in

Mengejutkan! ‘Pancoran Solas’ di Bali Ini Dipercaya Mampu Sembuhkan Berbagai Penyakit

Bermeditasi di Pemandian [Sumber gambar]

Selain punya aset wisata yang luar biasa indah, Bali memang terkenal dengan tempat yang masih kental dengan budaya religi dan kepercayaan keturunan dari nenek moyang. Salah satunya, sebuah tempat yang dianggap memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit yang dikenal dengan pemandian melukat Pancoran Solas.

Sumber mata air yang terletak di Sangeh ini sudah dikenal lama oleh warga, bahkan dari luar daerah Bali. Selain dikelilingi oleh pemandangan yang asri dan indah, fasilitas di sini juga memadai dan bikin siapapun yang datang akan betah berlama-lama. Nah, ternyata hal 4 inilah yang membuat banyak orang ingin mengantri mendatangi tempat ini.

Membantu hilangkan segala jenis penyakit dan mempermudah punya keturunan

Orang yang tidak bisa memiliki keturunan biasanya melakukan berbagai hal untuk bisa cepat punya momongan, entah itu melalui program bayi tabung, terapi mempercepat kehamilan dan lain-lain. Jika tak berhasil dengan cara di atas, ternyata tempat pemandian ini bisa membantu pasangan yang ingin segera mendapatkan keturunan. Menurut Jero Mangku Danu, ahli terapi di daerah Pancoran Solas, tempat pemandian ini pernah didatangi oleh sepasang suami-istri dengan tujuan agar segera diberi keturunan.

Pemandian Melukat [Sumber gambar]
Diketahui memang istrinya hanya satu kali datang, namun sang suami beberapa kali bermeditasi di sini. Dan memang benar, beberapa waktu kemudian mereka memberikan kabar jika keduanya sudah dikaruniai keturunan. Tak hanya itu, beberapa pengunjung yang menderita penyakit juga mengaku lebih baik setelah bermeditasi di Pancoran ini.

Sembuhkan penyakit non-medis

Selain bisa mneyembuhkan penyakit dari segi medis, mata air alami ini juga berkhasiat menyembuhkan segala jenis penyakit non-medis. Tempat melukat ini dipercaya oleh masyarakat Hindu Bali sebagai tempat yang bisa menetralisir segala jenis kekuatan jahat dan magis yang ada di dalam tubuh manusia, sehingga bisa menolak sihir, dan penyakit kiriman yang ingin membahayakan mereka.

Bermeditasi di Pemandian [Sumber gambar]

Pancoran Solas dinilai memiliki tuah tersendiri, sehingga tempat ini selalu ramai dikunjungi, entah itu oleh warga Hindu sendiri atau pengunjung biasa. Salah satu pengunjung dari Jakarta mengaku jika ia menderita sakit kepala menahun yang diduga kiriman dari seseorang. Kondisinya kemudian berangsur membaik setelah ia mandi di Pancoran Solas.

Lokasi dengan pemandangan asri dan mudah dijangkau

Lokasi Pancoran Solas ini juga masih berada satu kawasan dengan Pura Tirta Taman Mumbul di Sangeh, sehingga tidak hanya dijadikan sebagai tempat pemandian tapi juga bisa menjadi objek tujuan wisata para pelancong. Selain itu, daerah sekitar Pancoran dilengkapi dengan rumah ibadah (persembahyangan) bagi umat Hindu. Ketika masuk ke Pancoran, sesuai namanya mata air ini terdiri dari 11 Pancoran air, yang masing-masing dinisbatkan ke dewa penguasa agama Hindu.

Lokasi Pancoran Solas di Sangeh [Sumber gambar]
Berwisata di sekitar pancoran akan sangat membantu fikiran kembali menjadi fresh. Karena di area Pancoran dan Pura Tirta disediakan spot untuk selfie, dengan background pemandangan hijau yang sejuk, kolam ikan, serta pohon beringin yang rindang. Akses jalan menuju tempat ini juga sudah sangat mudah dan bagus.

Fasilitas yang lengkap dan memadai

Layaknya kebanyakan pemandian yang ada di beberapa daerah, Pancoran Solas juga memiliki fasilitas yang tak kalah wah dan lengkap. Mulai dari area parkir yang luas dan diatur oleh petugas parkir dari warga setempat, gazebo (bale-bale), kantin, serta fasilitas umum lain seperti kamar mandi dan tempat ganti.

Loker penitipan barang [Sumber gambar]
Selain itu, ada juga tempat penyewaan kain, sehingga kamu tidak perlu membawa pulang pakaian basah. Letaknya yang strategis di pinggir jalan juga memungkinkan untuk segara tiba ditempat tanpa nyasar. Pemandangan yang juara bisa membuat pengunjung betah berlama-lama di sini.

Tempat ini sebenarnya merupakan tempat meditasi yang cukup terkenal juga di beberapa media sosial. Pacoran Solas yang dipercaya sebagai matai air melukat ini sangat ramai dikunjungi, terlebih pada hari libur karena dinilai memiliki tuah dan diberkati sang dewa. Perihal kesembuhan yang didapat setelah mandi di Pancoran Solas dikembalikan kepada keyakinan masing-masing orang.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Inilah 4 Kebiasaan Sepele Saat Berkendara Sepeda Motor yang Bisa Rusak Kesehatanmu

Tak Disangka, 4 Olahraga yang Ada di Asian Games Berasal dari Leluhur Indonesia