in

Mobil Bugatti Chiron Supercar Mahal, Sekali Isi Bensin Habiskan Rp1,2 Juta

Bugatti Chiron Pur Sport, mobil tercepat di dunia. [Sumber Gambar]
Bugatti Chiron Pur Sport, mobil tercepat di dunia. [Sumber Gambar]

Mempunyai supercar mungkin menjadi impian sebagian orang. Tampak keren ketika mengendarainya dan tentu saja kecepatannya di atas rata-rata mobil biasa. Sebut saja Lamborgini, Ferrari, dan Bugatti. Tiga merek supercar yang paling dikenal di Indonesia. Harga mobil sport tentunya mahal. Selain itu, pemilik supercar harus menyisihkan cukup banyak uang untuk biaya bahan bakar, perawatan, dan pajak tahunan.

Salah satu supercar yang dijual di Indonesia dengan harga fantastis adalah Bugatti Chiron. Bukan cuma harga belinya, biaya perawatan seperti ganti ban pun tidak murah. Bahkan harganya bisa mencapai harga beli mobil standar di Indonesia. Berapa harga beli dan biaya perawatan Bugatti Chiron? Simak ulasan selengkapnya.

Harga Bugatti Chiron mencapai Rp 90 miliar

Bugatti Chiron adalah mobil sport yang berasal dari Perancis. Mobil super mahal ini pertama kali diberitakan akan hadir di Indonesia pada 2018 tetapi pembelinya harus inden dan menunggu sampai dua tahun untuk mendapatkannya. Jumlah Bugatti Chiron yang dipasarkan terbatas, tepatnya sebanyak 500 unit di seluruh dunia.

Tampilan dalam Bugatti Chiron Pur Sport. [Sumber Gambar]
Tampilan dalam Bugatti Chiron Pur Sport. [Sumber Gambar]
Salah satu alasan harga selangit Bugatti Chiron adalah teknologi mesin yang dimilikinya yang hingga 1.500 tenaga kuda yang konon tidak dimiliki merek mobil mana pun. Kelebihan Bugatti Chiron lainnya yaitu kecepatan maksimalnya mencapai 400 km/jam dengan kemampuan akselerasi hingga 100 km/jam dalam waktu 0-3 detik. Dengan spesifikasi tinggi, Bugatti Chiron dibanderol dengan harga mencapai Rp 90 miliar sudah termasuk berbagai pajak jika masuk ke Indonesia.

Satu liter bensin buat 3 kilometer

Mengingat kekuatan mesin Bugatti Chiron yang mencapai 1.500 tenaga kuda tidak heran kalau supercar ini menghabiskan banyak bensin. Satu liter bensin hanya cukup untuk perjalanan sekitar tiga kilometer di area padat atau perkotaan. Kalau dipakai untuk berkendara di jalan bebas hambatan atau jalan tol, satu liter untuk kira-kira 5,5 kilometer.

Mobil Bugatti Chiron dengan kekuatan mesin 1.500 tenaga kuda. [Sumber Gambar]
Mobil Bugatti Chiron dengan kekuatan mesin 1.500 tenaga kuda. [Sumber Gambar]

Sementara tangki bawaan Bugatti Chiron 100 liter untuk perjalanan lebih kurang 400 kilometer dengan kecepatan standar. Kalau dihitung-hitung, pemilik mobil ini harus menyiapkan bujet Rp 1,2 juta sekali isi bensin. Bahkan badan lingkungan Amerika Serikat menobatkan mobil ini sebagai mobil paling boros di Amerika.

Supercar produksi Perancis yang diproduksi terbatas

Bugatti Chiron Pur Sport, mobil tercepat di dunia. [Sumber Gambar]
Bugatti Chiron Pur Sport, mobil tercepat di dunia. [Sumber Gambar]
Bugatti Chiron merupakan supercar yang diproduksi di Molsheim, Perancis oleh Bugatti Automobile S.A.S. Namun, mobil dengan dua kursi ini didesain dan dikembangkan di Jerman oleh Bugatti Engineering GmbH. Terdapat delapan variasi Bugatti Chiron yaitu Chiron, Chiron Sport, Chiron Sport 110 Ans Bugatti, Chiron Super Sport 300+, Chiron Pur Sport, Chiron Noire, Chiron Sport “Les Légendes du Ciel”, dan Chiron Super Sport. Mobil ini diproduksi terbatas, paling sedikit 20 dan paling banyak 60. Jumlah Bugatti Chiron yang diproduksi sebanyak 500 unit.

BACA JUGA: Mengintip Lamborghini Made in Gunung Kidul, Ternyata Gak Kalah Dengan yang di Italia

Bugatti Chiron termasuk mobil paling cepat di dunia saat ini. Namun, kabarnya Bugatti Chiron Pur Sport akan ditarik kembali peredarannya di Amerika Serikat. Masalahnya terletak pada ban belakang mobil ini yang dinilai mudah retak. Apa kamu tertarik mempunyai supercar ini?

Written by Galih Hayu

Cantiknya Bukan Main, Ini 10 Potret Ye Yongxiang Master Kungfu yang Berbakat Sejak Muda

10 Chat Penumpang Ojek Online Ini Bikin Geregetan, tapi Bikin Ngakak Juga!