in

Marah dan Ancam Reshuffle, Inilah Momen-momen yang Sempat Bikin Jokowi Emosi

Buruknya kinerja para menteri dan pimpinan lembaga negara di tengah pandemi Covid-19, membuat Presiden Joko Widodo atau Jokowi murka. Momen ini terjadi saat Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara pada 18 Juni lalu. Bahkan, tak menutup kemungkinan ia membubarkan lembaga hingga perombakan kabinet atau reshuffle.

Momen seperti ini bukanlah kali pertama yang terjadi. Tercatat, Jokowi telah beberapa kali menghadapi situasi yang membuat dirinya tak bisa menahan kekesalannya. Mulai dari soal cangkul impor, hingga mati listrik massal yang terjadi di sebagian Pulau Jawa beberapa waktu lalu. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

Cangkul impor yang membuat Jokowi marah

Emosi karena cangkuk saja masih harus impor [sumber gambar]
Urusan cangkul ternyata bisa membuat Jokowi marah-marah. Hal ini terjadi setelah dirinya mengetahui bahwa Indonesia masih harus mengimpor dari negara lain untuk pengadaan alat andalan petani tersebut. Dengan nada tinggi, Jokowi seakan tidak percaya jika industri di Indonesia yang tergolong maju tapi soal cangkul masih harus impor dari luar negeri

Mati listrik massal di sebagian Pulau Jawa

Peristiwa mati listrik yang melanda sebagian besar Pulau Jawa beberapa waktu lalu, sempat membuat Jokowi muntab. Kemarahannya itu diluapkannya Saat mendatangi langsung Kantor Pusat PLN. Di sana, mantan Walikota Solo itu menyemprot Pelaksana Tugas (Plt) Dirut PLN, Sripeni Inten Cahyani, karena merasa kurang puas dengan penjelasan terkait mati listrik.

Proses perizinan yang dianggap berbelit-belit

Proses perizinan di daerah yang berbelit bikin Jokowi emosi [sumber gambar]
Rumitnya birokrasi di Indonesia sempat membuat Jokowi jengkel. Dalam pertemuan dengan seluruh gubernur dan Ketua DPRD Provinsi se-Indonesia, 21 Januari 2018, dirinya menyoroti proses perizinan di tingkat daerah yang dianggap masih berbelit-belit. Jokowi marah lantaran aturan yang dianggap ruwet tersebut membuat investor enggan berinvestasi di dalam negeri.

Emosi karena dikaitkan dengan isu PKI

Salah satu momen emosional Jokowi juga terekam saat dirinya difitnah sebagai bagian dari Partai Komunis Indonesia (PKI). Dirinya kesal lantaran dikait-kaitkan dengan organisasi terlarang yang dibubarkan sejak tahun 1965 itu. Jokowi merasa bahwa fitnah yang mengaitkan dirinya sebagai PKI tidak masuk akal lantaran ia masih lima tahun pada saat kejadian tersebut.

Ancam Reshuffle Menteri yang kinerjanya tak maksimal

Ancam reshuffle menteri dan bubarkan lembaga [sumber gambar]
Terbaru, Presiden Joko Widodo mengungkapkan kekesalannya pada jajaran menteri dan pejabat yang dinilai tidak maksimal bekerja di tengah pandemi Covid-19. Tak kepalang tanggung, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengancam bakal membubarkan lembaga atau mencopot menteri yang kinerjanya biasa-biasa saja.

BACA JUGA: 5 Momen Lucu Presiden Joko Widodo, Kabur Naik Bajaj!

Wajar jika seorang Jokowi meluapkan emosinya dengan kemarahan. Hal tersebut terjadi juga bukannya tanpa alasan. Selain tanggung jawabnya sebagai seorang kepala negara yang membawahi para menteri dan pejabat tinggi lainnya, ia juga harus memastikan agar kinerja pada abdi negeri tersebut sesuai dengan visi dan misi yang disepakati bersama.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Beranjak Remaja, Transformasi Amanda Caesa, Anak Komedian Parto yang Bikin Kesengsem

Ngerinya Megabats, Kelelawar Berukuran Raksasa yang Sekilas Mirip Seperti Siluman