in

7 Mobil Jadul Legendaris yang Keberadaannya Masih Sangat Diandalkan

Sama seperti motor, tiap waktunya mobil selalu mengalami perubahan dan pergantian. Nggak perlu nunggu sampai bertahun-tahun, bahkan dalam jangka 6 bulan saja sudah banyak model-model baru dirilis. Dan setiap mobil-mobil baru selalu mengusung keunggulannya sendiri. Entah yang modelnya sporty, teknologi ramah lingkungan sampai yang bisa nyetir sendiri.

Invasi mobil-mobil baru memang nggak bisa terhindarkan, tapi meskipun demikian masih banyak orang-orang yang setia dengan roda empat lawas mereka. Bukan apa-apa, beberapa mobil lama memang masih layak banget untuk dimiliki. Alasannya pun beragam mulai dari tenaga yang masih gahar sampai modelnya yang nggak lekang waktu. Masih soal mobil lawas, berikut ini beberapa yang paling awet dimiliki orang-orang dan bakal masih sering kamu temukan.

1. Panther Lama yang Bisa Ngangkut Banyak Orang

Panther [Image Source]
Selain dijagokan untuk mesinnya yang handal, mobil Panther juga memiliki kabin yang luas. Jadi bisa ngangkut banyak orang. Tak heran kalau mobil ini sering dijadikan mobil keluarga. Dan yang paling menguntungkan dari memiliki mobil ini adalah suku cadangnya yang mudah dicari. Jadi meski jadul, kayaknya nggak akan bakal bikin pusing untuk mencari suku cadangnya bila terjadi kerusakan.

2. Kijang yang Tangguh di Berbagai Medan

Si tangguh, kijang [Image Source]
Masyarakat pedesaan dan pinggiran kota sangat mengandalkan mobil yang satu ini. Kijang lama memang paling dijagokan soal kekuatan mesinnya. Sehingga sangat tangguh untuk dipakai dalam perjalanan dengan medan yang cukup berat. Jalan naik, turun, dan berliku bisa dilalui dengan lincah oleh si Kijang ini.

3. Espass yang Irit Bahan Bakarnya

Irit bahan bakar, Espass [Image Source]
Dikenal juga dengan sebutan mini bus atau micro bus, Daihatsu Espass juga merupakan jenis mobil yang juga banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Selain daya muatnya yang besar, yaitu bisa sampai tujuh orang, konsumsi bahan bakar mobil ini juga terbilang irit. Tak hanya itu saja, suku cadangnya juga murah.

4. Hijet yang Bisa Dijadikan Kendaraan Pribadi dan Usaha

Hijet [Image Source]
Hijet memiliki kabin yang luas. Sehingga selain cocok digunakan sebagai kendaraan pribadi atau keluarga, mobil yang satu ini juga cocok untuk digunakan untuk mendukung usaha. Seperti dijadikan food truck atau mendukung mobilitas usaha. Mesinnya yang irit dan bandel pun membuatnya tetap kokoh selama bertahun-tahun. Kalau harga, sekarang ini Hijet bisa didapatkan dengan harga yang lumayan murah.

5. Carry yang Terkenal Awet Mesinnya

Carry [Image Source]
Meski jadul, jenis mobil yang satu ini tetap eksis hingga sekarang. Harganya relatif murah dan fungsionalitasnya pun tinggi. Sehingga masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan masih banyak yang mengandalkannya sampai saat ini. Selain suku cadangnya yang mudah didapat, carry juga terkenal dengan mesinnya yang awet. Mungkin karena itu juga ya harga jualnya pun relatif stabil.

6. Civic Genio dengan Desain Bodi yang Aerodinamis

Civic [Image Source]
Hinda Civic Genio juga masih banyak digemari hingga saat ini. Desainnya yang aerodinamis dan trendi jadi daya tarik tersendiri. Tak heran kalau mobil ini tetap nyaman dikendarai dan tidak limbung saat dipacu dengan kecepatan tinggi. Sistem keamanannya juga patut diacungi jempol karena sudah dilengkapi dengan double disc brake.

7. Great Corolla yang Cocok Digunakan di Kota yang Sering Macet

Corolla [Image Source]
Macet sangat identik dengan kota-kota besar yang ada di Indonesia. Dan Toyota Great Corolla ini bisa jadi pilihan tepat sebagai alat berkendara setiap hari. Karena tenaganya dapat dirasakan langsung pada putaran bawah, sehingga cocok digunakan di jalanan yang sering macet. Konsumsi bahan bakarnya pun irit.

Sebenarnya masih ada banyak lagi mobil jadul legendaris yang tetap awet sampai sekarang. Namun, tujuh di atas ini yang dianggap paling bandel. Kalau kamu pengen beli mobil bagus namun dana cekak, maka beberapa kendaraan roda empat di atas bisa jadi alternatif. Nggak harus gaya, yang penting fungsionalitas.

Written by Endah Boom

Leave a Reply

5 Reaksi Lucu dan Mengharukan Pertemuan Kembali Anak dengan Ayahnya Setelah Berpisah Lama

5 Profesi Dadakan di Momen Lebaran yang Menjanjikan Penghasilan Lumayan, Tertarik Mencoba?