in

5 Negara Paling Hebat di Timur Tengah, Arab Saudi Masuk?

Pemberitaan tentang kedatangan Raja Salman ke Indonesia masih terus saja bergulir di berbagai media. Tak heran, kunjungan orang nomor satu di Arab tersebut memang tak main-main, dengan memboyong 1.500 rombongan dan segenap kemewahan, pemimpin negeri minyak tersebut membuktikan kemakmuran negaranya. Rasanya, kekayaan Arab Saudi memang tidak disangsikan lagi.

Di luar pembahasan soal kekayaan, rupanya Arab Saudi juga salah satu negara yang yang kuat dalam hal militer. Terbukti bahwa Arab merupakan salah satu dari deretan lima besar Negara yang militernya paling kuat di Timur Tengah. Lho, salah satu? Iya, karena Arab Saudi bukanlah satu-satunya yang militernya kuat. Masih ada empat Negara yang posisinya berada di atas Arab Saudi.  Berikut ini adalah urutan kehebatan militer berdasarkan data statistik di tahun 2017.

Turki

Seperti kita ketahui, selama satu dekade ini Timur Tengah tengah diguncang dengan beragam kerusuhan yang berujung dengan kekerasan. Berbagai macam ancaman transnasional seperti ISIS telah menyadarkan banyak Negara untuk memperkuat militernya.

Tentara Turki dan teknologi militernya yang berbahaya [image source]
Di antara negeri Timur Tengah, mungkin Turki adalah salah satu yang berhasil makin memperkuat militernya. Hal ini bisa kita lihat dari statistik yang ada. Saat ini, Turki didukung 410.500 personil militer aktif, 3.778 tank, 1007 pesawat dari berbagai tipe, 14 kapal selam dan memiliki anggaran sampai $18 miliar dollar. Dengan dana dan juga beragam fasilitas tempur tersebut, pantaslah Turki sangat disegani ISIS serta menduduki peringkat pertama militer terkuat di Timur Tengah.

Mesir

Sejak zaman Rasulullah SAW, Mesir memang terkenal dengan kekuatan militernya yang luar biasa. Hebatnya, mereka bisa bertahan hingga zaman berganti. Ya, saat ini Mesir bisa disebut sebagai negara terkuat se benua Afrika serta nomor dua paling hebat di kawasan Timur Tengah. Salah satu potret kekuatan negeri piramida ini bisa kita lihat dari jumlah personel tentara aktifnya yang mencapai angka 470 ribu orang serta jumlah tank mereka yang luar biasa banyak.

Para militer Mesir yang selalu kuat [image source]
Tentang alutsista terutama tank, negara ini memiliki jenis-jenis handal dan terbaik. Mayoritas juga sangat canggih serta memiliki daya rusak besar. Pesawat pun demikian, rata-rata adalah buatan Perancis yang luar biasa sangar. Dan tak sampai dengan itu, Mesir juga didukung budget militer sampai $4 miliar.

Israel

Israel menjadi salah satu Negara yang berada di garis depan kekuatan militer Timur Tengah. Hal itu mungkin tak lepas dari dukungan Amerika Serikat yang memberi dukungan. Sejak tahun 1960-an, negeri ini memang fokus untuk memperkuat teknologi militer.

Militer Israel yang selalu bikin bangsa lain bergidik [image source]
Saat ini, Israel memiliki setidaknya 160.000 personil aktif, 4.170 tank, dan 681 pesawat. Israel juga menjadi Negara paling ditakuti karena memiliki teknologi mutakhir seperti tank Markeva, F-151 Thunder, Jericho III, hingga kapal selam dolphin. Untuk militer, setidaknya pemerintah Israel memiliki buget $15 miliar dollar.

Iran

Sebagai sesama Negara Timur Tengah, Iran memang memiliki hubungan yang tidak harmonis dengan beberapa Negara Timur Tengah lainnya. Mungkin hal itu menjadi salah satu alasan mengapa Iran selalu berusaha meningkatkan kekuatan militernya. Diketahui perkembangan Iran di bidang militer saat ini memang menunjukkan peningkatan yang pesat.

Tentara Iran yang bikin lawan ketar-ketir [image source]
Tak hanya jumlah personil militer, dari segi teknologi  termpur juga tergolong sangat canggih. Setidaknya, Iran memiliki beragam senjata yang sebagian diimpor oleh Korea Utara dan Rusia. Saat ini, Iran sudah didukung sekitar 545.000 personil militer, 1658 tank, 479 pesawat, dan budget militer sebesar $6 miliar.

Arab Saudi

Negara kerajaan Arab Saudi memang dikenal menjadi salah satu yang terkuat di dunia. Terlebih setelah perang melawan Yaman dan menjadi koalisi Turki untuk melawan Presiden Suriah Bashar Assad. Sejak saat itu, Arab pun mulai berjaga-jaga dengan memperkuat pertahanan militer di Negaranya.

Mutahirnya perlengkapan tempur milik Arab Saudi ini [image source]
Hingga saat ini, Arab Saudi memiliki 235 ribu personel aktif. Negeri minyak tersebut juga memiliki 1.210 tank, 722 pesawat.  Sementara untuk dana, Negara ini berani mengeluarkan sekitar $56 miliar yang dialokasikan untuk militer. Dana tersebut bahkan lebih besar dua kali lipat dari anggaran sektor kesehatan dan pengembangan sosial.

Itulah lima Negara militer terkuat di kawasan Timur Tengah di tahun 2017 ini. Masing-masing Negara bukan hanya didukung dengan para prajurit pemberani, namun juga teknologi tempur dan juga dana yang sangat fantastis. Kira-kira, kapan Indonesia memiliki militer sekuat itu ya?

Written by Nikmatus Solikha

Leave a Reply

Inilah Hal Menakutkan yang Akan Terjadi Seumpama Bumi Memiliki Dua Bulan

Miyuki Ishikawa

Miyuki Ishikawa, Bidan Pencabut Nyawa dari Negeri Sakura yang Rekor Pembunuhannya Tak Tertandingi