in

Sering Jadi Kebiasaan, Inilah Alasan Mengonsumsi Es Teh Ketika Berbuka Tidak Diperbolehkan

Saat berbuka puasa, pasti kita tidak pernah melewatkan minuman dingin dan manis. Ya bagaimana tidak, dari dulu sampai sekarang kita sudah ditanamkan dengan pikiran berbukalah dengan yang manis. Kalau tidak mengonsumsi minuman dingin dan manis rasanya kurang lengkap saja.

Salah satu minuman yang pasti ada di menu berbuka adalah es teh. Minuman satu ini sangat digemari lantaran bisa memberikan kesegaran pada tenggorokan. Namun sayangnya, kesegaran itu ternyata tidak baik jika dilihat dari kacamata kesehatan lho Sahabat Boombastis.

Minum es teh saat berbuka bisa berdampak buruk bagi kesehatan [Sumber Gambar]
Salah satu bahayanya untuk kesehatan ialah dapat memicu naiknya asam lambung. Hal ini bisa terjadi lantaran perut kita yang seharian kosong terlalu kaget jika harus menerima dinginnya es secara tiba-tiba. Sehingga bagi yang punya riwayat penyakit maag sangat tidak dianjurkan jika langsung meminum es teh secara langsung. Alangkah lebih baiknya kalau mengonsumsi teh dalam keadaan hangat. Pasti kalian enggak mau kan sakit lambung tiba-tiba pada saat puasa?

Kemudian dampak yang akan kita terima ketika mengonsumsi es teh pada saat berbuka adalah lebih cepat kenyang. Mungkin beberapa di antara Sahabat Boombastis menyadari hal yang satu ini. Ketika sudah minum es teh, rasanya tidak ingin makan apapun lagi. Padahal tubuh kita masih memerlukan asupan glukosa dan karbohidrat untuk mengembalikan energi setelah berpuasa seharian. Kalau sudah seperti itu, biasanya kita akan menunda makan sampai setelah tarawih. Nah, menunda makan akan memicu timbulnya sakit lambung. Sehingga bisa dikatakan kalau es teh bisa bawa bencana untuk kesehatan kita.

Dapat sebabkan sakit lambung [Sumber Gambar]

Terakhir, efek samping yang bakal kita dapat adalah bisa memicu radang tenggorokan. Alasannya karena tenggorokan kering seharian dan tiba-tiba harus menerima dinginnya es dari teh yang kita minum. Jadi, kemungkinan terjadinya radang tenggorokan akan semakin besar. Hayo, masih ingin mengonsumsi es teh pada saat berbuka?

Melihat alasan-alasan di atas, diharapkan supaya kalian yang menjalankan buka puasa tidak mengonsumsi es teh secara langsung. Alangkah lebih baik untuk mengonsumsi teh dalam keadaan hangat. Tapi, lebih baik lagi jika kalian minum air mineral terlebih dahulu supaya tidak menimbulkan efek samping apapun.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Rakyat Malaysia Patungan Dana Saat Utang Negara Membengkak, Bagaimana dengan Indonesia?

5 Fakta Hipertiroidisme, Penyakit Mematikan yang Bikin Tubuh Kurus Bagai Mayat Berjalan