in

4 Teknik Tawar Menawar Ala Ibu-Ibu yang Manjur Banget dan Bikin Kita Hemat Banyak Uang

2. Mengarang Cerita Bualan yang Meyakinkan

Jika pura-pura pergi gagal dilakukan, maka biasanya para ibu-ibu ini akan melancarkan jurusnya yang kedua yakni mengarang cerita. Ceritanya bisa apa pun, namun yang paling sering adalah membandingkannya dengan toko sebelah. “Bang, harga di lapak sana cuma segini, kok di abang mahal banget” padahal sendirinya belum sempat memutar ke seluruh pasar.

"Bang ini kecil pisangnya, kok mahal" cara ini bisa dipakai asal sesuai fakta [Image Source]
“Bang ini kecil pisangnya, kok mahal” cara ini bisa dipakai asal sesuai fakta [Image Source]
Trik mengarang cerita ini bisa pula dengan mensugesti si penjual. Misalnya seperti ini, “Ini barangnya kayak gini harganya kok tetep bang, kurangin dikit lah” padahal barangnya sebenarnya normal dan mungkin hanya lecet sedikit. Cara ini bisa dilakukan sih, asal memang ceritanya fakta. Kalau hanya mengarang sih, takutnya kalau berhasil terbeli barang tersebut jadi meragukan nilainya. Bisa saja jadi haram karena kita berbohong. Jadi, sebelum melancarkan cara ini lebih baik survey dulu.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

7 Hewan Purba Ini Ternyata Masih Hidup dan Ada di Indonesia Loh!

Kesempurnaan Idola Cantik Internet Ini, Bikin Kita Berkaca Tentang Sedihnya Kehidupan Dunia Maya