Kejadian handphone hilang adalah hal yang paling bikin orang-orang panik nggak karuan. Bukan karena harganya yang mahal aja, tapi file-file yang ada di dalamnya itu bersifat penting. Dan biasanya setelah tau ponselnya hilang orang-orang pasrah saja dan tidak mencari keberadaannya dahulu. Lalu jalan keluarnya adalah langsung membeli hp baru.

Padahal sebenarnya handphone yang hilang bisa dicari loh sahabat boombers. Yang jelas bukan dengan doa saja, tapi juga usaha untuk menemukannya. Ada beberapa cara yang bisa diterapkan kalau ingin menemukan keberadaan ponsel yang hilang.

Dengan aplikasi Temukan Perangkat Saya

Pada ponsel android, pasti sudah ada Google yang tertanam di dalamnya. Dan ternyata Google tersebut nggak hanya untuk email atau sebagai mesin pencarian saja, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk mencari smartphonemu yang hilang. Caranya adalah buka menu Setelan Google, jika tak ada maka cari di bagian pengaturan android yang bertuliskan Google. Kemudian pilih Keamanan (Security) -> Temukan Perangkat Saya. Jika sudah aktifkan menu tersebut dengan cara geser panel atau centang. Lalu pilih Temukan Perangkat Saya dan masuk ke email kalian. Dan biarkan aplikasi tersebut tetap aktif di smartphone.

Lewat aplikasi temukan perangkat saya [image source]
Selanjutnya cara lacaknya adalah buka akun Google dengan alamat http://accounts.google.com dan masukkan email serta password yang sudah diatur pada aplikasi Temukan Perangkat Saya. Lalu pilih Temukan Ponsel Anda dan tekan Mulai. Selanjutnya pilih jenis ponsel yang hilang. Kemudian klik tombol Langkah Selanjutnya. Di sana akan ada 3 pilihan yaitu Deringkan, Kunci, Hapus. Untuk menu Deringkan berfungsi untuk membunyikan smartphone dalam volume maksimum. Sedangkan pada pilihan Kunci digunakan untuk mengunci smartphone kalian secara otomatis. Dan untuk Hapus berfungsi untuk menghilangkan semua data yang ada di ponsel kembali ke pengaturan pabrik.

Dengan menggunakan web android find

Cara ini juga melalui pengaturan Google. Dengan aturan yang sama seperti di atas yaitu pilih Setelan Google kemudian klik menu Keamanan (Security) -> dan pilih Web. Lalu pastikan GPS di smartphone aktif dan koneksi data stabil.Selanjutnya selalu ingat email dan password yang digunakan untuk pada hp kalian.

Menggunakan android find [image source]
Langkah-langkah untuk menggunakan cara ini adalah buka link https://www.google.com/android/find. Lalu masuklah menggunakan email dan password yang dipakai tadi. Selanjutnya akan ada fitur yang mirip dengan nomor satu tadi yaitu Deringkan, Kunci, Hapus. Pilih menu Deringkan agar ponselmu yang hilang dapat ditemukan dengan mudah. Jika tak ada bunyi dari hp kalian, maka carilah menggunakan peta yang sudah ada pada web tersebut.

Bagaimana kalau android sudah dimatikan?

Ini adalah masalah yang paling banyak ditemukan. Bagaimana jika smartphone sudah dimatikan oleh yang menemukan atau baterai low? Jangan khawatir, handphone kalian masih bisa dilacak dengan menggunakan aplikasi maps.

Menggunakan lokasi history maps [image source]
Caranya adalah lihat lokasi terakhir smartphone kalian sebelum perangkat berhenti. Buka mesin pencarian dan ketik History Lokasi Google atau bisa masuk ke link https://maps.google.com/locationhistory/b/0. Setelah itu login dan pilih tanggal terkini agar yang dilihat adalah kejadian waktu smartphone hilang.

Pencarian ponsel khusus yang bermerk Xiaomi

Ternyata smartphone yang bermerk Xiaomi juga terdapat aplikasi untuk mencari handphone yang hilang. Baik Redmi Series atau Mi sudah memiliki aplikasi ini.  Nama aplikasinya adalah Mi Cloud. Caranya juga cukup mudah untuk diterapkan. Sebelumnya, harus memiliki akun pada Mi Cloud. Jika sudah, aktifkan menu Find My Device beserta GPSnya.

Lacak Xiaomi menggunakan Mi Cloud [image source]
Lalu caranya adalah login ke Mi Cloud dengan akun yang sudah dibuat. Kemudian pilih menu Find Device. Selanjutnya, pilih jenis smartphone yang ingin dicari. Klik Locate Device jika ponselmu dalam keadaan hidup, maka secara otomatis akan menampilkan lokasi di mana smartphonemu berada.  Dan jangan lupa pilih menu Noise Mode untuk membunyikan hp walaupun dalam keadaan senyap.

Inilah beberapa cara yang banyak digunakan untuk menemukan smartphone yang hilang. Dengan memanfaatkan Google saja, ponselmu bisa ditemukan dengan mudah. Jadi perlu diingat, selalu nyalakan GPS dan koneksi data yang stabil agar memudahkanmu dalam pencarian. Selain itu, jangan lupa simpan ponselmu di tempat yang aman terutama pada saat berada di daerah yang asing.