Pernikahan dan rangkaiannya adalah sebuah momen sakral yang menjadi peristiwa paling berkesan dalam kehidupan seseorang. Maka tak heran kalau segala sesuatunya dipersiapkan dengan serius, terutama mahar. Biasanya pengantin pria akan memberikan yang spesial dan kalau bisa yang bernilai mahal. Namun, apa jadinya jika maskawin tersebut hanya berupa barang sederhana seperti sandal jepit misalnya?

Hal inilah yang dilakukan Yudi Anggata saat menikahi Helmi Susanti. Pria asal Lombok, Nusa Tenggara Barat itu memberikan maskawin berupa sandal jepit dan segelas air. Kisahnya pun viral di sosial media. Tak hanya Firman, beberapa pasangan di bawah ini juga melewatkan momen sakral tersebut dengan mahar yang bisa dibilang murah meriah.

Burung lovebird plus sangkarnya bisa jadi mahar yang spesial

Mas kawin burung lovebird beserta sangkarnya [sumber gambar]
Karena sering bertemu di arena gantangan burung, membuat Bang Fa’i dan Idha jatuh cinta dan kemudian melangsungkan pernikahan. Keduanya dekat lantaran Fa’i sering berkunjung karena hobi dengan burung hias. Sementara Idha memiliki kios burung di sekitar arena gantang tersebut. Mas kawin yang digunakan pun tak jauh-jauh dari dunia burung hias, yakni jenis Lovebird plus sangkarnya.

Mahar lantunan merdu surah Ar-Rahman yang menggetarkan hati

Lantunan merdu Surah Ar-Rahman yang digunakan sebagai mahar pernikahan [sumber gambar]
Dodi Hidayatullah yang merupakan seorang YouTuber, pembawa acara, sekaligus penyanyi religi sempat menjadi perbincangan luas setelah menikahi Auliya Rahmi Fadlilah pada 2 Juni 2011. Bukan pernikahannya yang menjadi sorotan, tapi maharnya yang ia berikan berupa lantunan merdu dari Surah Ar Rahman yang ia bacakan.

Kain kafan menjadi mahar sekaligus pengingat kematian

Mahar kain kafan yang punya makna mendalam [sumber gambar]
Mahar menggunakan kain kafan membuat pernikahan Riyati dan Indra di Bekasi, Jawa Barat, sempat viral pada 2017 silam. Bukan ingin terkenal atau cari perhatian, mahar tersebut ternyata memiliki makna yang mendalam bagi kedua pasangan tersebut, yakni mengarungi rumah tangga sembari mengingat soal kematian.

Sandal jepit dan air putih jadi mahar yang unik

Pasangan yang menikah dengan mahar sandal jepit dan secangkir air [sumber gambar]
Pernikahan pasangan Yudi Anggata dan Helmi Susanti menjadi viral di sosial media lantaran maskawin yang diberikan tergolong unik dan tak biasa. Kedua pengantin asal Lombok, Nusa Tenggara Barat itu menikah secara sah dengan mahar berupa sandal jepit yang telah dibingkai dengan pigura dan segelas air.

Menikah dengan mahar berupa knalpot motor

Mahar knalpot yang beda dari lainnya [sumber gambar]
Kedua mempelai yang berasal dari Kabupaten Magetan, Jawa Timur sempat viral di media sosial lantaran menggunakan knalpot sebagai mahar pernikahan. Hal tersebut dinilai sangat unik, tidak biasa, dan mungkin tak terpikirkan oleh pasangan mana pun. Dengan beberapa lembar uang Rp50 ribuan, Rp5 ribuan dan Rp2 ribuan, knalpot bermerek R9 tersusun rapi di dalam kotak mahar.

BACA JUGA: Panai, Mahar Pernikahan Suku Bugis yang Bikin Kantong Pria Kempis

Mahar atau maskawin memang kerap menjadi sorotan tersendiri di tanah air. Hal tersebut bukan soal mahal atau tidaknya, melainkan nilai dan esensi yang terkandung di dalamnya. Mungkin, mahar sederhana seperti kisah di atas memang dianggap sepele oleh orang lain. Namun di sisi pengantin, hal tersebut justru meninggalkan kesan dan makna bagi pernikahan mereka.