in

Misteri Pasukan Sandringhams yang Lenyap Dalam Sekejap Mata  

Saat ini mungkin Inggris bukan negara dengan kekuatan militer terbaik. Namun, tetap saja negeri Ratu Elizabeth ini tak bisa diremehkan. Sekali mencoba cari gara-gara, negaranya Mr. Bean ini bakal menggilas dengan kekuatannya. Jika saat ini militer Inggris bukan yang terbaik, maka di zaman dulu mereka adalah jawara. Buktinya, Inggris bisa menguasai begitu banyak daratan, termasuk Australia dan Selandia Baru.

Berbicara soal militer Inggris memang menarik, karena kita bakal menemukan banyak hal-hal yang tak biasa. Misalnya saja soal pasukan bernama Sandringhams. Pasukan satu ini cukup terkenal di dunia, bukan hanya karena kehebatannya saja tapi juga fenomena aneh yang dimilikinya. Satuan ini dulu dikatakan tiba-tiba menghilang begitu saja. Benar-benar lenyap tanpa bekas, bahkan jejak kaki pun tak ada.

Sampai sekarang belum pernah ditemukan satu pun jasad atau setidaknya barang-barang dari para pasukan Sandringhams. Banyak teori yang beredar tentang fenomena ini. Termasuk salah satunya adalah teori tentang  Sandringhams yang diangkat ke langit.

Sejarah tentang tentara Sandringhams

Menurut sejarah, diketahui pasukan Sandringhams ini dibentuk pada tahun 1908 dan bisa dibilang bukan termasuk satuan resmi. Pasukan yang berada di wilayah kekuasaan pemerintahan Raja Edward VII ini merupakan pasukan E dari resimen Kerajaan Norfolk, Inggris dan juga menduduki Batalion Teritori kelima.

Sejarah Sandringhams [Image Source]
Meskipun bukan pasukan utama apalagi katanya tidak resmi, namun Sandringhams sama sekali tidak boleh dipandang sebelah mata. Kemampuannya sangat hebat lantaran mereka ternyata dididik sangat lama. Hal ini pun membuat mereka begitu kenal satu sama lain sehingga menciptakan semacam rasa solid yang luar biasa.

Awal perang tentara Sandringhams

Saat konflik peperangan mulai terjadi, ada banyak sukarelawan yang kemudian berminat untuk bergabung sebagai anggota Sandringhams. Para anggota baru ini pun langsung disambut dengan latihan-latihan khusus yang berat. Selanjutnya, mereka dibawa ke Perancis untuk bekerjasama berperang melawan musuh di daerah Dardanelles.

Awal perang Sandringhams [Image Source]

Saat itu pasukan ini berada di bawah komando Kolonel Horache-Beauchamp yang kemudian diketahui sebagai sesepuh dari Putri Diana. Di masa itu mereka tengah berperang dengan bangsa Turki yang bisa dibilang memiliki pengalaman dan kekuatan yang lebih baik.

Peristiwa hilangnya tentara Sandringhams

Singkat cerita, akhirnya mulailah Sandringhams berkonfrontasi dengan Turki. Mereka tidak melawan secara terbuka karena itu sama saja seperti bunuh diri. Akhirnya dibuatlah rencana jika Sandringhams bakal menyerang pasukan Turki pada dini hari, ketika mayoritas sudah terlelap. Entah karena miskomunikasi atau kurangnya pengawasan, pasukan ini pun tiba-tiba saja bergerak dan kemudian menghilang. Kolonel Horache-Beauchamp sang pimpinan pun agak bingung dengan hal ini. Ia juga semacam kesal karena pasukan bergerak bukan karena perintahnya.

Hilangnya pasukan Sandringhams [Image Source]
Hilangnya pasukan ini sangat mengejutkan banyak orang, terutama sang kolonel. Bagaimana tidak, setidaknya ada lah jejak atau semacamnya, tapi Sandringhams benar-benar raib tanpa bekas. Dugaan awalnya adalah mereka berpencar sehingga cepat hilangnya. Namun, lama-kelamaan dugaan mereka lenyap semakin kuat. Apalagi tak ada peninggalan apa pun yang bisa dilacak dari pasukan ini. Hanya kepulan asap yang menjadi satu-satunya petunjuk yang diketahui orang-orang kala itu.

Teori dan asumsi penyebab hilangnya Pasukan Sandringhams

Ada beberapa ahli sejarah yang berpendapat tentang hilangnya pasukan Sandringhams secara tidak wajar ini. Pendapat pertama mengatakan bahwa mereka terlarut dalam fenomena religius yang menyebabkan mereka diangkat ke surga. Pendapat kedua berasumsi bahwa mereka diangkat oleh makhluk asing semacam alien karena tertutup kepulan kabut sejenis atmosfer awan.

Teori dan asumsi hilangnya pasukan Sandringhams [Image Source]
Teori-teori tersebut akhirnya dibantah oleh pendapat ketiga tentang kabut asap tersebut. Dikatakan bahwa asap tersebut bisa jadi sebuah gas beracun yang dapat membunuh semua pasukan Sandringhams. Pernyataan ini didukung pendapat terakhir yang mengatakan bahwa Turki memiliki prinsip membunuh musuh sampai bersih. Meskipun cukup masuk akal, namun keberadaan sisa-sisa jenazah pasukan Sandringhams tak pernah ditemukan.

Kisah Pasukan Sandringhams diangkat dalam film

Hilangnya Pasukan Sandringhams secara tidak lazim ini pernah diangkat ke layar lebar dengan judul All The King’s Men yang dirilis pada tanggal 14 November 1999. Film berdurasi dua jam produksi BBC ini diperankan oleh David Jason, Maggie Smith dan David Troughton.

Kisah mereka diangkat dalam film [Image Source]
Plot cerita ini memang diambil dari kisah Pasukan Sandringhams dengan beberapa penyamaran nama tokoh asli untuk menjaga reputasi kisah sejarah aslinya. Meskipun sudah dibuatkan semacam film, namun pada kenyataannya mister Sandringhams belum benar-benar bisa terungkap.

Ada banyak hal di dunia ini yang tak bisa dipikir secara logis, dan misteri Sandringhams lah salah satunya. Kok bisa ya satu pasukan lenyap dalam sekejab. Kalau pun dibunuh setidaknya ada jejak-jejak yang ditinggalkan. Namun, sampai saat ini tak pernah benar-benar terbukti bagaimana dan kenapa pasukan ini menghilang.

Written by Chandra

Leave a Reply

Johann Goethe, Pria Tercerdas Dunia yang Bikin Einstein Tak Ada Apa-Apanya

Mitos Kota Brigadoon, Surga Dunia Yang Hanya Muncul 100 Tahun Sekali