in

Menengok Gunung Olympus di Mars yang Ketinggiannya Takkan Bisa Kita Bayangkan

Terbesar di Tata Surya dan Masih Aktif

Dengan ketinggian mencapai 25 kilometer serta luas hampir 600 kilometer, tak heran kalau pada akhirnya gunung ini dijuluki sebagai yang paling tinggi di Tata Surya. Sebelum ditemukan Olympus ada banyak kandidat untuk gelar istimewa itu. Salah satunya adalah gunung Boosaule Montes yang ada di Io, satelit Jupiter, yang punya ketinggian 17 ribu meter.

Everest vs Olympus [Image Source]
Everest vs Olympus [Image Source]
Hal yang menarik soal Olympus bukan hanya tentang tinggi atau luasnya saja, tapi juga fakta kalau gunung satu ini ternyata masih aktif. Jadi, sewaktu-waktu ia bisa meledak dan kalau itu terjadi maka mungkin saja akan memengaruhi Mars secara global. Jika krakatau yang tak sebegitu besar saja sukses bikin kacau Bumi, apalagi Olympus yang berkali-kali lipat.

Seandainya Olympus Ada di Bumi

Setelah kita tahu fakta-fakta dari gunung raksasa ini, mari kita berimajinasi seumpama gunung ini ada di Bumi, kira-kira apa ya yang bakal terjadi? Yang jelas Olympus nggak bakal pernah didaki. Alasannya apalagi kalau bukan lantaran ketinggiannya yang gila itu. Pasti butuh usaha yang tak karuan untuk bisa mencapai puncaknya. Naik Everest saja seperti mau mati apalagi Olympus yang setinggi ini.

Gunung Olympus [Image Source]
Gunung Olympus [Image Source]
Hal yang paling ngeri kalau Olympus di Bumi tentu adalah ledakannya. Dengan tinggi dan luas seperti itu, bayangkan apa yang bakal terjadi kalau gunung ini memuntahkan semua isinya. Bisa-bisa Bumi bakal kiamat. Tak hanya bakal menghancurkan daerah di sekelilingnya, abu vulkanisnya pasti bakal bikin Bumi gelap karena atmosfirnya tertutup semua. Matahari tak bisa masuk dan kehidupan pun sirna.

BACA JUGA: Akhirnya Bisa Difoto dari Dekat, Begini Penampakan Jelas Matahari yang Bikin Takjub

Siapa sangka jika Everest yang sudah segila itu, ternyata punya saingan yang nggak kalah edan. Olympus, gunung satu ini sukses menandaskan Everest soal ketinggian dan jadi gunung tertinggi di muka Bumi. Sejauh ini Olympus jadi yang tertinggi, tapi tidak menutup kemungkinan di kemudian hari nanti akan ditemukan gunung-gunung yang lebih gila lagi. Masing sangat mungkin karena Tata Surya ini lebih luas daripada yang bisa kita bayangkan.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Keiko Kondo, Istri Jepang Pertama dari Soekarno yang Konon Telah Dihapuskan dari Sejarah

Inilah Mongrel Mob, Gangster Selandia Baru yang Namanya Mulai Jadi Pembicaraan di Dunia