in

Misteri Ikan Mas Jumbo di Danau Toba, Jadi Mitos hingga Dikatikan dengan Peristiwa Alam

Penangkapan ikan mas berukuran jumbo oleh sekelompok pemancing di Danau Toba beberapa waktu lalu sempat menyita perhatian. Selain memang berukuran besar, hewan air seberat 15 kilogram itu justru dikhawatirkan oleh masyarakat lokal karena dikaitkan dengan mitos setempat yang dipercaya secara turun temurun.

Keberadaan ikan mas jumbo tersebut viral setelah diunggah oleh akun Facebook Juliarson Saragih yang tampak memegang hewan tersebut di antar rekan-rekannya. “Berhasil mendarat dg sempurna. Ikan Mas 15 kg,” tulisnya pada Jumat, (7/8/2020). Lantas, seperti apa kisah ikan emas jumbo yang kerap dikait-kaitkan dengan bencana tersebut.

Ikan emas raksasa yang viral setelah berhasil ditangkap warga

Sosok ikan emas di Danau Toba mendadak jadi sorotan setelah berhasil ditangkap oleh warga. Dalam unggahan Facebook Juliarson Saragih, Jumat (7/8/2020), terlihat hewan air berwarna kuning keemasan yang ditulis seberat 15 kilogram itu digendong dengan tangan. Postingan ini pun kemudian viral dan banyak dikomentari oleh netizen di media sosial.

Mitos soal ikan di danau Toba

Salah satu ikan mas yang ditangkap di Danau Toba [sumber gambar]
Mitos terbentuknya Danau Toba tak lepas dari keberadaan ikan emas. Menurut Erond L Damanik yang merupakan Antropolog dari Universitas Negeri Medan (Unimed), kisahnya berasal dari ikan emas yang merupakan jelmaan seorang putri dah kemudian dinikahi oleh seorang laki-laki hingga memiliki anak. Sang anak tak sengaja diumpat sebagai ‘anak ikan’ sehingga membuat sang ibu murka dan memohon pada dewa. Tak lama kemudian, turun hujan lebat hingga membentuk Danau Toba seperti saat ini.

Kejadian yang ditakutkan warga

Karena telah menjadi kisah yang diceritakan secara turun-temurun, banyak masyarakat yang justru khawatir setelah melihat penangkapan ikan emas tersebut di sosial media. Salah satunya ditulis oleh akun Facebook Ando Tampubolon, yang mengingatkan agar menghargai leluhur dan melestarikan alam. Beberapa komentar di postingan tersebut juga mengingatkan soal peristiwa yang terjadi di sekitar Danau Toba.

Dikaitkan dengan erupsi gunung Sinabung hingga kecelakaan kapal

Ilustrasi erupsi Gunung Sinabung (kiri), dan proses evakuasi korban KM Sinar Bangun [sumber gambar]
Banyak masyarakat yang mengait-ngaitkan sosok ikan emas tersebut dengan peristiwa yang terjadi di Danau Toba beberapa waktu lalu. Mulai dari kecelakaan kapal KM Sinar Bangun yang tenggelam, hingga erupsi Gunung Api Sinabung yang terjadi pada Senin (10/08/2020). Salah satunya yang dibagikan oleh akun Twitter @_aljzair. Meski demikian, hal tersebut dibantah oleh pihak-pihak yang berkompeten karena dianggap tidak ada hubungannya.

Bantahan soal ikan mas yang dikaitkan dengan kejadian atau musibah yang ada

Ikan mas yang berhasil ditangkap di Danau Toba [sumber gambar]
Menurut Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung, Armen, yang dikutip dari Detik (10/08/2020) mengatakan bahwa erupsi terjadi akibat tekanan magma dan tak ada hubungannya dengan penangkapan ikan emas jumbo di Danau Toba. Sementara soal kecelakaan KM Sinar Bangun, pihak kepolisian menepis isu tersebut dan meminta warga agar jangan mengaitkan tragedi tersebut karena telah diinvestigasi secara profesional.

BACA JUGA: Ngerinya Megabats, Kelelawar Berukuran Raksasa yang Sekilas Mirip Seperti Siluman

Mitos dan kisah yang diceritakan secara turun-temurun memang masih menjadi kepercayaan bagi sebagian masyarakat dalam menyikapi fenomena yang terjadi. Seperti kisah penangkapan ikan emas jumbo di atas yang kerap dikaitkan dengan peristiwa alam maupun kejadian lainnya yang dianggap sebagai peringatan. Gimana menurutmu Sahabat Boombastis?

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Sempat Wacanakan Kerja Sama yang Erat, Begini Cerita Kedekatan Gus Dur dengan Israel

Bagikan Makanan Gratis Hingga Bikin Gerakan Bersih Pantai, Inilah Kebaikan Sosok Jerinx yang Patut Ditiru