in

Panen Pujian Dunia, Inilah Momen Terbaik Jokowi Saat Berada di Forum Internasional

Selama menjadi Presiden ke-7 bagi Indonesia, sepak terjang seorang Joko Widodo senantiasa mengejutkan banyak pihak. Entah itu dari pendukungnya sendiri maupun pihak yang menjadi lawan politiknya. Aksi yang tergolong unik dan nyeleneh itu bahkan kerap menjadi kegiatan sang Kepala Negara saat berada di acara-acara penting. Seperti kegiatan berkunjung dengan menggunakan motor chopper hingga berpakaian ala anak muda dalam beberapa kesempatan.

Tak hanya itu, di forum internasional sekelas plenary session IMF-World Bank 2018, Jokowi menganalogikan hubungan perekonomian antarnegara seperti kisah dalam film Game of Thrones yang mengutip istilah ‘Winter is Coming‘. Atas aksinya di atas panggung pidato tersebut, Kepala Negara asal Solo itu pun menerima pujian dari tokoh-tokoh internasional. Tak hanya itu, beberapa peristiwa ini juga menandakan bahwa Jokowi begitu istimewa di mata dunia.

Jokowi banjir pujian dari tokoh internasional

Setelah berpidato dalam dalam acara Plennary Meeting, Pertemuan IMF-World Bank di Bali Nusa Dua Convention Center, Nusa Dua, Bali, Presiden Jokowi langsung mendapat apresiasi dari para tokoh Internasional. Dilansir dari bisnis.tempo.co, Direktur International Monetery Fund atau IMF, Christine Lagarde dan President World Bank atau Bank Dunia, Kim Yong Jim memuji dirinya. Kepala Negara asal Solo, Jawa Tengah itu dinilai telah menyampaikan pesan terbaik lewat analogi film Game of Thrones yang menggambarkan keadaan hubungan ekonomi dunia.

Akun Twitter HBO unggah meme Jokowi

Seolah tak mau kalah dengan para pejabat dunia, HBO melalui perwakilan HBO Asia juga mengapresiasi pidato Jokowi. Sebagai penyedia film Game of Thrones, perusahaan film tersebut memilih jalur meme yang diunggah pada akun Twitter resmi mereka. Pada gambar tersebut, Jokowi divisualisasikan tengah mengenakan jubah bulu sambil memegang pedang baja dari Valyrian.

Terima Penghargaan Medal of Ghazi Amanullah

Tak hanya saat pertemuan dengan IMF, Presiden Jokowi juga menebarkan pengaruhnya hingga ke Timur Tengah. Dilansir dari republika.co.id, Pemimpin Indonesia ke-tersebut menerima “Medal of Ghazi Amanullah” dari Kepala Negara Afghanistan. Penghargaan tersebut dianugerahkan pada saat jamuan santap siang kenegaraan yang diadakan Presiden Mohammad Ashraf Ghani di Istana Presiden Arg, Afghanistan.

Jokowi masuk Forbes sebagai orang berpengaruh di dunia

Oleh Forbes, Presiden Jokowi ternyata masuk dalam daftar orang paling berpengaruh di dunia. Dilansir dari kumparan.com, Kepala Negara asal Solo, Jawa Tengah itu masuk di peringkat ke-74 dari 75 peserta. Majalah finansial dan bisnis asal Amerika Serikat itu menempatkan dirinya bersama dengan Tokoh ISIS, Abu Bakr Al-Baghdadi yang menempati urutan ke-73. Sementara itu, posisi ke-75 ditempati oleh Presiden FIFA, Gianni Infantino.

Kutip film fiksi dalam pidatonya sebanyak 3 kali

https://youtu.be/UgFNLKhgFLw

Memang, Presiden Jokowi sangat berbeda dengan figur pemimpin dunia kebanyakan. Termasuk menyajikan materi pidato di forum-forum internasional. Dilansir dari nasional.kompas.com, ada tiga film fiksi yang dikutip sang Presiden yang kemudian diramu ke dalam materi pidatonya. Pertama adalah film The Terminator saat berpidato pada forum US-ASEAN Business Council (US-ABC) di San Fransisco California, Amerika Serikat, pada Februari 2016. Kedua, kisah superhero film Avengers: Infinity War saat pertemuan dengan sejumlah pemimpin di acara World Economic Forum ASEAN di Hanoi, Vietnam, September 2018. Terakhir pada ajang Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 di Bali Nusa. Di mana Jokowi mengambil istilah “Winter is Coming” dari film Game of Thrones.

Memang, setiap kepala negara pasti mempunyai kelemahan sekaligus kelebihan. Seperti sosok Jokowi di atas, ia mendapat pangakuan secara internasional karena berani mendobrak aturan yang memang tidak dilakukan pemimpin manapun di dunia. Enggak salah jika pemimpin yang satu ini kerap dipuja sekaligus dicaci.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Chatting Calon Pengantin Maksa Ngutang Demi Resepsi Mewah, Endingnya Nyesek

Fakta FLDS, Sekte Doyan Poligami yang Salah Satu Pemeluknya Punya 79 Istri