in

Mengenal Mbah No, Sosok yang Jadi Kepercayaan Presiden Jokowi Soal ‘Fesyen’

Sosok Mbah No [image source]

Mandat dari orang nomor satu di Indonesia memang tidak mungkin disepelekan. Dari urusan kenegaraan hingga persoalan pribadi. Banyak sumber mengatakan bahwa Presiden Jokowi memiliki beberapa orang kepercayaan untuk menangani urusan-urusannya.

Untuk urusan penampilan, Presiden Jokowi juga punya sosok kepercayaan. Menjelang hari pernikahan putrinya, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution pada akhir bulan nanti, disebut-sebut orang nomor satu di Indonesia ini telah memesan puluhan pasang baju adat. Namun, Pak Jokowi tidak menyerahkan hal ini ke sembarang orang. Sebut saja namanya Mbah No, warga asli Solo yang menjadi kepercayaan Pak Jokowi soal fashion.

Perkenalan Mbah No dan Presiden Jokowi

Ditemui di kediamannya, pemilik toko “Busana Jawi” ini sedang sibuk merapikan perkakasnya. Ia sudah terlihat cukup berumur namun masih segar bugar. Mbah No, begitu ia biasa dipanggil oleh kerabatnya dan juga sang Presiden sendiri, sampai-sampai seluruh staf kepresidenan juga memanggilnya begitu.

Pak Jokowi dan Rakyat [image source]
Mbah No mengaku telah lama mengenal Pak Jokowi, bahkan sebelum ia menjabat sebagai walikota Solo. Ia bercerita bahwa dari dulu Presiden Jokowi selalu mempercayakan hal-hal yang berbau dengan busana adat kepadanya. Saking banyaknya pesanan Pak Jokowi, ia sampai tidak bisa menghitung sudah berapa banyak busana yang ia kerjakan untuknya.

Siapa Sebenarnya Mbah No

Mbah No ternyata merupakan generasi ketiga dari pemilik toko Busana Jawi Suratman, Solo. Ternyata, toko tersebut sudah melanglang buana lama sekali sebelum dikenal oleh khalayak karena Presiden Jokowi. Selain pemimpin negara, Mbah No juga memiliki beberapa langganan yang selalu mempercayakan busana-busananya kepada dirinya.

Sosok Mbah No [image source]
Dilansir dari detik.com Mbah No merupakan orang asli Jawa yang faham pula falsafah sukunya. Ia adalah seorang budayawan yang juga menggeluti bidang pakaian Jawa dan tosan aji. Sehingga tidak salah jika Presiden Jokowi menjadikan dirinya salah satu dari orang-orang yang dipercayai.

Pesanan Pak Jokowi

Mbah No mengaku sering mendapat pesanan dari sang Presiden, biasanya berupa pusaka dan baju adat. Hal yang sering dipesan Pak Jokowi adalah keris. Menurut Mbah No, keris tidak bisa dibuat sembarangan. Semua ada filosofinya.

Keris [image source]
Namun, Mbah No sendiri mengaku bahwa dirinya sering kedapatan ditelepon oleh ajudan Presiden secara mendadak, untuk dimintai menyiapkan beberapa keris dalam waktu singkat. Untuk mengantisipasinya, ia mengaku sudah siap jika tiba-tiba ada pesanan mendadak dari Presiden Jokowi. Ia sendiri mengaku tidak ingin mengecewakan orang nomor satu di Indonesia itu.

Pernikahan Kahiyang-Bobby

Ketika Mbah No ditanyai soal pernikahan Kahiyang dan Bobby, ia tidak banyak menjawab. Berapa pasang pakaian adat serta keris yang diminta Presiden Jokowi juga semuanya ia beberkan dengan jawaban “belum tahu.” Hal tersebut menuai penasaran dari publik mengingat perhelatan ini akan menjadi hajatan besar setelah pernikahan Gibran dan Devi beberapa tahun lalu.

Kahiyang dan Bobby [image source]
Namun, melihat bagaimana biasanya Presiden Jokowi memberi instruksi mendadak, jawaban Mbah No masuk akal juga. Ketika dulu pernikahan Gibran dan Devi dihelat, Mbah No kebagian untuk mengurus keris sebagai pelengkap busana adatnya.

Dari sekian banyak orang kepercayaan Presiden Jokowi, Mbah No ini adalah salah satunya. Memiliki toko busana adat yang sudah berlangsung selama generasi ke generasi membuat Pak Jokowi percaya bahwa kualitas produk Mbah No sudah terjamin. Mbah No juga mengaku tidak akan mengecewakan Presiden Jokowi dengan produk buatannya. Sukses terus ya, Mbah No!

Written by Harsadakara

English Literature Graduate. A part time writer and full time cancerian dreamer who love to read. Joining Boombastis.com in August 2017. I cook words of socio-culture, people, and entertainment world for making a delicious writing, not only serving but worth reading. Mind to share your thoughts with a cup of asian dolce latte?

Leave a Reply

Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Inilah 5 Artis dengan Tarif Endorse Termahal yang Sekali Gajian Bisa Borong Motor Sport