in

5 Negara Asing yang Menikmati Kekayaan Sumber Daya Alam Indonesia

5. Kanada

Negara berlambang daun maple ini mengembangkan 12 proyek di Sulawesi lewat Canadian International Development Agency. Kedua belas lini mereka berhubungan dengan pengelolaan sumber daya alam. Selain itu, terdapat dua perusahaan Kanada lainnya yang beroperasi di Sulawesi yaitu Sheritt Internasional dan Vale. Vale sendiri memiliki investasi sebesar 2 Milliar USD di Sulawesi Tengah.

Vale Inco, Canada
Vale Inco, Canada [ImageSource]
Kanada juga mengeksplorasi SDA Indonesia di bidang migas. Melalui Nico Resources, yang merupakan anak dari perusahaan Calgari dengan memiliki 12 blok migas di Indonesia. Blok tersebut merupakan blok terluas di Indonesia.

Ternyata sumber daya alam Indonesia sangat kaya, hingga negara lain rela berinvestasi trilyunan rupiah demi membangun basis di Indonesia. Modal yang mereka keluarkan tentu jauh jika dibandingkan dengan keuntungan berlipat ganda yang mereka dapat. Sementara orang natif Indonesia, kebanyakan hanya menjadi pekerja pabriknya saja.

Baca Juga : 7 Peristiwa Pengusiran Ras Manusia yang Dilupakan dalam Sejarah!

Jangan buru-buru marah, murka dan menuding ini semua kesalahan pemerintah. Pemerintah memang seharusnya bijak dalam mengatur investasi asing di Indonesia. Namun, kita sebagai anak bangsa harus sadar diri, bahwa yang menyebabkan negara asing mengeksplorasi negara kita adalah karena kita tidak mampu mengeksplorasi sendiri. Mari kita mengoreksi diri, memperbaiki pendidikan dan ikut membangun serta memanfaatkan SDA Indonesia. (HLH)

Written by Centralismo

Leave a Reply

5 Cara Bertahan Hidup yang Bisa Dilakukan Ketika Sekelompok Teroris Menculikmu! Masihkah Ada Harapan?

Filosofi Mendalam di Balik Jajanan Tradisional yang Tak Pernah Kamu Ketahui