in

Ada Pria Tewas Dipatuk, Ini 5 Cara Menghadapi Ancaman Ular Welang

3. Gunakan celana panjang dan sepatu tertutup saat melintasi hutan

Bagi kamu yang suka berpetualang di alam, gunakanlah pakaian yang aman seperti baju, celana panjang, dan sepatu tertutup. Jangan memakai celana pendek yang mengekspos kulitmu karena kulit terbuka bisa menjadi sasaran empuk bagi ular maupun serangga. Bukan tak mungkin kamu akan bertemu dengan ular welang karena populasi terbesar ular ini berada di Asia Tenggara.

Sumber Gambar: thetimes.co.uk

Di Indonesia sebaran geografis ular ini meliputi Jawa, Bali, dan Sulawesi. Ular ini hidup di dataran rendah hingga ketinggian 1.200 mdpl. Biasanya ular welang lebih suka dengan habitat sawah, air, dan bendungan.

4. Jangan melangkahi ular

Sumber Gambar: liputan6.com

Jangan coba-coba melangkahi ular welang yang ada di hadapanmu. Ambil jalan di sekitar ular tanpa melangkahinya karena meski kamu sudah memakai celana panjang dan sepatu, mungkin saja ular welang masih bisa menembus kain baju tersebut. Sebenarnya ular berbisa tidak menyerang jika didekati atau diinjak. Ular ini akan menyerang jika kamu mengambilnya dengan atau tanpa sengaja.

5. Perhatikan jenis dan ukuran ular

Sumber Gambar: liputan6.com

Ular yang lebih kecil pasti lebih lincah dan mudah melakukan gerakan. Ular tersebut bisa bersembunyi di lubang maupun semak-semak. Jadi, jangan duduk sembarangan saat berada di luar ruangan. Apalagi saat malam hari karena ulang welang sangat aktif di malam hari dan tidak menyukai sinar matahari. Apabila terpaksa berjalan di malam hari, kamu bisa menggunakan senter untuk melihat area di mana ular berbisa bersembunyi.

BACA JUGA: 5 Kemunculan Hewan Ini jadi Sorotan, Salah Satunya Ular Melingkari Pilar Bangsal Keraton Yogyakarta

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan saat bertemu ular welang. Kamu juga bisa menjaga kebersihan rumahmu agar tak menjadi sarang tikus, kadal, atau hewan kecil lainnya karena hewan-hewan tersebut merupakan makanan utama bagi ular welang. Jangan gegabah dan carilah pertolongan seperti menghubungi pemadam kebakaran saat mengetahui ada ular di rumahmu.

Written by F A Agustina

5 Fakta Perpisahan Alvin Faiz dan Larissa Chou, Klarifikasi Hingga Ungkap Alasan Bercerai

4 Fakta Foto Hajar Aswad, Batu Surgawi yang Turun Ke Bumi dan Ditempatkan di Kiblat Muslim