in

6 Menu Berbuka Mantap yang Bisa Dibeli Hanya dengan Rp10 Ribu Saja

Kalau berpuasa biasanya suka ngidam berbagai macam makanan bukan? Apalagi hari awal-awal memasuki bulan puasa. Enggak heran kalau kegiatan ngabuburit diisi dengan berburu takjil untuk disantap saat suara bedug telah berbunyi. Kalau Sahabat Boombastis sendiri biasanya makan dengan masak sendiri atau beli di pasar Ramadan nih?

Semarak Ramadan enggak lengkap kalau tidak pergi ke pasar Ramadan nih. Tapi, jangan lupa juga kalau sebenarnya kamu bisa membuat menu berbuka sendiri. Nah, kalau kamu mungkin sedang bingung mau makan apa, berikut ini Boombastis rekomendasikan menu berbuka yang bisa kamu beli, tetapi bisa juga buat sendiri, dan yang pasti harganya murmer habis.

Aneka kolak

Kolak untuk buka puasa [sumber gambar]
Emang paling enak berbuka dengan yang manis ya, seperti kolak misalnya. Saat puasa, menu kolak ini kerap kita temukan dengan mudah. Entah itu kolak ubi, kolak pisang, ataupun kolak kolang kaling. Untuk bisa membeli makanan satu ini pun, kamu hanya perlu mengeluarkan uang kurang lebih 10 ribuan saja. Setelah makan kolak, minum es sirup marjan, nikmat banget tuh~

Nasi goreng plus telur ceplok

Nasgor telur ceplok [sumber gambar]

Nasi goreng dan telur ceplok memang sudah jodoh yang sangat serasi. Sesekali kamu bisa mencoba berbuka puasa dengan nasi goreng plus telur ceplok nih. Untuk menu yang satu ini, kamu juga bisa temukan di pasar Ramadan yang menjual berbagai takjil. Tapi, kalau sedang rajin, kamu juga bisa berkreasi dan membuat sendiri, dijamin lebih hemat.

Olahan Sosis

Sosis bakar [sumber gambar]
Olahan sosis, gurita, atau berbagai macam jenis makanan serupa juga akan mudah ditemukan di pasar Ramadan saat bulan puasa. Untuk sosis ini harganya bisa beragam sekali, mulai dari 5 ribu Rupiah hingga belasan ribu. Sebenarnya, kamu bisa membuat sendiri sih, namun jika tak punya banyak waktu dan tidak mau repot, maka bisa dengan pergi ke pasar takjil saja.

Aneka macam jenis sayur

Sayur lodeh [sumber gambar]
Selain gorengan, sayur adalah menu sehat yang pastinya ada di pasar takjil. Nah, kalau kamu adalah anak kos-kosan yang biasanya sahur dan berbuka dengan Indomie, sesekali gantilah menumu dengan yang lebih sehat, seperti sayur mayur ini misalnya. Selain harganya yang bersahabat, ia juga membuat puasamu menjadi lebih nikmat dan sehat.

Pecel, murah dan nikmat

Pecel nikmat [sumber gambar]
Untuk membeli ataupun membuat pecel yang nikmat sekaligus dengan bumbunya, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar 10 ribu rupiah saja guys. Selain murah meriah, pecel juga masuk dalam kategori menu berbuka yang sehat karena didominasi oleh sayuran yang kaya vitamin.

Aneka kue basah

Kue basah [sumber gambar]
Nah, kalau yang satu ini enggak usah ditanyakan lagi deh. Di pasar Ramadan manapun rasanya pasti ada yang menjual aneka kue basah. Kamu bisa memilih jenis kue yang tidak digoreng, sehingga lebih menyehatkan. Karena, terlalu sering konsumsi makanan berminyak saat bulan puasa juga kurang direkomendasikan.

BACA JUGA: Nggak Cuma Indonesia, 4 Negara Ini juga Punya Menu Takjil yang Bikin Ngiler

Jenis makanan di atas bisa dengan mudah kamu temukan di pasar takjil, tapi kalau mau membuat sendiri juga bisa kok. Makanan di atas praktis dan murah meriah. Sangat bersahabat di kantong anak kos dan juga mahasiswa. Oh iya, karena lagi physical distancing, tetap jaga-jaga ya ketika membeli makanan di luar. Jangan sampai pengen makan malah jadi sakit gara-gara tidak patuh aturan terkait pandemi sekarang ini.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Amalan yang Bisa Kamu Lakukan Sesaat Setelah Mendengar Azan

Kontroversi Indira Kalistha, Bercanda Soal Corona dan Sempat Ikut Perpisahan McD Sarinah