in

Tak Disangka, Cabang Inilah yang Pertama Persembahkan Medali Olimpiade untuk Indonesia

Bukan sebuah rahasia apabila olimpiade menjadi event olahraga yang sulit untuk dimenangi Indonesia. Sejak keikutsertaan pertama tahun 1952, cerita kekalahan kerap sekali dituai oleh kontingen Merah Putih. Hal yang juga diprediksi akan berlaku untuk beberapa tahun ke depan. Kendati berat berlaga di ajang tersebut, tapi kini perlahan ada atlet yang sukses meraih prestasi yang membanggakan di ajang akbar olahraga dunia tersebut. Nama macam Taufik Hidayat, Eko Yuli dan beberapa lain adalah buktinya.

Namun tahukah kalian sebelum ada beberapa olahragawan tanah air mampu meraih prestasi tertinggi seperti sekarang. Cabang panahan lah yang pertama kali mampu memperoleh sebuah medali. Ya meski sebuah perak, tapi adalah gambaran bagaimana perjuangan gigih atlet harumkan tanah airnya di Olimpiade.Peristiwa besar tersebut terjadi saat kontingen Indonesia mengikuti multi event olahraga di Seoul Korea Selatan tahun 1988.

peraih medali pertama olimpiade untuk Indonesia [Sumber Gambar]
Lewat sebuah pasangan beregu yakni Lilies Handayani, Nurfitriyana Saiman, dan Kusuma Wardhani Indonesia mencatatkan medali pertamanya. Apa yang dicapai mereka bisa dibilang bukanlah prestasi yang didapatkan dengan begitu saja. Ada pengorbanan dan perjuangan besar mengiringi kegemilangan hebat untuk bangsa itu. Kisah mereka dalam mendapatkan medali juga dapat disaksikan lewat sebuah tayangan film layar lebar Indonesia bernama 3 srikandi.

Atlet panahan juara [Sumber Gambar]
Seperti sudah memiliki gen untuk juara cabang olahraga ini terus menelurkan bakat-bakat hebat panahan. Berbagai event olahraga yang diikuti Indonesia juga beberapa kali munculkan atlet olahraga ini yang menjadi penyumbang medalinya. Seperti contohnya kala SEA Games 2017 lalu, lewat Dianada Choirunisa di nomor beregu dan individu sukses sumbangkan emas untuk Indonesia. Selain nama dara tadi, emas juga ditorehkan oleh Sri Santi. Dalam perkembangan atlet panahan pria yakni Riau Ega juga merupakan pemanah yang memiliki potensi besar. Hal yang dibuktikan lewat kemampuannya mengalahkan juara dunia panahan untuk masuk Olimpiade.

Pemanah Indonesia [Sumber Gambar]
Beberapa nama tadi adalah sebagian kecil saja dari atlet panahan yang berprestasi. Selain mereka masih banyak lagi olahragawan yang memiliki prestasi yang luar biasa di cabang olahraga itu. Kondisi yang juga menjadi penanda bila budaya leluhur yang kini dipertandingkan memiliki potensi besar untuk berprestasi. Hal yang juga dibuktikan oleh cabang pencak silat dan takraw yang kerap sumbang medali untuk Indonesia.

Written by Galih

Galih R Prasetyo,Lahir di Kediri, Anak pertama dari dua bersaudara. Bergabung dengan Boombastis.com pada tahun 2017,Merupakan salah satu Penulis Konten di sana. Lulusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Awalnya ingin menjadi pemain Sepak Bola tapi waktu dan ruang justru mengantarkan Ke Profesinya sekarang. Mencintai sepak
bola dan semua isinya. Tukang analisis Receh dari pergolakan masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Tak Hanya Influenza, Hidung Meler Bisa Jadi Pertanda Kerusakan Pada Bagian Tubuh

Bikin Iri Setengah Mati! 4 Artis Ini Dapat Kesempatan Selfie Imut dengan Pesepakbola Dunia