in

Berjuang Lawan Kanker dan Diabetes, Aktris Senior Mieke Wijaya Meninggal Dunia

Kabar duka menyelimuti dunia hiburan Tanah Air. Aktris kawakan, Mieke Wijaya, meninggal dunia pada Selasa (3/4/2022). Ibu dari Nia Zulkarnaen ini diketahui mengidap penyakit kanker dan diabetes sebelum meninggal dunia. Mieke Wijaya dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, pada Rabu (4/5/2022). Bagaimana cerita Nia terkait meninggalnya sang ibu? Simak ulasannya di bawah ini.

Mengidap kanker dan diabetes

Menurut Nia Zulkarnaen, yang juga seorang aktris, sang ibu telah mengidap penyakit diabetes cukup lama. Sampai sebelum meninggal, Mieke Wijaya harus dirawat di rumah sakit selama lebih kurang 45 hari. Perawatan intensif yang dilakukan Mieke Wijaya berlokasi di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta.

Nia Zulkarnaen dan suami di pemakaman sang ibu, Mieke Wijaya. [Sumber Gambar]
Nia Zulkarnaen dan suami di pemakaman sang ibu, Mieke Wijaya. [Sumber Gambar]
Masih berdasarkan Nia Zulkarnaen, ia dan anggota keluarga yang lain tidak menyadari bahwa Mieke Wijaya mengidap kanker. Walau Nia curiga karena Mieke Wijaya semakin kurus tetapi ia tidak sampai terpikirkan bahwa sang ibu sakit kanker. Penyakit ini baru diketahui beberapa waktu belakangan, sebelum Mieke Wijaya meninggal dunia.

Mieke Wijaya banyak membintangi film populer

Mieke Wijaya yang lahir dengan nama Miecke Marie De Rijder merupakan aktris berdarah Belanda-Sunda yang lahir pada 17 Maret 1939. Mieke mengawali karir di dunia hiburan Tanah Air sebagai penyanyi RRI. Ia pun debut film pada 1955 dan aktif bermain peran baik dalam film maupun sinetron sejak saat itu.

Mieke Wijaya saat remaja, membintangi film Tiga Dara. [Sumber Gambar]
Mieke Wijaya saat remaja, membintangi film Tiga Dara. [Sumber Gambar]

Terhitung lebih dari 70 film dan lebih dari 30 sinetron telah dibintangi oleh Mieke Wijaya baik sebagai pemeran utama maupun pemeran pembantu. Tiga Dara dan Losmen Bu Broto adalah dua dari banyaknya film atau sinetron populer yang dibintangi Mieke Wijaya. Berkat dedikasi Mieke Wijaya di perfilman Indonesia, ia mendapatkan 3 Piala FFI (Festival Film Indonesia).

Gejala awal kanker mirip penyakit umum lain

Diketahui bahwa keluarga tidak tahu bahwa Mieke Wijaya mengidap kanker. Nia Zulkarnaen misalnya, ia hanya menyadari bahwa sang ibu semakin kurus. Beberapa gejala awal kanker memang tidak khas, bahkan mirip dengan gejala penyakit umum lain. Biasanya gejala kanker yang khas baru terlihat ketika penderita sudah memasuki stadium lanjut.

Aktris senior Mieke Wijaya meninggal dunia
Aktris senior Mieke Wijaya meninggal dunia. [Sumber Gambar]
Namun, terdapat beberapa gejala awal kanker yang perlu diwaspadai. Beberapa di antaranya adalah berat badan turun drastis, rasa lelah yang berlebihan, pendarahan misalnya pada feses, dan benjolan pada anggota tubuh tertentu. Apabila kamu mengalami gejala tersebut sebaiknya segera periksa ke dokter.

BACA JUGA: Ari Lasso Derita Kanker Limfoma, Kenali Gejala yang Tak Boleh Disepelekan Sebelum Terlambat

Selamat jalan Mieke Wijaya, semoga amal ibadahmu diterima di sisi-Nya dan segala dosa diampuni. Semoga keluarga, sahabat, dan para penggemar yang ditinggalkan bisa ikhlas dan sabar.

Written by Galih Hayu

Temukan Uang 700 Juta, Tukang Ojek Jujur Ini Kembalikan Semuanya dan Hidupnya Jadi Mujur

Dari Ular sampai Lumba-Lumba, 10 Penampakan Alam Mirip Hewan Ini Bukan Editan