in

4 Teknik Tawar Menawar Ala Ibu-Ibu yang Manjur Banget dan Bikin Kita Hemat Banyak Uang

3. Pakai Bahasa Daerah

Nah, kelakuan unik ibu-ibu di pasar selanjutnya ketika menawar adalah menggunakan bahasa daerah. Umumnya, bahasa yang sama seperti si penjual. Entah kenapa cara ini selalu berhasil. Nah, misalkan kamu pergi ke pasar dan mendengar logat si penjual yang kerap berbahasa Madura dan kebetulan kamu juga menguasai bahasa yang sama, maka kamu bisa langsung tembak dengan bahasa ini ketika menawar.

Kalau sudah pakai bahasa yang sama masih kena mahal ya sudah mau bagaimana lagi, yang penting usaha [Image Source]
Kalau sudah pakai bahasa yang sama masih kena mahal ya sudah mau bagaimana lagi, yang penting usaha [Image Source]
Selain menawar harga seperti biasanya, coba sambil imbuhkan kata-kata seperti ini ”Kita kan dari tempat yang sama dan merantau, kurangi sedikit lah harganya”. Cara ini kemungkinan pasti berhasil. Namun kalau belum bisa, cobalah berbasa-basi dengan menanyakan tempat tinggalnya dan kemudian ungkapkan sesuatu tentang itu, cara ini juga dipastikan berhasil.

Nah, alasan kenapa menggunakan bahasa daerah ini kerap sukses dalam menawar barang, karena ikatan kesukuan masyarakat kita yang kuat. Apalagi jika kamu ternyata malah bersaudara jauh dengan si penjual, pasti harganya akan berkurang jauh.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

7 Hewan Purba Ini Ternyata Masih Hidup dan Ada di Indonesia Loh!

Kesempurnaan Idola Cantik Internet Ini, Bikin Kita Berkaca Tentang Sedihnya Kehidupan Dunia Maya