in

5 Fakta Muhammad Khan, Aktor Pemula yang Sabet Piala FFI dan Dapat Pujian Shah Rukh Khan

Penganugerahan Piala Citra FFI 2019 baru saja usai digelar oleh Metro TV di kawasan Kedoya, Jakarta Barat pada Minggu (8/12/2019) malam. Dengan tema “Film Bagus, Citra Indonesia”, terdapat 21 kategori yang diperebutkan oleh sejumlah nominator. Piala FFI sendiri banyak diborong oleh Kucumbu Tubuh Indahku. Salah satu yang memenangkan nominasi adalah Muhammad Khan, pemeran Juno dalam KTI.

Muhammad Khan bahkan menggeser Abimana Aryasatya (Gundala), Reza Rahadian (My Stupid Boss 2), bahkan aktor senior Lukman Sardi (27 Steps of May). Nama Muhammad Khan sendiri belum terlalu dikenal karena memang ia merupakan pendatang baru dalam dunia perfilman Indonesia. Yuk, simak fakta pria kelahiran Jepara ini dalam ulasan berikut!

Sebelum bermain di layar lebar, Ia merupakan aktor teater

Aktor Teater [sumber gambar]
Meski pertama kali bermain di layar lebar dalam Kucumbu Tubuh Indahku, minat Muhammad Khan sudah terlihat sejak lama. Ia menempuh pendidikan S-1 di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta Prodi Teater, dengan konsentrasi keaktoran. Bermimpi menjadi seorang pemain peran yang hebat, Muhammad Khan sebenarnya sudah bermain peran dalam teater. Tak hanya itu saja, ia juga sempat mendalami bela diri Pencak Silat.

Sabet Penghargaan di berbagai festival

Muhammad Khan [sumber gambar]

Nama Muhammad Khan mungkin memang asing di telinga netizen, karena sebelumnya dirinya memang belum pernah ambil peran yang ditayangkan di layar lebar. Kucumbu Tubuh Indahku adalah film pertama, sekaligus membawa namanya sebagai aktor yang layak diperhitungkan. Sebelum menang di FFI, aktor pemeran Juno ini sudah menyabet beberapa penghargaan, di antaranya penghargaan Tempo Film Festival 2019 dan Venice Film Festival, Orrizonti section 2018.

Latihan yang lama untuk bisa masuk dalam karakter Juno

Juno dalam Kucumbu Tubuh Indahku [sumber gambar]
Dalam Kucumbu Tubuh Indahku, Juno dilukisakan sebagai anak lelaki yang punya jiwa maskulin dan juga feminim. Muhammad Khan mengaku bahwa, dalam film garapan Garin Nugroho ini, dirinya merasa tertantang untuk masuk dalam karakter Juno. Di samping itu juga, ia belajar selama kurang lebih satu bulan untuk bisa menampilkan gerakan tari lengger yang cukup berlenggak-lenggok.

Terinspirasi dari Shah Rukh Khan

Ngefans sama Shah Rukh Khan [sumber gambar]
Semua tau kalau Shah Rukh Khan adalah aktor Bollywood yang melegenda, bahkan fansnya ada di mana-mana hingga kini. Di dalam sambutannya saat menerima Piala Citra 2019, Muhammad Khan mengatakan bahwa Shah Rukh Khan lah yang menjadi sumber inspirasinya untuk menjadi aktor. “The only King Khan, Shah Rukh Khan. Dialah yang membuat saya ingin menjadi aktor bahkan sejak umur 10 tahun. Penghargaan ini untukmu, semoga suatu hari kita bisa bertemu, please,” ujar Muhammad Khan.

Mendapat notice dari Shah Rukh Khan

Nah, setelah ia mengungkapkan terima kasih kepada King Khan yang sudah menjadi sumber inspirasi, banyak fans yang menandai akun Shah Rukh Khan agar aktor ini dinotice. Dan betapa bahagianya Muhammad Khan mengetahui Shah Rukh Khan yang juga membalas hal tersebut. Melalui Twitter pribadinya, SRK mengatakan bahwa “Saya senang atas kesuksesanmu. Kita akan bertemu segera. Tetap hidup dan berjuang sebagai seorang aktor, terima kasih semuanya karena sudah membawa post ini untuk bisa saya notice” begitu balasan Shah Rukh Khan. Dia yang dinotice, satu Indonesia yang senang nih~

BACA JUGA: 5 Fakta Film ‘Kucumbu Tubuh Indahku’ yang Menang di Ajang APSA 2018 dan Kalahkan 70 Negara

Semoga ke depannya, Khan tetap bisa memainkan peran-peran lain yang juga tak kalah ciamik dari Juno dalam Kucumbu Tubuh Indahku. Sekali lagi, selamat ya Muhammad Khan, atas kemenangannya dan juga atas noticenya.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Saksikan Shopee Super Diskon dan Acara TV Shopee 12.12 Birthday Sale, Beragam Keseruan dan Promo Menarik Menanti!

5 Fakta ‘Teror’ Kobra di Beberapa Daerah yang Bikin Masyarakat nggak Bisa Tidur