in

Fenomena Matahari Terbit dari Utara, Benarkah Ini Tanda Kiamat?

Belakangan ini alam memang mengalami banyak fenomena. Seperti pada bulan Mei sebelumnya, terjadi gerhana bulan total, hujan meteor, dan sebagainya. Dari beberapa fenomena tersebut, mungkin sudah lumrah terjadi. Namun belakangan ini ada sebuah fenomena alam yang unik dan sulit dijelaskan, yaitu matahari terbit dari utara.

Video berdurasi sekitar tiga menit itu sontak viral dan banyak dikomentari oleh para netizen. Lantas, sebenarnya apa sih fenomena terbitnya matahari dari utara itu? Berikut ini adalah ulasannya.

Video yang menunjukkan terbitnya matahari dari utara

fenomena matahari dari utara [sumber gambar]
Seorang guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Joneponto, Sulawesi Selatan, merekam sebuah fenomena yang dianggap tak biasa. Hal itu ialah terbitnya matahari bukan dari timur, melainkan dari arah utara. Dalam video tersebut, si perekam menjelaskan jika ia bersama dengan rekan-rekannya menyaksikan langsung saat matahari terbit dari utara. Hal itu disebutnya aneh, karena sebelumnya tidak pernah menyaksikan fenomena demikian. Peristiwa itu sendiri terjadi Kamis, 17 Juni 2021 lalu.

Benarkah tanda-tanda kiamat?

Mengenai keanehan tersebut, si perekam juga mengaitkannya dengan tanda-tanda kiamat. Menurutnya, sebagai umat muslim, pasti pernah mendengar sabda Rasulullah SAW yang pernah menjelaskan, jika salah satu tanda kiamat adalah terbitnya matahari dari barat dan terbenam di timur. Si perekam juga mengatakan jika sepertinya terbitnya matahari dari utara adalah salah satu isyarat bahwa suatu waktu nanti matahari akan terbit dari sebelah barat.  Banyak netizen yang mengomentari video tersebut, dan merasa jika fenomena itu merupakan salah satu bentuk kebesaran Allah SWT.

Penjelasan BMKG

Gerak Semu Matahari [sumber gambar]
Fenomena terbitnya matahari dari barat tersebut ternyata lumrah terjadi, menurut BMKG Makassar. Fenomena tersebut merupakan Gerak Semu Tahunan Matahari (GSTM). GSTM sendiri merupakan fenomena alam saat kedudukan matahari seperti sedang bergeser atau bergerak ke utara dan selatan. Sementara kondisi dalam video matahari sedang bergerak ke utara, puncak kedudukannya sendiri ada pada hari Senin, dan berarti sebelum video tersebut direkam.

Beberapa fenomena alam yang dikaitkan dengan kiamat

Tak hanya matahari yang terbit dari utara, sebenarnya sudah banyak fenomena yang dikaitkan dengan tanda-tanda kiamat, seperti saat terjadi letusan Gunung Calbuco di Chile. Yang mengerikan dari letusan tersebut adalah munculnya asap yang berbentuk manusia raksasa.  Masyarakat lokal pun percaya jika fenomena tersebut bukan hal yang biasa.

fenomena yang dikaitkan dengan kiamat [sumber gambar]
Tak hanya itu, di belahan bumi lain yaitu China pernah terjadi fenomena ombak darah, hal tersebut terjadi di Kota Shenzhen, Provinsi Guangzhou. Awalnya masyarakat menduga jika hal itu dikarenakan adanya ikan yang dimangsa oleh hiu, namun masyarakat tak mendapati aroma amis pada air laut. Dan akhirnya ada pula yang mengaitkan dengan Injil yang menjelaskan jika tanda kiamat adalah laut berwarna merah.

BACA JUGA: Sering Dikaitkan Sebagai Tanda Kiamat, Ini Fakta Fenomena Salju yang Kembali Selimuti Arab

Itulah sedikit ulasan tentang fenomena alam terbitnya matahari dari Utara. Memang bisa dijelaskan oleh ilmu pengetahuan, namun sekali lagi fenomena tersebut terjadi juga berkat kebesaran Allah. Semoga penjelasan di atas makin menambah wawasan kita.

 

 

 

Written by Nikmatus Solikha

wan abud meninggal dunia

Kabar Duka, Fuad Alkhar Pemeran Wan Abud di Sinetron Putri Duyung Meninggal Dunia

Makin Cantik Paripurna di Usia yang Tak Lagi Muda, Ini 10 Potret Sarita Abdul Mukti