in

5 Mitos yang Banyak Dipercaya Bocah Jadul, Kalau Didengar Sekarang Pasti Bikin Ngakak

Generasi 90-an pasti sangat akrab dengan yang namanya mitos dan hal-hal yang masih berbau pamali. Itu semua kemungkinan karena memang pada masa itu dunia tidak semaju sekarang sehingga banyak orang percaya akan hal yang di luar nalar. Dan mungkin sampai sekarang masih tetap mempercayainya meski sudah dewasa.

Bicara soal mitos zaman dulu, pastinya anak 90-an tak asing dengan hal-hal dibawah ini. Mulai dari pensil wangi narkoba hingga hantu Mr Gepeng yang bikin geger. Lalu benarkah hal itu terjadi? Simak ulasan berikut ini.

Bulpoin mengandung narkoba yang bikin geger

IIustrasi Bulpoin wangi [sumber gambar]
Anak zaman dulu pastinya pernah dengan isu yang ini yang sempat bikin heboh banyak orang. Pasalnya waktu itu dikabarkan ada sebuah bulpoin yang menggunakan kandungan yang berbahaya. Ya penggunaan tinta dari bahan narkoba bisa membuat mabuk anak-anak.Entah dari mana kabar ini datang, yang jelas banyak orang tua maupun anak ikut khawatir. Oleh sebab itu ketika mau membeli pulpen pada waktu itu mesti super hati-hati pasalnya salah beli yang pulpen narkoba maka dianggap sebagai seorang pecandu. Meski sempat bikin was-was, ternyata hanya hoax semata.

Teletubbies sempat meninggal saat syuting

Teletubbies [sumber gambar]

Salah satu mitos zaman dulu dan sempat dipercaya banyak anak adalah kisah tentang teletubbies. Bagaimana tidak pasalnya memang acara anak-anak yang satu ini sempat disiarkan salah satu stasiun televisi. Namun tiba-tiba saja acara tersebut hilang dan banyak anak jadi mempertanyakan. Tetapi siapa sangka muncul informasi yang tidak biasa entah dari mana. Katanya para pemeran Teletubbies itu meninggal karena kehabisan nafas topengnya tidak bisa dilepas. Alhasil banyak yang mengaitkan hal ini dengan pemikiran aneh-aneh mulai horor dan lain-lain. Padahal kenyataannya pemain tidak apa-apa waktu itu. Memang benar sih ada pemain yang meninggal tapi itu 2018, yakni si Simon Shelton peran Tinky Wingky.

Makan jambu, bijinya bisa tumbuh di perut

Makan buah berbiji [sumber gambar]
Waktu masih sekolah dulu pastinya kita sering banget dengan mitos yang satu ini. Ya, waktu makan jambu atau buah berbiji lainnya mesti hati-hati. Pasalnya ada saja anak yang bilang kalau kemakan di perut nantinya biji bisa tumbuh di dalam. Mau bagaimana lagi, pada waktu itu kan masih bocah jadinya asal percaya dengan apa yang diberitahu anak-anak cuma karena banyak yang ngomong. Tapi kalau sekarang sih yang ada malah ngakak kalau ingat zaman itu soalnya maka mungkin biji bisa tumbuh di dalam perut.

Mr Gepeng yang sempat bikin horor

Gambaran Mr Gepeng [sumber gambar]
Tak kalah bikin heboh, urban legenda mengenai Mr Gepeng juga bikin banyak orang dibuat paranoid. Bagaimana tidak, pasalnya banyak bocah bahkan sampai ketakutan mendengar ceritanya.  Ada berbagai sumber mengenai awal mula kisah horor yang satu ini. Ada yang bilang kalau Mr Gepeng adalah seorang pengusaha yang mengalami kecelakaan karena terjepit lift. Ada pula yang bilang Mr Gepeng meninggal karena dilindas Buldozer. Namun satu hal yang pasti, urban legenda yang satu ini sempat bikin anak sekolah takut kalau ke WC karena ada yang bilang kalau hantunya bakal datang.

Pensil lebih pendek dari ibu jari itu pamali

Pensil kecil [sumber gambar]
Yang satu ini juga banyak dibicarakan oleh anak SD, pasalnya banyak juga yang mempercayainya. Ada yang bilang kalau pensil lebih pendek dari ibu jari maka orang tua dari sang pemilik akan meninggal. Alhasil banyak anak yang segera membuang pensilnya jika memang sudah sangat pendek. Entah dari mana gosip itu ada, yang jelas bagi angkatan 90-an pasti juga pernah mengalaminya. Padahal sih mungkin itu cara orang dulu biar anak-anak gak menggunakan pensil pendek karena memang mengganggu saat menulis.

BACA JUGA: 7 Mitos Orang Zaman Dulu yang Ternyata Dapat Dibuktikan Secara Logika

Memang ada-ada saja ya mitos zaman dulu itu dan banyak orang pasti juga sempat melewati masa itu. Beberapa mitos ternyata sengaja dibuat agar anak-anak tidak sembarangan. Namun kembali lagi semua kembali pada masing-masing mau mempercayainya bagaimana.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

Potret Mirisnya Warga Stepa yang Hidup di Daerah Bekas Proyek Nuklir

4 Profesi Tak Biasa yang Dilakukan Warga Venezuela Gara-gara Diterpa Kemiskinan