in

Mobil-Mobil Petinggi Negara Lain yang Bisa Jadi Alternatif Buat Pak Jokowi dan Pastinya Anti Mogok

Sekitar sepekan yang lalu kita dikejutkan dengan kabar mogoknya mobil kepresidenan yang ditumpangi pak Jokowi. Ada yang bilang kalau pihak istana tak becus mengurus mobil mewah itu, ada juga yang bilang kalau mobil ini sudah seharusnya diganti karena telah lama digunakan oleh mantan presiden ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono,

Apapun itu, sebagai rakyat yang baik dan berbudi pekerti tinggi sebaiknya kita tak perlu ikut-ikutan menyindir dan mencibir. Alangkah lebih baik jika kiranya kita cukup memberi solusi. Nah, kami sendiri punya solusi yang mungkin bisa dipertimbangkan oleh pak Jokowi sebagai pengganti mobil kepresidenan. Apa saja mobil-mobil itu?

1. Jepang – Toyota Century Royal US$85.500 (sekitar Rp1,1 miliar)

Jepang memang tidak pernah main-main kalau soal urusan kendaraan. Termasuk kendaraan khusus bagi para petinggi negara. Untuk mengakomodir kebutuhan para pejabat ketika melintasi berbagai wilayah di daratan, Jepang mempercayakannya kepada Toyota Century Royal.

Toyota Century Royal. [Image Source].
Mobil eksekutif ini dilengkapi dengan eksterior yang tahan peluru, interior yang gokil, dan yang paling penting, siap diajak menempuh perjalanan jarak jauh. Toyota Century Royal selain digunakan oleh para pejabat Jepang, juga digunakan oleh salah satu mafia paling beringas namun elegan di dunia, Yakuza.

2. Korea Selatan – Hyundai Equus VL500 (550) Limusin US$122.180 (sekitar Rp1,3 miliar)

Negeri yang punya saudara sekaligus tetangga terisolir ini juga mengandalkan mobil nasionalnya sebagai tunggangan resmi para pejabat negara. Limusin Hyundai Equus VL500 siap melibas segala medan yang dilaluinya, baik yang terjal hingga yang berbatu sekalipun.

Equus Hyundai. [Image Source].
Equus ini juga menjadi mobil pertama yang dilengkapi perisai khusus dan dirancang di tanah Korea Selatan langsung. Kabarnya, mobil ini tahan dari gempuran ledakan bom TNT hingga seberat 15 kilogram! Model yang satu ini lebih besar ketimbang pendahulunya dan jauh lebih bongsor dari Hyundai reguler lainnya. Mobil ini pernah digunakan dalam pertemuan G20 Summit beberapa bulan lalu.

3. Brunei Darussalam – Rolls Royce Phantom VI US$148.645 (sekitar Rp2 miliar)

Sudah jadi rahasia umum bahwa sang sultan adalah penggemar dan pengoleksi banyak mobil mewah. Ketika berbicara soal mobil kepresidenan, kerajaan Brunei memilih Rolls Royce Phantom VI sebagai jagoannya. Mobil yang bukan hanya bertenaga namun sangat menawan.

Rolls Royce Phantom VI. [Image Source].
Mobil yang mengusung mesin V8 ini punya transmisi 4 kecepatan otomatis yang membuatnya dengan mudah melesat ke titik tertinggi. Para pemimpin dunia lain yang menggunakan mobil ini di antaranya adalah pangeran Wales, Mohammad Reza Pahlavi, hingga Kate Middleton!

4. Jerman – Mercedes-Benz S600L US$174.890 (sekitar Rp2,3 miliar)

Haram hukumnya membicarakan kendaraan roda empat tanpa menyertakan nama negara ini ke dalam pembahasan. Mobil-mobil para petinggi Jerman masuk dalam kategori “Sonderklasse” yang berarti kelas spesial.

Mercedes-Benz S600L. [Image Source].
Fiturnya? Banyak! Ada pencahayaan LED, desain eksterior yang solid, dua layar TV ekstra lebar dengan grafis memukau dan berteknologi tinggi. Ada juga layar sentuh di beberapa bagian mobil dan bagian paling menarik adalah Magic Body Control, di mana si sopir bisa mengendalikan mobil hanya dengan menggunakan gestur sederhana tubuhnya.

5. Malaysia – Maybach 62 US$394.000 (sekitar Rp5,2 miliar)

Tercengang? Sama. Hal yang mengejutkan ketika menemukan negeri tetangga kita punya mobil kepresidenan yang sangat mahal. Setelah mengalami hiatus cukup lama, Maybach kembali beraksi untuk berpartisipasi membuat mobil nomor satu bagi petinggi Malaysia.

Maybach 62. [Image Source].
Para pejabat Malaysia bisa beristirahat dan relaksasi di kursi kelas bisnis yang disediakan dan menyesap anggur yang disimpan dalam pendingin khusus di mobil tersebut. Mobil ini termasuk tidak ekslusif sebetulnya. Siapapun yang punya kocek sekitar 5,2 miliar rupiah bisa mengendarainya juga.

6. Inggris – Jaguar XJ Sentinel US$455.025

Mobil gahar ini menjadi pilihan bagi perdana menteri Inggris. Mobil ini dilengkapi dengan sentuhan khusus seperti perisai yang kuat dan mesin V8 5 liter supercharged. Komposisi bodinya juga terbuat dari titanium dan logam baja.

Jaguar Sentinel. [Image Source].
Tak sampai di situ saja, jendelanya juga terbuat dari bahan polikarbonat yang membuatnya tahan terhadap serbuan peluru. Ada juga suplai oksigen jika sewaktu-waktu terjadi bencana yang tidak diinginkan. Interiornya juga sangat memanjakan. Ada televisi canggih dan sound system terbaik untuk mendukung konferensi penting di dalam mobil.

7. Amerika Serikat – Cadillac One US$1.500.000 (sekitar Rp20 miliar)

Ini tunggangan resmi mobil orang nomor satu di Amerika Serikat. Mobil resmi negara ini diproduseri oleh General Motors, salah satu pabrikan mobil terbaik di dunia. Amerika Serikat telah menggunakan mobil kepresidenan selama 80 tahun lebih, dan revolusi dimulai dari mobil ini.

Cadillac One ketika masih digunakan Obama. [Image Source].
Model terbaru saat ini adalah Cadillac bergaya limusin. Bagaimana dengan urusan keamanan? Pertanyaan bodoh. Mobil ini menjadi mobil yang paling aman di dunia saat ini. Mobil yang tahan dari berbagai hantaman peluru maupun ledakan bertubi-tubi. Sebagai mobil yang mewah, limusin ini juga dilengkapi dengan fitur night vision.

Itulah deretan mobil kepresidenan yang mungkin bisa jadi pilihan presiden kebanggazn kita. Namun, sebaiknya pak presiden lebih baik menggunakan mobil yang sederhana atau harganya setara saja. Masalahnya, nanti kalau pak presiden beli yang mahal dan canggih, nanti rakyat misuh-misuh juga. Dilematis kan jadinya?

Leave a Reply

4 Kisah Miris Orang Tua yang Dimeja Hijaukan Anak Kandungnya Cuma Gara-Gara Harta

6 Resimen Rahasia Semasa Perang Dunia II yang Jarang Diketahui Orang