in

Motor Berjalan Pelan Dikatakan Bisa Sebabkan Kecelakaan, Gimana Sih Penjelasannya?

Kecelakaan selalu identik dengan kendaraan yang kebut-kebutan. Biasanya, itu dikarenakan para pengemudi tidak bisa mengendalikan kendaraannya. Sehingga kendaraannya terlambat untuk direm sebelum waktu yang tepat.

Tapi pemikiran kita selama ini belum sepenuhnya benar Sahabat Boombastis. Sebab, kendaraan yang melaju dengan kecepatan rendah juga jadi faktor pemicu kecelakaan lho. Lah, mengapa bisa begitu ya?

Motor kecepatan rendah bisa sebabkan kecelakaan [Sumber Gambar]
Dinukil dari laman carbuzz.com, penelitian yang dilakukan di Inggris menemukan suatu hal tak disangka. Di mana kematian dari pejalan kaki yang disebabkan kendaraan berkecepatan rendah justru lebih besar dibandingkan yang rendah. Penelitian ini dilakukan di Bath dan Somerset yang memberlakukan ‘safe zone’ sehingga kecepatan dari kendaraan hanyalah berkisar 20 Mph.

Jadi penyebab utama menabrak pejalan kaki [Sumber Gambar]
Aturan ini bukan tanpa alasan untuk diberlakukan. Bersumber dari gridoto.com, aturan ini dilakukan agar si pengendara bisa bereaksi cepat saat berhadapan dengan pejalan kaki. Tapi nyatanya, perkiraan para peneliti tidak semuanya benar. Seorang jurnalis otomotif Inggris bernama Jeremy Clarkson mengungkapkan jika pembatasan kecepatan justru membuat pengemudi lebih fokus kepada speedometer ketimbang kondisi lingkungan sekitarnya.

Berkendara sesuai kondisi lingkungan sekitar [Sumber Gambar]
Hal serupa juga dikatakan oleh beberapa peneliti di Virginia. Melalui penelitian yang dilakukan oleh Motorcycle Safety Foundation (MSF) dan Virginia Tech Transportation Institute (VTTI), berjalan pelan malah paling banyak sebabkan kecelakaan sepeda motor. Dari data yang dihasilkan, para peneliti menjelaskan mengapa hal tersebut bisa terjadi. Menurutnya, saat berjalan pelan, umumnya pengemudi sangat sulit dalam melakukan manuver. Nah, karena tidak mendapatkan kecepatan yang cukup untuk bermanuver, maka pengendara lebih rentan mengalami kecelakaan.

BACA JUGA : Dilarang Parkir Motor Pakai Standar Samping, 4 Akibat Fatal Ini Akan Diterima Pengendara

Setelah membaca ulasan di atas, bukan berarti Sahabat Boombastis harus ngebut saat mengemudikan kendaraan kalian lho. Intinya kalian tetap berhati-hati dalam membawa kendaraan ke mana pun perginya. Ngebut awas itu oke, pelan tapi enggak perhatian, itu bisa bahaya.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Kisah Wanita Hebat Indonesia yang Sukses Terangi Desa Terpencil dengan Teknologi Miliknya

Perkenalkan La Familia, Pemain ke 12 yang Sejak Lahir Berperilaku Rasis di Sepakbola