in

Mulai Banyak Tersebar, Inilah Tampilan Uang 2rb yang Disulap Menjadi Pecahan 20rb

Beberapa waktu lalu, peredaran uang baru menjadi polemik di Indonesia. Bagaimana tidak, bentuknya yang lebih tipis dari uang lama membuat hampir semua warga Indonesia menolak kehadirannya. Belum rampung masalah tersebut, ada lagi problematika tentang alat pembayaran tersebut, yakni uang pecahan 2rb dan 20rb yang hampir mirip. Banyak lho orang-orang yang terkadang tak bisa membedakan antara kedua pecahan itu.

Nah, dari situlah ada orang-orang yang memanfaatkan kejadian tersebut supaya mendapatkan keuntungan. Seperti berita yang tayang di akun instagram @infocegatansolo kalau ada orang memodifikasi uang 2rb jadi 20rb. Begitu pintarnya pelaku tersebut memanipulasi sehingga banyak yang menjadi korbannya.

Kemiripan uang 2000 dan 20000 [Sumber Gambar]
Mungkin beberapa di antara kalian bertanya-tanya bagaimana cara memodifikasinya. Sedangkan modelnya saja sudah terlihat cukup berbeda kalau diperhatikan secara seksama. Namun, hal itu ternyata tidak berlaku untuk orang yang sedang terburu-buru atau tak tahu apa beda dari kedua pecahan tersebut. Sehingga jangan heran ya kalau banyak orang yang tertipu dengan modifikasi cerdas nan jahat itu.

Si pelaku memodifikasi uang 2rb tersebut dengan mengubah warnanya terlebih dahulu. Supaya mirip dengan pecahan 20rb, ia mewarnainya menggunakan stabilo berwarna hijau. Dengan begitu, pasti masyarakat umum sudah mengira kalau itu adalah uang 20rb asli. Akan tetapi, supaya lebih meyakinkan korbannya, si pelaku akan menambahkan angka 0 agar terlihat asli. Bahkan, si penjahat menggunakan penggaris cetak angka untuk membuat 0 agar mirip dengan model nomor aslinya.

Uang 2rb dimodifikasi jadi 20rb [Sumber Gambar]
Oleh karena itu, supaya kita enggak tertipu dengan kecanggihan penjahat masa kini harus lebih teliti lagi sebelum menerima atau memberikan uang. Cara membedakan kedua pecahan ini cukup mudah, tapi harus diperhatikan dari semua sisi ya. Untuk uang 20rb yang asli, gambar pahlawannya menghadap ke kanan. Sedangkan pecahan 2rb, pahlawannya menghadap ke kiri. Kemudian bagian belakang uang 20rb bergambar penari dari Suku Dayak. Lalu untuk pecahan 2rb, bagian belakangnya bergambar Tari Piring. Nah, harus diingat-ingat ya apa saja perbedaannya.

Jadi untuk kalian yang ingin melakukan transaksi wajib diperhatikan terlebih dahulu uangnya. Periksa bagian depan dan belakang uang supaya kita tidak terkena tipu daya si penjahat. Walaupun memakan waktu yang agak lama, itu tidak masalah. Yang terpenting kita sudah mencegah modus kejahatan ini untuk diri sendiri. Jangan lupa sebarkan artikel ini, supaya kamu dan kerabat kalian terhindar dari tipu daya tersebut.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Ramal Indonesia di 2019, Ini Fakta Cecilia Theresiana, Bocah yang Mengaku Sebagai Indigo

Kena Kejutan Zonk! Kisah Juara Olimpiade yang “Dikado” Amplop Kosong Ini Bikin Dada Nyesek