Di masa sekarang di mana ekonomi sedang agak suram kita perlu mempertimbangkan segala sesuatunya terkait pengeluaran. Termasuk salah satunya adalah ketika membeli sebuah motor. Beli baru memang menjamin kenyamanan dan keamanan, tapi motor second juga punya nilai yang oke. Terutama dari sisi nilai. Pasti hemat lebih banyak.

Kata siapa motor bekas nggak oke? Ada banyak lho motor second tapi rasanya masih baru. Enaknya lagi harganya selisih lumayan dari yang baru. Hal yang lebih menyenangkan lagi adalah harga murah tak hanya untuk motor matic atau bebek bekas saja, tapi juga sport bahkan yang punya fairing sekalipun. Lalu kira-kira motor second tapi keren apa saja yang harganya murah meriah?

Motor sport fairing harganya nggak mahal-mahal banget

Motor sport yang punya baju alias ber-fairing sering dianggap mahal, padahal sebenarnya tidak selalu seperti itu. Kalau jeli mencari harga second-nya bisa murah banget lho. Misalnya CBR 150 keluaran tahun 2015 ke bawah. Tebak berapa harga pasarannya? Ternyata hanya sekitar Rp15 jutaan dan bisa lebih murah lagi.

CBR150 dan R15 [sumber gambar]
Kalau pengen Yamaha, kamu bisa sikat seri R15 dengan harga yang juga tak kalah menggiurkan. Untuk versi non face lift harganya ada yang kisaran Rp14-15 jutaan. Untuk Suzuki seri GSX harga bekasnya juga mantap banget di kisaran Rp14 jutaan, yang lebih menggiurkan lagi di harga segitu tahunnya masih cukup muda di 2017-2018.

Motor laki dengan harga terjangkau

Jika motor sport fairing harganya bisa miring begitu, lalu apa kabar dengan motor sport tipe naked? Tentu harganya lebih di bawah lagi. Misalnya saja Honda CB 150 versi non facelift, harganya ternyata ada yang Rp9-10 jutaan. Untuk versi yang upgrade kisarannya masih di angka Rp14-15 juta.

CB150 dan Vixion Advance [sumber gambar]
Selain CB, kelas naked sport juga punya Vixion yang pamornya tak kalah. Untuk yang jenis Advance, kisaran harganya di Rp14-15 juta. Lalu untuk seri Lightning, harganya di angka Rp10-12 jutaan. Kalau jeli kamu bisa dapatkan harga yang lebih murah lagi.

Matic besar harganya mantap ini

Matic besar semacam Nmax atau PCX, belakangan ini begitu banyak peminatnya. Masuk akal sih, motor ini terkesan premium dengan desain dan riding style-nya yang bisa selonjoran itu. Lalu kamu yang sedang mencari motor jenis ini, kira-kira harga termurah yang bisa didapatkan seberapa sih?

Nmax bekas [sumber gambar]
Untuk Nmax keluaran tahun 2015 kamu bisa sikat dengan harga yang lumayan murah di kisaran Rp15 jutaan. Untuk tahun yang lebih muda harganya naik beberapa juta. Kemudian untuk PCX berapa kisaran harganya? Ternyata agak lumayan mahal di angka Rp22-25 juta.

Matic-matic keren yang harganya murah

Matic adalah pilihan paling oke untuk mereka yang ingin terlihat sangar di jalan dengan modalnya tidak mahal. Banyak matic yang tampilannya oke banget tapi harganya cukup murah, misalnya Vario 150 tahun 2017 atau edisi sebelum face lift. Motor satu ini dihargai di kisaran Rp11-12 jutaan. Bahkan ada yang jual Rp10 jutaan juga di situs seperti Olx.

Vario 150 dan Scoopy [sumber gambar]
Kalau mau yang agak retro, bisa pilih Scoopy tahun muda yang harganya bisa di bawah Rp15 jutaan. Ada juga Yamaha Fino yang banderolnya lebih murah lagi di angka Rp13 jutaan bahkan untuk tahun 2019-2020. Untuk tahun yang lebih tua tentu harganya bisa turun lagi bahkan sampai Rp10 jutaan. Mantap kan?

BACA JUGA: 5 Tips Memilih Motor Bekas Untuk Menghindari Trik Curang Penjual yang Ingin Mengelabui

Tips ketika membeli sebuah motor bekas adalah pilih showroom yang terpercaya dan jarang atau tidak punya kasus terkait barang jualannya. Namun jika perseorangan, maka ajak teman atau saudara yang memahami betul seluk beluk motor agar bisa mendapatkan kendaraan impian. Selamat berburu kendaraan ya Sahabat Boombastis.