Memanaskan sepeda motor sudah jadi kebiasaan setiap hari bagi para pemilik kendaraan. Pada umumnya sang pemilik melakukan aktivitas tersebut di pagi hari sebelum membawa kuda besinya bepergian. Hal ini dilakukan supaya mesin motor panas dan siap untuk diajak bepergian sejauh apapun.

Namun terkadang, pemilik kendaraan tak memanaskan sepeda motornya lantaran terburu-buru. Kalau sudah begini, biasanya para pengendara merasa bersalah sedalam-dalamnya karena takut motornya ngambek di tengah jalan. Tapi sewaktu dibawa berkendara, motor lancar-lancar saja tanpa ada kendala. Nah, sebenarnya apa kegiatan memanaskan motor itu perlu dilakukan setiap hari?

Memanaskan motor setiap hari [Sumber Gambar]
Dilansir dari grid.id, kalau pemanasan motor ini perlu untuk dilakukan. Tapi itu semua tergatung pada jenis motor kalian Sahabat Boombastis. Kalau motor kalian sudah menggunakan teknologi injeksi, maka aktivitas yang sudah jadi rutinitas ini tidak diwajibkan. Sebab, teknologi satu ini lebih pandai ketimbang motor yang masih menggunakan karburator. Jadi, ketika memanaskan motor dengan teknologi injeksi, tak perlu lagi menarik gas. Bahkan, waktu memanaskannya pun hanya butuh sebentar saja. Sekitar 30 detik atau satu menit saja lho.

Begitu juga dengan yang dikatakan Sarwono Edi selaku Technical Service Training Manager PT Astra Honda Motor (AHM). Kepada otomania.gridoto.com, ia mengungkapkan jika pemanasan yang dilakukan pada motor injeksi sudah membuat oli dapat bersirkulasi dengan baik pada mesin stasioner. Sehingga, jika kalian masih saja menggeber-geber motor injeksi pada saat dipanaskan, ya akan sia-sia saja Sahabat Boombastis. Nah, kalau pemanasan yang dilakukan tak lebih dari satu menit, menurut Sarwono ada beberapa keuntungan lho. Pertama, mesin sudah mendapat sirkulasi oli dengan baik. Kedua, suhu mesin sudah cukup hangat dan bisa dibawa melakukan perjalanan. Kemudian yang terakhir adalah efisien dalam penggunaan bahan bakar atau tidak terbuang percuma ketika mesin dipanaskan.

Memanaskan motor terlalu lama bisa membuat bensin habis [Sumber Gambar]
Eri Hartanto selaku Kepala Bengkel Yamaha Harapan Motor Depok juga berpendapat demikian. Kalau memanaskan motor sebaiknya tidak lebih dari satu menit. Jika kita memanaskan motor lebih dari satu menit, akan ada dampak buruk yang menghampiri. Salah satunya adalah bahan bakar lebih cepat habis dari waktu sebenarnya. Kalau sudah begini, maka uang kita juga akan lebih boros dari biasanya.

Sehingga bisa disimpulkan kalau memanaskan motor itu tidak wajib untuk dilakukan Sahabat Boombastis. Mengingat teknologinya yang sudah lebih pandai daripada sebelumnya. Namun, jangan bersedih bagi kalian yang masih mempunyai sepeda motor dengan teknologi karburator. Kalian memang tetap memanaskan motor setiap sebelum berkendara, tapi cukup satu menit saja supaya bahan bakar tidak cepat habis dari waktu sebenarnya.