in

Wajib Tahu! Ini lho 4 Modus Terbaru dari Begal untuk Rampas Harta Korbannya

Kejahatan yang ada di jalan raya sampai sekarang masih terus bertambah. Parahnya, sudah banyak korban berjatuhan karena ulah oknum-oknum tak berkeprimanusiaan ini. Hal ini tentu membuat banyak pengguna jalan takut ketika harus berkendara sendirian.

Salah satu kejahatan yang kini kerap terjadi di mana-mana adalah begal. Sempat menghilang beberapa saat, namun sekarang tindak kejahatan ini muncul kembali dengan modus baru. Mau tahu apa saja modusnya, silahkan cek ulasan di bawah ini.

Modus pura-pura minta tolong

Salah satu modus yang menjadi andalan para begal adalah pura-pura minta tolong. Di mana awalnya ada satu motor yang dengan sengaja menyenggol kendaraan lain supaya keduanya sama-sama jatuh. Nah, ketika orang yang akan dijadikan korban ini menolong, di sanalah kesempatan para begal untuk merampas harta bendanya. Lebih menakutkannya lagi, pelaku begal tidak segan-segan untuk melukai korbannya dengan senjata tajam.

Ilustrasi begal pura-pura minta tolong [Sumber Gambar]
Kejahatan ini pernah terjadi di Rumah Tahanan Militer (RTM) Cimanggis, Depok awal tahun lalu. Si pelaku dengan teganya merampas ponsel korban dan melukainya menggunakan celurit. Untungnya, para korban masih selamat karena warga sekitar dengan sigap membawa mereka ke rumah sakit.

Begal menyamar menjadi polisi

Ada lagi modus yang tak kalah hits dengan di atas. Yaitu begal menyamar menjadi polisi. Dalam melancarkan aksinya, para pelaku menggunakan seragam polisi yang lengkap dengan atributnya untuk mengelabuhi korbannya. Nah, setelah itu, mereka akan berpura-pura melakukan pemeriksaan kepada pengendara. Namun, para pelaku modus ini melancarkan aksinya di tempat sepi, tujuannya ya supaya tidak ada orang lain yang melihat.

Pelaku begal menyamar jadi polisi [Sumber Gambar]

Modus begal satu ini sudah diterapkan oleh Agus Adrian. Pria 31 tahun asal Palembang, Sumatera Selatan ini membegal korbannya dengan merampas ponsel serta uang tunai yang dimiliki pengendara. Tapi, berkat kecanggihan para polisi, pelaku satu ini sudah ditangkap dan dijebloskan ke dalam jeruji besi.

Memakai trik pura-pura tawuran

Di pertengahan Bulan Maret 2017 lalu, sempat ramai ada modus begal dengan berpura-pura tawuran. Para begal ini banyak beraksi di daerah Jakarta Timur. Kapolsek Duren Sawit, Kompol Yudho Huntoro mengatakan kalau para begal ini berkelompok sebanyak sepuluh hingga dua puluh orang. Lalu mereka mencari korbannya secara acak dan biasanya para begal ini mengincar para pengendara yang sendirian.

Ilustrasi begal pura-pura tawuran [Sumber Gambar]
Mereka menggunakan trik ini karena dianggap mudah. Mereka hanya perlu berpura-pura tawuran di depan calon korbannya. Ketika si korban berhenti, maka mereka langsung bergerombol untuk mengambil semua benda yang bukan miliknya. Jadi, tidak ada kesempatan bagi si korban untuk meminta tolong kepada siapapun.

Lempari mobil menggunakan shampo atau sabun colek

Tidak hanya motor, pengendara mobil juga kudu berhati-hati. Pasalnya ada modus terbaru yang digunakan para pelaku begal. Yaitu melempari mobil menggunakan shampo atau sabun colek. Fenomena ini sudah diterapkan oleh pelaku begal yang ada di wilayah Gunung Kidul, Yogyakarta.

https://www.instagram.com/p/BwZfM1xnj3H/?utm_source=ig_embed

Diunggah di akun instagram @iks_infokaresidenansolo, jika para pelaku melempari benda-benda tersebut ke arah kaca depan mobil. Ini dilakukan supaya pengemudi menyalakan wiper sehingga air secara otomatis keluar. Hal tersebutlah yang dimanfaatkan pelaku untuk mencuri barang-barang dan juga melukai korbannya.

BACA JUGA : Waspada! Godaan yang Cantik-cantik, Inilah Modus Baru Para Begal Mencari Korban di Jalan

Melihat modus begal yang banyak terjadi akhir-akhir ini, Sahabat Boombastis harus lebih berhati-hati lagi. Usahakan untuk tidak sendirian ketika berkendara di malam hari. Kemudian hindari juga jalanan sepi yang biasanya menjadi tempat para begal beraksi.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Megah Bak Kerajaan Tapi Terlihat Angker, Ini Ternyata Misteri Rumah Mewah yang Sedang Viral

10 Potret Ghea, Asisten Rumah Tangga Sule di Ini Talkshow yang Mendadak Banyak Penggemar