in

Hindari Minum Air Dingin Saat Cuaca Panas kalau Tak Mau 4 Akibat Ini Mengganggumu

Bergelut dengan cuaca panas seperti yang terjadi sekarang ini memang enggak mudah. Apalagi kalau kita harus kerja lembur bagai kuda di luar ruangan. Rasanya ingin minum air segalon supaya tenggorokan langsung adem ayem lan tentrem. Ditambah dengan air yang suhunya dingin melebihi perlakuan mantan ke kalian, wah dijamin tidak akan dilanda haus sampai beberapa jam kemudian.

Minum air dingin di kala panas memang mampu melepas dahaga kita. Tapi tahu enggak kalian kalau sebenarnya minum air dingin di cuaca seperti itu tidak baik bagi kesehatan lho. Beberapa ahli pun juga mengangguk setuju dengan pernyataan tersebut. Lalu apa sih bahayanya minum air dingin saat cuaca panas?

Bisa menurunkan detak jantung

Minuman yang kita kira bisa menyegarkan tenggorokan, ternyata bisa berpengaruh buruk bagi tubuh lho. Bersumber dari laman Health Site kalau minum air dingin ketika cuaca sedang panas bisa mengakibatkan detak jantung menurun. Hal inipun juga telah dibuktikan oleh beberapa studi yang dilakukan oleh para peneliti di dunia.

Menurunkan detak jantung [Sumber Gambar]
Fenomena tersebut bisa terjadi lantaran air dingin bisa merangsang saraf vagus yang fungsinya untuk mengendalikan tindakan tubuh secara responsif. Nah, kalau air dingin terus menerus diminum, akhirnya suhu rendah pada cairan tersebut akan menstimulus ke saraf yang bisa sebabkan detak jantung menurun dari waktu ke waktu.

Badan akan terasa semakin panas

Konsumsi air dingin di kala panas memang bertujuan untuk memberikan kelegaan di tenggorokan. Tapi ternyata asumsi kita selama ini salah besar Sahabat Boombastis. Sebab, menurut pakar kesehatan dari Loughborough University, jika menenggak minuman dingin saat cuaca sedang panas-panasnya, suhu tubuh akan mengalami penurunan lho.

Badan semakin kepanasan [Sumber Gambar]

Ya itu karena tubuh sedang menyesuaikan suhunya dengan air yang telah kalian minum. Pada akhirnya, suhu tubuh akan menjadi lebih panas. Jadi enggak heran kalau kita malah kehausan ketika minum air dingin ketika panas.

Bisa berakibat sakit tenggorokan

Panasnya hari tidak bisa dihilangkan hanya dengan secercah air dingin. Ya, ini dikarenakan dapat berakibat sakit tenggorokan. Dilansir dari laman liputan6.com, minum air dingin bisa membuat penumpukan mukosa. Bagi yang belum tahu, mukosa adalah suatu lapisan pelindung di saluran pernapasan.

Sakit tenggorokan [Sumber Gambar]
Kalau mukosa terus menumpuk, maka lapisan ini akan memuat lebih banyak aliran darah. Bukannya menyegarkan tenggorokan, saluran pernapasan akan lebih rentan terkena penyakit yang salah satunya adalah gangguan pada tenggorokan.

Sistem pencernaan yang akan terganggu

Bersumber dari Brightside, kalau konsumsi air dingin ketika suhu udara sedang panas-panasnya bisa menghambat proses pencernaan makanan. Ini dikarenakan air dingin yang kita minum dapat membuat pembuluh darah dalam tubuh menjadi mengkerut.

Gangguan pencernaan [Sumber Gambar]
Fenomena seperti ini bisa memperlambat proses pencernaan. Sehingga semua makanan yang sudah masuk ke dalam perut tidak bisa dicerna dengan baik. Lalu nutrisi pada makanan juga tidak bisa diserap dengan baik oleh pencernaan.

Minum air dingin ketika cuaca sedang panas ternyata mempunyai beberapa dampak buruk bagi tubuh. Mulai dari penurunan detak jantung hingga sistem pencernaan yang terganggu. Tapi Sahabat Boombastis tak perlu khawatir karena ada solusinya kok. Kalian cukup mengonsumsi air dengan suhu normal atau panas. Memang cara ini bisa membuat tubuh semakin berkeringat. Namun dengan keluarnya keringat, tubuh akan semakin dingin layaknya habis mandi.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Buchtar Tabuni, Sosok Buronan OPM Asal Indonesia yang Dihormati di Luar Negeri

Inilah 10 Potret Senyum Tak Berdosa Para Koruptor Bikin Kita Sebal Bukan Main