besar dari musisi-musisi di atas sudah seringkali manggung di luar negeri dan memiliki banyak pendengar di sana. Jadi, kembali lagi pada kalian saboom, mau bangga atau kecewa atas pencapaian 6 musisi di atas?