in

Cerita dari Kali Mewek, Sungai di Malang yang Menyimpan Jejak Kutukan Ken Dedes

Ilustrasi Ken Dedes [Sumber gambar]

Selain Kali Brantas, Kali Mewek adalah salah satu sungai yang yang melewati sebagian wilayah Kota Malang, Jawa Timur. Kali ini membelah perbukitan di Desa Palawijen (Panawijil) dan memiliki panjang aliran 8.647 meter, lebar 20 meter, dan kedalaman sekitar tiga meter.

Meski tidak terlalu besar, ada kisah mistis tersendiri yang menyelimuti Kali Mewek. Kali Mewek sendiri jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah Sungai Menangis. Cerita mistis tentang sungai ini berasal dari masa kerajaan Singosari, berikut ceritanya Boombastis.com rangkum untuk sahabat semua.

Asal mula nama Kali Mewek

Ilustrasi Ken Dedes [Sumber gambar]
Cerita rakyat yang beredar mengatakan bahwa nama Kali Mewek berasal dari kisah penculikan Ken Dedes oleh Tunggul Ametung dan membawanya ke Akuwu Tumapel (sekarang Singosari). Ketika itu, Ken Dedes sedang mandi di sungai. Karena tak ingin dibawa secara paksa dan dijadikan istri, Ken Dedes menangis meronta-ronta dalam perjalanan sepanjang sungai. Karena hal tersebutlah, nama sungai tersebut kemudian disebut sebagai Kali Mewek (menangis).

Kutukan Mpu Parwa yang murka

Kali Mewek [Sumber gambar]
Mendengar kabar bahwa putri cantiknya diculik oleh Tunggul Ametung, ayah Ken Dedes, Mpu Parwa sangat marah dan murka. Dengan kemarahan yang sampai ubun-ubun, Mpu Parwa memberikan kutukan yang dialamatkan kepada Tunggul Ametung dan juga masyarakat Palawijen karena diam saja melihat tindakan tersebut. Kutukan tersebut berbunyi : “Yang melarikan anakku tidak akan mengenyam kenikmatan. Ia akan ditusuk keris dan istrinya akan direbut.” Ia juga marah kepada penduduk Panawijil, katanya, “Panawijil akan mengalami kekeringan. Mata air akan berhenti. Itu dosa akibat tak mau memberitahu bahwa anakku dilarikan orang dengan paksa.” Seperti yang kita ketahui bahwa kutukan tersebut memang terjadi pada Tunggul Ametung.

Jejak kutukan yang abadi hingga sekarang

Kutukan yang masih ada sampai kini [Sumber gambar]
Selain melontarkan sumpah, konon Mpu Parwa juga memerintahkan bangsa jin untuk menjaga kali. Jin tersebut akan mengganggu siapapun yang berani mengambil sesuatu dari kali tersebut, walaupun hanya batu kerikil kecil. Selain itu, mereka yang berbuat tak baik juga akan mendapat hukuman yang sama. Kutukan ini sudah dipercayai turun temurun oleh warga, jika dilanggar maka mereka akan mendapat karma yang setimpal, seperti kerasukan, panas tinggi, serta kejang-kejang. Hal ini sudah beberapa kali dialami oleh mereka yang nekat melanggar. Beberapa warga juga pernah melihat gumpalan api melintasi sungai, bau bunga melati yang menandakan akan ada warga sekitar kali yang meninggal.

Menghilangkan kutukan dari Mpu Parwa

Cara menghilangkan kutukan [Sumber gambar]
Kutukan Mpu Parwa untuk Tunggul Ametung memang terbukti benar adanya. Adapun kekeringan, pada tahun 1990 pernah terjadi kekeringan di beberapa tempat yang menyebabkan lahan kurang subur. Adapun mengenai mereka yang mengambil sesuatu dari Kali Mewek, maka mereka harus mengembalikannya pada malam hari dan sendirian. Dengan melakukan hal tersebut, maka mereka akan kembali tenang dan tidak merasa dihantui.

BACA JUGA: Mengenal Ken Dedes, Wanita yang Melahirkan Keturunan Raja-Raja Jawa

Meskipun hanya sebatas mitos, kebanyakan penduduk asli Panawijil percaya akan hal ini. Ada poin positif juga sebenarnya dari mitos ini, masyarakat akan takut untuk membuang sampah sembarangan atau merusak lingkungan. Hal ini tentunya bisa membuat Kali Mewek bebas sampah dan tetap bersih.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Tidak Banyak Diketahui, Ternyata Begini Cara Bandar Melakukan Pengaturan Skor

Salut! Nggak Ingin Sentuh yang Bukan Mahram, Driver Ojek Online Ini Kasih Pembatas di Motornya