in

Tak Hanya Istana Bogor, 4 Tempat Tinggal Presiden Ini Juga Mencekam dan Penuh Misteri

Istana negara adalah tempat kediaman resmi presiden, di mana sang kepala negara bisa menjalankan aktivitasnya sebagai orang nomer wahid. Indonesia sendiri mempunyai 6  Istana Negara yang tersebar di Pulau Jawa dan Bali. Penyebaran ini memang dimaksudkan untuk memudahkan pergerakan roda pemerintahan.

Istana negara biasanya juga dipakai sebagai rumah singgah para tamu agung dari negara lain. Tapi, di balik bangunan yang megah serta bernilai historis, hampir semua istana negara di Indonesia menyimpan banyak misteri. Banyak cerita mistis yang sering dituturkan oleh masyarakat sekitar. Seperti apakah? Mari simak uraian berikut!

Istana presiden di Bogor

Patung perunggu di Istana Bogor [Sumber gambar]
Istana Bogor adalah rumah kepresidenan yang sekarang dihuni oleh presiden ke-7 RI. Pemilihan tersebut dengan alasan sejuk dan tenang. Istana yang mirip dengan White House ini adalah bekas tempat tinggal dari Gubernur Hindia Belanda. Namun, setelah Belanda terusir, kepemilikannya jatuh kepada Indonesia. Seperti banyak bangunan di Indonesia, gedung peninggalan Belanda identik dengan suasana mistis dan angker, begitupun dengan Istana Bogor. Ada banyak kejadian yang terjadi di sana, mulai dari patung perunggu yang disebut angker, adanya penampakan, serta gangguan para makhluk halus.

Kamar Bung Karno di Istana Tampak Siring, Bali

Salah satu kamar di Istana Tampak Siring Bali [Sumber gambar]

Ada banyak hal yang berkaitan dengan Bung Karno masih menjadi misteri hingga sekarang, salah satunya adalah sebuah kamar di Istana Negara Tampak Siring Bali. Istana ini dibangun pada 1957 dan selesai pada 1963. Meski bangunan ini sering dijadikan tempat rapat dan peristirahatan keluarga presiden, ada sebuah kamar bekas Bung Karno yang dikosongkan hingga kini. Konon, kamar itu penuh dengan nuansa mistis. Hingga sekarang, presiden yang berkunjung pun memilih untuk tidak menginap di kamar tersebut.

Istana Gedung Agung, Yogyakarta

Gedung Agung Yogyakarta [Sumber gambar]
Pada awal masa kemerdekaan, Indonesia beberapa kali memindahkan ibukotanya, salah satunya ke Yogyakarta. Di sini ada sebuah istana kepresidenan yang dikenal dengan nama Gedung Agung. Pembangunannya dimulai sejak zaman Belanda (masa Residen Anthonie Hendriks Smissaert) tahun 1823-1825. Lagi-lagi, peninggalan Belanda satu ini tak lewat dari kisah seramnya, ada banyak saksi yang mengatakan bahwa terdapat banyak penunggu di sisi-sisi gedung. Selain itu, sering terdengar suara seperti tentara berbaris sedangkan di sana tidak ada siapa-siapa.

Seramnya Istana Merdeka, Jakarta

Istana Merdeka, Jakarta [Sumber gambar]
Tak bisa dipungkiri jika bangunan yang terletak di Ibukota ini adalah favorit para presiden. Mungkin hal ini dikarenakan usia bangunan yang memang sudah sangat tua. Dari semua keangkeran yang ada, anak-anak Presiden Gus Dur adalah yang paling sering mengalaminya. Mereka mengakui jika ada bagian tertentu yang tak berani disentuh oleh orang, bahkan petugas pembersih pun tak mau membersihkan lantai 4 bangunan tersebut. Tetapi, nuansa angker tersebut hilang karena kebijakan Gus Dur untuk membuka semua pintu istana merdeka untuk umum.

Nah, itulah cerita mistis di balik sejarah panjang bangunan istana negara. Namun, meskipun begitu tempat tersebut tetaplah asset negara yang harus dijaga bersama-sama. Mungkin untuk mengetahui lebih jelas mengenai kebenaran dari cerita di atas, kamu bisa mengunjungi satu persatu rumah kepresidenan tersebut.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Patut Dicontoh, Demi Hormati Azan Wasit Kontroversi Inggris Ini Stop Pertandingan Bola

Di Balik Melimpahnya Sumber Daya Alam Indonesia, Ada Hal Pedih yang Tak Terduga