Wabah corona yang kini mulai menyebar secara masif di Indonesia, membuat beberapa kalangan tergerak untuk membantu mengatasi hal tersebut. Mulai dari kalangan artis, hingga para relawan yang mendonasikan sejumlah dana, berada di garis depan membantu lewat sumbangan yang ada.

Tak hanya itu, para miliarder Indonesia juga ikut menyumbang sebagian dari kekayaan dan penghasilan yang dimiliki, untuk mereka yang terdampak dari wabah corona. Tak kepalang tanggung, sebagian bahkan menyumbang hingga puluhan miliar rupiah. Selengkapnya, simak ulasan berikut ini.

Pengusaha Prajogo Pangestu Sumbang 2 miliar

Prajogo Pangestu bersama Presiden Joko Widodo [sumber gambar]
Melalui Yayasan Bhakti Barito yang dimiliki oleh keluarga Prajogo Pangestu, Presiden Komisaris Barito Pacific Group itu menyumbang dana sebesar Rp2 miliar kepada Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Dana tersebut ditujukan untuk pengadaan sejumlah alat kesehatan seperti alat pelindung diri (APD), test kit, obat-obatan, hingga desinfektan.

Miliarder Dato Sri Tahir Sumbang 52 miliar

Dato Sri Tahi dalam sebuah kesempatan [sumber gambar]
Pengusaha sekaligus pemilik Mayapada Group, Dato Sri Tahir, diketahui menyumbangkan dana sebesar Rp52 miliar kepada pemerintah guna menekan penyebaran virus corona. Dari jumlah tersebut, sebanyak Rp22 miliar disalurkan ke DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, masing mendapat Rp10 miliar.

Pendiri Wardah sumbang 40 miliar

Pendiri Wardah, Nurhayati Subakat [sumber gambar]
Jumlah sumbangan yang fantastis juga didonasikan oleh Nurhayati Subakat, pemilik PT Paragon Technology & Innovation yang menaungi bisnis kosmetik Wardah, Emina, dan Make Over. Demi meringankan beban pemerintah untuk melawan corona, Nurhayati memberikan sumbangan sebesar Rp40 miliar.

Sandiaga Uno beri santunan pasien Covid-19

Sandiaga Uno saat berada di Nagoya, Jepang [sumber gambar]
Kepedulian terhadap wabah corona juga dilakukan oleh pengusaha Sandiaga Uno. Hanya saja, Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu memilih jalan lain, yakni dengan cara membantu biaya hidup dari keluarga pasien positif Corona maupun mereka yang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Ahmad Sahroni donasikan gajinya untuk tangani corona

Ahmad Sahroni dalam suatu acara [sumber gambar]
Wakil Ketua Komisi III DPR RI sekaligus pengusaha Ahmad Sahroni, ikut peduli terhadap mereka di tengah masifnya penyebaran virus corona. Untuk membantu penanganan wabah, ia menyumbangkan gajinya selama empat bulan ke depan. “Gaji saya akan sumbangkan selama empat bulan ke depan untuk membantu wabah Covid-19 ini, semoga bermanfaat dan bukan pencitraan,” kata Sahroni melalui akun Instagramnya @ahmadsahroni88, Selasa (24/03/2020).

BACA JUGA: 8 Public Figure yang Sumbang Hingga Ratusan Juta Demi Membantu Redakan Wabah Corona

Guna mencegah penyebaran corona, Asian Development Bank (ADB) menghibahkan dana sebesar US$ 3 juta (Rp. 49.164 miliar) kepada Indonesia. Jumlah tersebut, secara khusus ditujukan untuk memudahkan melakukan tes kesehatan, mengurangi paparan Covid-19 kepada tenaga medis, hingga meningkatkan kemampuan merawat pasien dengan gejala berat.